Selamat Hari Batik Nasional! Berikut Musik Video yang Menampilkan Batik

Batik emang jadi salah satu budaya Indonesia yang sering mendunia nih, Kawula Muda!

Momen Raisa mengenakan batik dalam musik video soundtrack film ‘Raya and the Last Dragon’ bertajuk ‘Trust Again’. (YouTube/DisneyMusicAsiaVEVO)
Wed, 02 Oct 2024

Batik jadi salah satu warisan budaya Indonesia yang diunggulkan, Kawula Muda. Oleh karenanya batik punya hari khusus, yakni Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober.

Sejarah Hari Batik Nasional bermula saat batik diakui pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-Benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Pada sidang tersebut batik resmi terdaftar sebagai  Intangible Cultural Heritage (ICH) atau Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia di UNESCO.

Setelah diakui UNESCO, presiden Indonesia saat itu yaitu Susilo Bambang Yudhoyono membuat Keputusan Presiden (Kepres) yang menyatakan bahwa 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Batik jadi salah satu warisan budaya yang kerap muncul lewat berbagai macam kreasi pop culture, salah satunya ialah musik.

Banyak musisi, baik lokal maupun dunia yang menggunakan batik saat sedang tampil atau memakainya dalam musik video.

Nah, Kawula Muda, berikut musik video yang menampilkan budaya batik:

Raisa - Trust Again


Solois papan atas tanah air, Raisa, terpilih sebagai musisi yang mewakilkan Indonesia untuk mengisi original soundtrack film ‘Raya and the Last Dragon’ bertajuk ‘Trust Again’.

Raisa dipilih sebagai cerminan dari budaya-budaya Asia Tenggara yang kental dalam ‘Raya and the Last Dragon’.

Raisa gak cuma membaganggakan Indonesia dengan suara memukaunya, Kawula Muda, ia juga turut memamerkan salah satu warisan budaya Indonesia yang mendunia yakni batik.

Lewat musik video ‘Trust Again’, penampilan Raisa dibalut baju Pegari, sebuah crop outerwear dengan bishop sleeve yang besar. Sebagai informasi, Pegari terbuat dari batik gedog Tuban, tentunya dengan modifikasi dan desain modern.

Selain itu, film ‘Raya and the Last Dragon’ juga menampilkan wayang kulit, batik, keris, pencak silat, gamelan, sampai Rumah Gadang.

Santana - Saideira


Musisi asal Amerika Latin, Santana jadi salah satu musisi dunia yang pernah memakai batik dalam musik videonya, Kawula Muda.

Santana pernah berkolaborasi dengan Samuel Rosa dalam lagu "Saideira". Dalam musik videonya, Santana mengenakan batik cokelat dengan lengan panjang.

Musisi legendaris kelahiran Jalisco, Meksiko, 20 Juli 1947, itu percaya diri mengenakan batik untuk penampilannya di YouTube Vevo pada 1 Mei 2014.

Penampilan Santana dengan batik gak hanya sekali terjadi, Kawula Muda. Sebelumnya, Santana juga pernah mengenakan batik pada musik video "Into the Night" featuring Chad Kroeger.

Pada klip tersebut, musisi pemenang 10 Grammy Awards dan tiga Latin Grammy Awards itu awalnya mengenakan kaos biru dan kemeja putih. Kemudian, dia terlihat memakai kemeja batik bercorak hijau dengan lengan panjang yang digulung.

Agnez Mo - Long As I Get Paid


Gak cuma Raisa, Agnez Mo juga pernah mengenakan batik dalam salah satu musik videonya, Kawula Muda.

Dalam musik video lagu yang berjudul ‘Long As I Get Paid’ tersebut, Agnez terlihat cantik dengan balutan pakaian yang didominasi batik tersebut.

Bagi Agnez, batik dan busana yang ia kenakan di video klip ‘Long As I Get Paid’ merupakan salah satu cara agar orang-orang aware dengan budaya Indonesia.

Krewella - Greenlight


Duo musisi asal Amerika, Krewella, pernah jadi perbincangan di Tanah Air saat merilis musik video untuk lagu berjudul 'Greenlight'.

Dalam video klip tersebut, grup musik yang terdiri dari dua wanita, yakni Jahan dan Yasmine Yousaf ini terlihat mengenakan batik.

Gak cuma batik, musik video tersebut juga dibuat di Indonesia, atau tepatnya di Malang dan Jakarta.

Salah satu yang paling disorot ialah Kampung Warna Warni Jodipan (KWJ), Malang.

Pada beberapa scene, video tersebut menampilkan keindahan Kampung Warna Warni Jodipan (KWJ). Di beberapa bagian dari video klip itu, Jahan dan Yasmine juga tampak berdiri dan bergaya dengan latar belakang keindahan KWJ.

Oliver Sykes (BMTH) - Oh No


Band Bring Me The Horizon (BMTH) pernah jadi perbincangan usai merilis musik video lagu berjudul ‘Oh No’ pada 2016 lalu.

Dalam video tersebut, sang vokalis, Oliver Sykes terlihat menggunakan kemeja seperti batik.

Dalam video klip tersebut terlihat jelas Oli--sapaan akrab Oliver--memakai kemeja dengan motif mirip batik.

Kendati demikian, Fadlan Effendi yang ikut serta dalam pembuatan video klip tersebut mengatakan jika dia tidak yakin jika Oliver Sykes mengenakan batik.

"Yang saya lihat, saya kurang yakin Oli memakai batik. Yang pertama kali saya pikirkan hal tersebut hanyalah sebuah kemeja yang keren," kata Fadlan, seperti dikutip dari Liputan6.

Beberapa sumber bahkan mengkonfirmasi bahwa kemeja yang dikenakan Oli merupakan salah satu kemeja koleksi paisley print keluaran Saint Laurent.

Berita Lainnya