Anggaran Program Makan Siang Gratis Berkisar Rp 15 Ribu per Anak. Apa Saja Menunya?

Kira-kira enaknya apa ya menunya?

Ilustrasi anggaran pprogram makan siang gratis berkisar Rp 15 Ribu per anak. Apa saja menunya? (Freepik)
Tue, 27 Feb 2024


Program makan siang gratis yang digagas Capres dan Cawapres, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, mulai dibahas di rapat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) nih, Kawula Muda.

Rencananya, anggaran program prioritas tersebut masuk dalam APBN 2025.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa anggaran untuk makan siang gratis seluruh anak Indonesia di berbagai wilayah adalah Rp 15.000 per anak.

"Per anak kira-kira Rp 15.000," ujar Airlangga seperti dikutip dari CNBC, Selasa (27/2/2024).

Airlangga melanjutkan, pemerintah pusat tidak mengatur menu makan gratis tersebut. Ia menyerahkan keputusan tersebut kepada pemerintah daerah masing-masing.

Airlangga Hartarto sebut anggaran program makan siang gratis berkisar Rp 15 Ribu per anak (Kumparan/Jonathan Devin)

"Untuk menunya nanti dilepas, kita tidak menyeragamkan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Airlangga menekankan, anggaran Rp 15.000 per anak itu di luar program susu gratis ya, Kawula Muda.

Pemerintahan Presiden Jokowi dikabarkan sudah memiliki data penerima program makan siang gratis.

Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, mengungkapkan program makan siang gratis bakal menelan biaya yang gak sedikit, atau sekitar Rp 450 triliun per tahun.

Namun, program ini akan dilaksanakan secara bertahap. Untuk tahap pertamanya, biaya yang diperlukan sekitar Rp 100 triliun hingga 120 triliun.

"Program ini dalam skala penuh 100 persen akan memberikan manfaat pada sekitar 82,9 juta anak sekolah dan pesantren seluruh Indonesia," kata Budiman dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (27/2/2024).

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku belum ada pembahasan detail terkait anggaran Rp15 ribu per anak untuk program makan siang gratis.

Saat ditanya wartawan soal  apakah Rp15 ribu per anak cukup untuk memenuhi asupan gizi anak, Budi justru menanyakan balik.

"Sekarang saya tanya, wartawan kalau makan Rp15 ribu kenyang apa enggak?" tanya Budi.

"Enggak," jawab awak media.

"Nah, kalau di Yogya cukup," seloroh Budi.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya