17 Persen Masyarakat Depresi Setelah Pemilu 2024, Waspada Post Election Stress Disorder!

Depresi dan kecemasan juga dialami masyarakat umum

Ilustrasi masyarakat depresi setelah Pemilu 2024 (Unsplash)
Sun, 03 Mar 2024


Kaukus Masyarakat Peduli Kesehatan Jiwa menyebutkan, sekitar 17,1 persen masyarakat mengalami depresi pasca Pemilu 2024, sedangkan 16 persen masyarakat Indonesia mengalami kecemasan.

Depresi dan kecemasan ini bukan hanya terjadi pada calon legislatif (caleg), tetapi terjadi juga pada masyarakat umum, Kawula Muda.

Penelitian tersebut berangkat dari temuan yang terjadi di Amerika Serikat pada 2016. Ketika itu, ditemukan fakta bahwa penduduknya mengalami gangguan kejiwaan setelah pemilihan presiden.

Hal tersebut terjadi juga di Filipina pasca pemilihan Presiden Marcos Jr.

”Ada temuan prevalensi kecemasan dan depresi di Indonesia pasca pemilu lebih tinggi dibandingkan data hasil Riskesdas 2018 dan Direktorat Keswa Kemenkes 2022,” kata Ketua Tim Peneliti dr Ray Wagiu Basrowi, dikutip dari JawaPos, Minggu (3/3/2024).

Ilustrasi masyarakat depresi setelah Pemilu 2024 (Unsplash)

Sementara itu, ketegangan menunggu hasil Pemilu 2024 juga berpotensi membuat sebagian orang terdampak kesehatan mental.

Salah satu kondisi mental yang perlu diwaspadai usai pemilu adalah post election stress disorder (PEST).

Post election stress disorder (PEST) atau stres pasca pemilu adalah kondisi gangguan kesehatan mental yang gak hanya bisa menyerang para politisi yang berkontestasi, tapi juga para pendukungnya.

Melansir Better Help, PEST melibatkan kecemasan yang ditandai dengan perasaan putus asa atau ketakutan setelah berakhirnya pemilu politik yang kritis.

Ini bukan penyakit mental yang didefinisikan dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5-TR). Tetapi, hal ini merupakan respons yang lazim terhadap pemilu.

Terdapat Survei yang dilakukan Stres APA pada 2020 di Amerika Serikat, sekitar 68 persen orang dewasa di Amerika Serikat merasa pemilihan presiden menyebabkan stres yang signifikan dalam hidup mereka.

Post election stress disorder sering kali terjadi setelah pemilu presiden, namun bisa juga terjadi pada pemilu lainnya di mana seseorang merasa terikat secara emosional.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya