969 Komunitas sampai Pendukung Lintas Sektor Pendidikan Hadiri "Belajaraya 2023"

Semoga acara seperti ini sering dilaksanakan!

Belajaraya 2023 sukses digelar dengan menghadirkan ribuan komunitas organisasi pendidikan (ISTIMEWA)
Mon, 31 Jul 2023

"Belajaraya 2023" sukses digelar dengan tema “Ambil Peran untuk Pendidikan” pada 29 Juli 2023 di Pos Bloc, Jakarta Pusat.

Acara yang digagas oleh jaringan pendidikan Semua Murid Semua Guru (SMSG) tersebut dihadiri oleh ribuan pendukung transformasi pendidikan dari lintas sektor dan latar belakang.

Di acara ini, publik dapat belajar beragam praktik dan masa depan berbagai Komunitas Organisasi Pendidikan (KOP). Sebab, menurut Najeela Shihab, Pendidik dan Penggagas SMSG, saat ini sudah masanya untuk melakukan apa yang bisa dilakukan oleh pembuat kebijakan dan lintas sektor untuk menguatkan praktik baik yang telah dilakukan.

969 Komunitas, Organisasi, dan Para Pendukung Lintas Sektor Pendidikan Hadir di "Belajaraya 2023" (ISTIMEWA)

Lebih lanjut Najeela mengungkapkan jika saat ini bukan masanya untuk menanyakan apa yang bisa kita perbuat untuk mendukung program pemerintah dan menyukseskan prioritas nasional, Kawula Muda.

“Jaringan SMSG telah berkembang sangat pesat. Saat dibentuk enam tahun lalu, baru ada 112 Komunitas dan Organisasi Pendidikan (KOP) yang tergabung dalam jaringannya,” ungkapnya.

“Kini, sudah ada 1.038 KOP yang bekerja di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Berbagai KOP ini menggarap banyak sekali hal yang berkaitan dengan pendidikan, mulai dari pengembangan guru, pendidikan lingkungan, pendidikan karakter, pendidikan yang inklusif bagi penyandang disabilitas, pendidikan yang mengintegrasikan teknologi digital, kebijakan pendidikan, dan lain-lain,” imbuhnya.

“Ini merupakan kabar baik bagi dunia pendidikan Indonesia, karena semakin banyak aktor yang ambil peran, dan inovasi pendidikan bukan cuma diwacanakan tetapi sungguh dipraktikkan.”

Menariknya, acara yang dihadiri oleh berbagai lintas kalangan ini menghadirkan berbagai nama yang terkenal, loh. Sebut saja Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Agama yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama, Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Mantan Menteri Agama Prof. Dr. M. Quraish Shihab, Lc., Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Belajaraya 2023 hadirkan berbagai tokoh dan nama-nama besar lintas disiplin (ISTIMEWA)


Tidak hanya itu, "Belajaraya 2023" juga turut menghadirkan berbagai nama-nama lintas disiplin, seperti Budi Setyarso, William Utomo, Shinta Kamdani, Salman Subakat, Ahmad Fuadi, Nisa Felicia, Rizqy Rahmat Hani, Maudy Ayunda, Zaskia Adya Mecca, Tompi, Andien, RAN, Tulus, Vidi Aldiano, Kunto Aji, Endah N Rhesa, Dere, Idgitaf, dan Hanung Bramantyo.

Ketua Sekretariat SMSG Ramya Prajna Sahisnu juga mengungkapkan tujuan diadakannya "Belajaraya 2023", Kawula Muda.

“Selain mendorong kolaborasi, Belajaraya menyampaikan pesan kesetaraan atas hak semua orang untuk menerima manfaat pendidikan. Di tataran teknis penyelenggaraan acara, kami juga memberikan contoh bagaimana kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara tertib, aman, nyaman, bersih dan berkelanjutan - demi pendidikan Indonesia yang lebih baik,” tuturnya.

Acara ini tidak hanya sebagai apresiasi kepada ratusan KOP, namun juga merupakan bukti jika seluruh pihak yang tidak berasal dari sektor pendidikan pun dapat dan perlu mengambil peran, Kawula Muda.

Kolaborasi secara terbuka dan pemberdayaan semua pelaku dan peran, merupakan salah satu dari prinsip-prinsip nilai #kerjabarengan yang disepakati oleh jaringan SMSG, selain tekad untuk mewujudkan pembelajar sepanjang hayat, konsistensi dalam mempraktikkan standar baik, dan penghormatan terhadap keragaman.

Belajaraya 2023 menggelar 52 "Kelas Belajar Tematik" yang diisi oleh 70 KOP dan tiga sesi "Ngobrol Publik" yang bisa diikuti secara paralel, Kawula Muda.

Tidak hanya itu, tersedia juga pameran dan area anak untuk menambah kenyamanan acara.

Keren banget, Belajaraya 2023!

Berita Lainnya