5 Kejadian Fenomenal yang Terjadi di Indonesia Sepanjang 2023

Ada apa saja yang lo ingat, Kawula Muda?

Jakarta, ibu kota Indonesia termasuk ke dalam daftar 10 kota wisata paling mengecewakan (UNSPLASH/MUHAMMAD SYAFI AL)
Mon, 18 Dec 2023

Akhir tahun 2023 telah tiba, hanya tinggal menghitung hari untuk menyambut kedatangan tahun baru 2024. 

Banyak yang terjadi selama 12 bulan ke belakang, terutama hal yang membuat heboh Indonesia dari berita buruk sampai yang baik.

Prambors sudah merangkum 5 kejadian heboh yang terjadi di Indonesia selama 2023 sebagai refleksi Kawula Muda dan informasi pengingat apa saja yang terjadi di tahun ini sebelum tahun berganti ke 2024.

Dimulai dari kasus penganiayaan David Ozora yang sangat pelik hingga Indonesia di tahun ini sudah masuk ke masa endemi Covid-19, berikut adalah rangkuman 5 kejadian fenomenal di Indonesia sepanjang 2023.

1. Kasus Penganiayaan David Ozora oleh Mario Dandy dkk. 

Remaja bernama Cristalino David Ozora Latumahina dianiaya oleh Mario Dandy Satriyo anak dari Pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo yang menjabat sebagai Kepala Bagian Umum DJP Kanwil Jakarta Selatan II. Kasus ini viral lantaran adegan penganiayaan direkam oleh Shane Lukas selaku teman dari Mario Dandy dan dihadiri oleh pelaku di bawah umur berinisial AG yang digadang menjadi otak di balik terjadinya penganiayaan tersebut. 

Dari video penganiayaan yang beredar, warganet menemukan identitas dari pelaku yang ternyata adalah seorang anak pejabat dan korban yang masih di bawah umur. Kasus ini menjadi viral ditambah lagi dengan kehadiran AG, pacar Mario Dandy dan mantan dari korban penganiayaan David Ozora yang masih berusia 15 tahun.

Korban sendiri memiliki latar belakang keluarga yang tidak main-main, ia adalah putra dari salah satu pengurus pusat Gerakan Pemuda Ansor, organisasi sayap Nahdlatul Ulama.

David Ozora mengalami diffuse axonal injury (DAI) atau cedera aksonal difus adalah jenis traumatic brain injury (TBI) atau cedera otak traumatis. Istilah ini menggambarkan cedera yang biasanya diakibatkan oleh trauma tumpul di kepala dan memengaruhi fungsi otak.

Atas ini, Mario Dandy dijerat pasal pasal 355 KUHP ayat 1 subsider pasal 354 ayat 1 KUHP subsider 353 ayat 2 KUHP subsider 351 ayat 2 KUHP juncto pasal 76c Jo 80 Undang-Undang Perlindungan Anak.

Adapun Shane ditersangkakan dengan Pasal dijerat Pasal 355 ayat 1 juncto Pasal 56 KUHP, subsider 354 ayat 1 juncto 56 KUHP, subsider Pasal 353 ayat 2 juncto 56 KUHP, subsider Pasal 351 ayat 2 junto 56 KUHP.

Dan AG sebagai pelaku di bawah umur dijerat dengan Pasal 76c Juncto Pasal 80 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Peradilan Anak dan atau Pasal 355 Ayat 1 Juncto Pasal 56 Subsider Pasal 354 Ayat 1 Juncto Pasal 56 Subsider Pasal 353 ayat 2 Juncto Pasal 56 Subsider 351 ayat 2 Juncto Pasal 56 KUHP.

Kasus ini juga membuka catatan kelam Rafael Alun selaku ayah Mario Dandy yang ternyata memiliki sejumlah kasus penyalahgunaan harta kekayaan yang baru terungkap karena anaknya yang menjadi tersangka penganiayaan.

Indonesia Batal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Pada 2019 lalu, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan dilaksanakan pada 2021, namun karena terjadi pandemi Covid-19, pertandingan akbar ini ditunda hingga 2023.

Namun sayangnya, terjadi polemik karena Israel masuk ke jajaran tim yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Terjadi penolakan dari sejumlah pihak termasuk Ganjar Pranowo dan Wayan Koster yang kala itu menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah dan Bali. Lalu, berbagai hal rentetan lainnya yang terjadi menjadi alasan kuat mengapa gelar tuan rumah ini akhirnya beralih ke Argentina.

Hal-hal tersebut seperti peristiwa Kanjuruhan yang terjadi pada Oktober 2022 lalu yang mana membuat FIFA menilai bahwa Indonesia kurang siap ditunjuk sebagai tuan rumah.

