YouTube Blokir Musik Video Adele Hingga Nirvana? Ini Penjelasannya!

Apa tanggapan kalian Kawula Muda?

Adele dan Nirvana diblokir oleh Youtube karena tidak mencapai kesepakatan negosiasi bersama SESAC (Metro)
Mon, 07 Oct 2024

Kawula Muda, pecinta musik di seluruh dunia dikagetkan oleh kabar terbaru dari YouTube. Video musik dari sejumlah artis papan atas, seperti Adele, Nirvana, dan Green Day, Bob Dylan dan R.E.M tiba-tiba menghilang dari platform streaming tersebut. 

Perselisihan antara YouTube dan organisasi hak cipta Society of European Stage Authors and Composers (SESAC) menjadi penyebab utama dari pemblokiran ini dan hanya terjadi di Amerika sejak Sabtu lalu. 

SESAC didirikan pada tahun 1930 dan merupakan organisasi hak pertunjukan tertua kedua di Amerika Serikat dan kemudian diakuisisi oleh Blackstone pada tahun 2017. 

Selain itu, SESAC telah melisensikan sekitar 1,5 juta lagu dari artis-artis terkemuka. Organisasi ini mengumpulkan royalti untuk para penulis lagu dan penerbit, mirip dengan ASCAP dan BMI.

Saat ini, lebih dari 35.000 artis dan penerbit musik terdaftar di dalam SESAC. SESAC juga mewakili sejumlah artis terkenal, seperti Burna Boy, George Clinton, Kenny Rogers, Kings of Leon, dan banyak lainnya.

Tangkapan layar YouTube yang menampilkan video musik Adele diblokir oleh YouTube (TheVerge)

Berdasarkan laporan dari Tech Crunch, video yang terpengaruh, seperti "Hello" Adele, akan menampilkan sebuah pesan pemberitahuan.

Selain itu, beberapa video akan menayangkan iklan terlebih dahulu sebelum menampilkan sebuah pesan pemberitahuan.

"Video ini berisi konten dari SESAC, video tidak tersedia di negara Anda," tulis pemberitahuan yang dilaporkan oleh Tech Crunch, dikutip pada hari Selasa (1/10/2024).

Tetapi, tidak semua video yang menampilkan artis seperti Adele diblokir oleh YouTube dan tidak ada penjelasan yang jelas mengenai alasan mengapa beberapa video dari SESAC masih dapat ditampilkan. 

Namun, YouTube menyatakan bahwa mereka tidak mencapai kesepakatan dengan SESAC.  Di sisi lain, YouTube mengakui bahwa masalah hak cipta adalah isu yang sangat serius dan perlu ditangani.

"Kami menganggap hak cipta sangat serius dan sebagai hasilnya, konten yang diwakili oleh SESAC tidak lagi tersedia di YouTube AS. Kami tengah melakukan pembicaraan aktif dengan SESAC dan berharap mencapai kesepakatan baru secepatnya," ucap YouTube pada hari Senin (30/9/2024).

Kejadian ini mirip seperti dengan perselisihan Universal Music Group (UMG) dengan TikTok. 

Pada saat melakukan negosiasi soal royalti pada awal 2024 lalu, UMG menarik lagu Taylor Swift, Billie Eilish dan Ariana Grande dari platform TikTok, yang terkait dengan masalah royalti.

Berita Lainnya