Atasi Macet di Jakarta, Ridwan Kamil Usul Kerja Sesuai Domisili

Kalian setuju nggak nih?

Ilustrasi kemacetan di Jakarta. (Antara/Galih Pradipta)
Wed, 04 Sep 2024

Calon Gubernur (Cagub) Jakarta, Ridwan Kamil, menyampaikan pandangannya mengenai solusi untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, Kawula Muda. 

Menurutnya, cara yang paling efektif adalah dengan memastikan bahwa warga Jakarta bekerja di area yang sesuai dengan domisili mereka. 

Hal ini diharapkan dapat mengurangi volume lalu lintas yang terjadi akibat banyaknya orang yang harus bepergian jauh dari tempat tinggal ke tempat kerja.

"Itu kan teorinya sederhana," ucap Ridwan Kamil, dikutip dari SindoNews, Rabu (03/09/2024). 

"Sekarang gini, di TB Simatupang ada perkantoran? Nah itu, itu udah benar. Jadi orang yang tinggal di TB Simatupang kalau bisa tinggalnya, orang-orang Jakarta Selatan idealnya begitu," lanjutnya.

Kemacetan Jakarta bisa diatasi jika warga Jakarta bekerja sesuai area domisili menurut Ridwan Kamil (Biro Adpim Jabar/Adam)

Dengan kata lain, menurut Ridwan Kamil, distribusi tempat kerja yang lebih merata dan dekat dengan tempat tinggal warga bisa menjadi salah satu kunci untuk mengurangi kemacetan yang sudah menjadi masalah besar di Jakarta selama bertahun-tahun.

Ia mencontohkan kerabatnya yang tinggal di Kelapa Gading sebagai bukti bahwa tinggal dan beraktivitas di satu area bisa membantu mengurangi kemacetan. 

Menurutnya, kerabatnya tersebut tidak perlu berpindah-pindah jauh untuk menjalani aktivitas sehari-hari karena semuanya sudah tersedia di wilayah tempat tinggalnya.

"Jadi teman saya tinggal di Kelapa Gading, kerjanya di sana, ngemallnya di sana," ucap Ridwan Kamil, menekankan betapa idealnya konsep ini diterapkan lebih luas.

Karena itu, mantan Gubernur Jawa Barat ini berpendapat bahwa Jakarta perlu mengembangkan pusat-pusat bisnis baru di berbagai wilayah kota. 

Dengan begitu, warga tidak perlu melakukan perjalanan jauh hanya untuk bekerja, yang pada akhirnya akan membantu mengurangi kemacetan yang selama ini menjadi masalah besar di Jakarta.

Selain itu, Ridwan Kamil juga menyinggung soal transportasi umum. Ia menegaskan bahwa jika terpilih sebagai Gubernur Jakarta, ia akan tetap melanjutkan program Mikrotrans yang telah berjalan. 

Ia menyatakan komitmennya untuk meneruskan program-program transportasi yang telah dilakukan oleh para gubernur sebelumnya

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya