ASN Gagal Pindah ke IKN Bulan Ini, Jokowi: Pindah Tak Semudah yang Dibayangkan...

Baca alasannya di bawah. Kawula Muda!

Jokowi sebut pindah ke IKN tidak semudah yang dibayangkan. (IKN NUSANTARA)
Tue, 10 Sep 2024

Pemerintah awalnya berencana memindahkan Aparatur Sipil Negata (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, namun rencana tersebut ditunda, Kawula Muda.

Presiden Joko Widodo angkat bicara soal penundaan ini. Menurut Jokowi, proses pemindahan ASN ke IKN nggak bisa dilakukan secara instan. 

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan baik supaya semuanya berjalan lancar.

"IKN itu proyek yang sangat besar dan kompleks. Jadi nggak segampang yang kita kira, tinggal pindah aja. Persiapan yang matang itu sangat penting," ucap Jokowi setelah meresmikan beberapa proyek infrastruktur di Jawa Timur, pada Jumat (06/09/2024).

Pemerintah awalnya berencana untuk memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada bulan September ini. Namun, rencana tersebut harus ditunda.

Jokowi juga menambahkan bahwa pemindahan ASN ini tidak hanya soal perpindahan fisik, tapi juga soal memastikan fasilitas, infrastruktur, dan layanan di IKN siap digunakan. 

Jokowi angkat suara mengenai pemindahan ASN ke IKN (Antara/Indra Arief)

“Semuanya kan dilihat dari fasilitas-fasilitas yang ada, sudah siap belum? Memang sebagian sudah siap, tetapi sebagian juga belum. Saya kira kita juga kalau pindah itu kalau sudah betul-betul siap, termasuk saya juga sama, sudah harus siap betul,” lanjutnya.

Jokowi menegaskan kalau pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) bukan sekadar soal memindahkan gedung atau kantor-kantor pemerintahan. Menurutnya, yang sedang dibangun adalah ekosistem besar yang harus benar-benar matang. 

Jokowi juga berharap kalau IKN nantinya bisa jadi kota yang hidup, dengan masyarakat yang saling berinteraksi secara nyata. Jadi, IKN bukan cuma soal infrastruktur fisik, tapi juga soal membangun kehidupan sosial yang dinamis.

Saat ditanya mengenai kapan pastinya ASN bakal pindah ke IKN, Jokowi tidak memberikan jawaban yang pasti. 

Dia berkata, urusan teknis seperti itu lebih baik ditanyakan langsung ke Plt Kepala Otorita IKN, yang juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono. 

Menurut Jokowi, Basuki lebih paham soal detil-detil teknis kepindahan ASN dan progres pembangunan di sana.

Jadi, meskipun rencana pemindahan ASN ditunda, pemerintah masih terus melakukan berbagai persiapan untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.

Berita Lainnya