3. TikToker Kritik Jalan Rusak di Lampung Malah Dilaporkan ke Polisi

Hal ini terjadi kepada Bima Yudho Saputra atau pemilik akun TikTok yang viral Awbimax. Pemuda asal Lampung ini membuat video presentasi mengenai jalanan di Lampung yang pembangunannya tak pernah selesai, namun konten tersebut berujung ke pelaporan kepada polisi atas tuduhan ujaran kebencian.

Ghinda Ansori Wayka selaku salah satu advokat Lampung sekaligus pegawai Gubernur Lampung melaporkan hal tersebut karena menilai Bima berujar penuh kebencian dengan menyebut istilah ‘Dajjal’ untuk kota tersebut.

Bima dipolisikan secara resmi dan sudah dikonfirmasi oleh pihak berwajib. Bima telah dilaporkan dengan Undang-undang Informasi Elektronik dan Transaksi Elektronik (UU ITE) per tanggal 13 April 2023. 

Di sisi lain, ia mendapat banyak dukungan dari rakyat karena sudah menyuarakan keresahan masyarakat Lampung terkait jalanan yang tak kunjung mulus.

Anggota DPR RI Komisi III, Taufik Basari juga menilai tindakan Bima memviralkan jalanan rusak Lampung sebagai aspirasi dari rakyat.

Presiden Joko Widodo sampai turun tangan untuk mendatangi Lampung dan melihat seperti apa kondisi jalanan di sana.

Meski begitu, perundungan pada Bima dan keluarganya dari pemerintah setempat tak usai dengan mudah, orang tuanya mendapat ancaman sampai meminta maaf kepada Gubernur Lampung dan berdebat di acara televisi lokal, rumahnya pun di datangi oleh pihak kepolisian. Bima yang berkuliah di Australia sampai mengajukan Protection Visa.

4. Indonesia Cabut Status Pandemi Covid-19 menjadi Endemi 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan bahwa Indonesia masuk ke endemi Covid-19. Melihat dari berbagai poin tentang kasus Covid-19 yang dinilai sudah mereda di Indonesia dan juga jumlah vaksin yang cukup tinggi, di 2023 ini Indonesia sudah masuk ke era endemi Covid-19.

Sebelumnya, status pembatasan sosial sudah mulai dilonggarkan sejak Desember 2022 diikuti dengan pelonggaran pemakaian masker di ruang publik dan transportasi umum.

5. Bukit Teletubbies Savana di Bromo Kebakaran karena Flare Foto Pre-Wedding 

Kebakaran di Bukit Teletubbies yang disebabkan oleh pengunjung yang menyalakan flare untuk properti foto prewedding dan salah satu dari lima flare meletus saat dinyalakan sehingga membuat percikan api yang akhirnya membakar rumput kering di bukit tersebut hingga menjadi tornado api yang sulit untuk dipadamkan.

Akibat kebakaran tersebut, sebanyak Rp 200 juta per jam dikeluarkan untuk memadamkan api dengan helikopter water bombing dan tentu saja Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ditutup, Kawula Muda.

AKBP Wisnu memang sudah menangkap dan memeriksa enam orang yang terlibat kejadian serta menetapkan satu tersangka utama yaitu manajer wedding organizer, Andrie Wibowo Eka Wardhana (41 tahun) dengan dikenakan pidana dengan ancaman penjara dan denda maksimal Rp 1,5 miliar.

Dapatkan Kado Natal dan Tahun Baru 2024 di Prizes Around the Clock


Prizes Around The Clock (Prambors)

 

Kawula Muda, menyambut pergantian tahun, selain flashback ke kejadian fenomenal di 2023, Prambors juga menyiapkan hadiah khusus sebagai kado natal dan tahun baru 2024, loh!

Prizes Around the Clock balik lagi di akhir tahun ini dengan hadiah yang menarik untuk Kawula Muda.

Tim Prambors menyiapkan clue yang akan disebutkan di setiap jam siaran untuk dijawab Kawula Muda melalui website Prambors di pramborsfm.com.

Clue yang disiarkan juga akan muncul di Prambors Radio Apps yang bisa lo download di App Store dan Play Store.

Kawula Muda yang beruntung bisa menjawab dengan cepat dan tepat bisa mendapatkan kado natal dan tahun baru berupa outfit keren dari Sch., jam mewah dari G-Shock, sampai tas Jansport.

Untuk ikutan, klik link ini, ya! 

Periode kuis 18-29 Desember 2023.

Berita Lainnya