Rilisan Terbaru Minggu Ini: Penantian Album Baru Barasuara hingga Single Terbaru NIKI

Check it out, Kawula Muda

Rilisan Terbaru Minggu Ini: Penantian Album Baru Barasuara hingga Single Terbaru NIKI
Fri, 21 Jun 2024

Kawula Muda, Prambors kembali memberikan daftar rilisan musik terbaru di pertengahan bulan Juni 2024 ini.

Minggu ini, ada banyak musisi baik lokal maupun internasional yang merilis single dan album.

Spesial untuk Kawula Muda, Prambors merangkum dan mengkurasi semua rilisan terbaru minggu ini.

Sebut saja Barasuara, NIKI, Coldplay, Honne yang hadir dengan lagu baru sampai album baru.

Selain musisi berbakat di atas, ada juga beberapa musisi yang turut meramaikan rilisan musik minggu ini. Yuk, cek daftarnya di bawah ini, Kawula Muda.

Barasuara - “Jalaran Sadrah”


Barasuara akhirnya kembali merilis album, Kawula Muda.

Album ini berjudul “Jalaran Sadrah” yang menjadikannya album ketiga Barasuara.

Album yang diproduksi sendiri lewat Hu Shah Records ini mencakup sembilan lagu, termasuk beberapa lagu yang sudah lebih dulu dirilis, yakni “Terbuang dalam Waktu”, “Merayakan Fana”, dan “Fatalis”.

Lewat album ini, Iga Massardi (vokalis dan gitaris) yang sebagian besar menulis lirik di album “Jalaran Sadrah,” kembali memperlihatkan kemahirannya.

Berbeda dengan album-album sebelumnya, lirik-lirik di album “Jalaran Sadrah” terasa lebih mature, tetap puitis tapi lebih lugas.

Iga Massardi melalui keterangan tertulis mengatakan bahwa album “Jalaran Sadrah” sendiri memiliki arti karena pasrah.

“Jalaran Sadrah artinya karena pasrah. Album ini terjadi, tertulis, terselesaikan karena pasrah,” kata Iga Massardi.

Menariknya, ada banyak nama besar yang juga terlibat dalam lagu ini, sebut saja Erwin Gutawa yang merangkai aransemen orkestra untuk “Merayakan Fana”, “Terbuang dalam Waktu” dan “Hitam dan Biru” yang dieksekusi dengan megah oleh Czech Symphony Orchestra; serta Sujiwo Tejo yang menyumbang nyanyi syahdu berbahasa Jawa ke lagu “Biyang” yang bikin merinding.

NIKI - “Blue Moon”


Penyanyi asal Indonesia, Niki Zefanya atau NIKI kembali merilis single anyar berjudul “Blue Moon.”

Lewat lagu ini, NIKI membagikan kisah patah hatinya yang cukup menyedihkan.

Dikutip dari Rolling Stone, Jumat (21/6/2024), NIKI mengatakan bahwa lagu tersebut menggambarkan kehancuran sebuah hubungan yang signifikan secara perlahan dan tiba-tiba.

Lagu “Blue Moon” diproduksi oleh Ethan Gruska dan menampilkan aransemen biola, viola, dan senar dari Rob Moose.

NIKI sendiri kini tengah menyiapkan album terbarunya “Buzz” yang direncanakan akan rilis 9 Agustus mendatang.

Selain itu, NIKI juga akan menggelar tur dunianya yang bertajuk “Buzz World Tour.”

Coldplay - “feelslikeimfallinginlove”


Setelah mengumumkan bakal merilis album terbaru berjudul “Moon Music,” Coldplay baru saja mengumumkan lagu barunya bertajuk “feelslikeimfallinginlove.”

“feelslikeimfallinginlove” sendiri menjadi lagu pertama yang dirilis dari album studio ke-10 Coldplay, album “Moon Music.”

Album studio ke-10 Coldplay, “Moon Music” akan dirilis pada 4 Oktober 2024.

Siapapun yang mendengarkan lagu ini tanpa melihat nama artis dan judul lagunya sudah pasti bisa menebak bahwa ini lagu Coldplay.

Sama seperti kebanyakan lagu Coldplay, lagu “feelslikeimfallinginlove” menggabungkan elemen elektronika yang halus dan secara bertahap mengembangkan irama yang stabil yang kemudian dipadukan dengan suara vokal khas Chris Martin.

Aruma - “Berbunga”


Nama Aruma jadi salah satu solois yang cukup menjanjikan, selain karena lagu “Muak” yang viral di sosial media, warna vokal Aruma yang unik juga aksi panggung yang ekspresif jadi nilai lebih.

Kini Aruma akhirnya merilis album perdananya yang berjudul “Berbunga.”

Entah apa yang sedang dirasakan Aruma saat proses pembuatan album ini, karena sebagian besar lagu dalam album “Berbunga” terasa cukup sendu.

Aruma yang saat ini masih menyandang status mahasiswi Program Studi Desain Produk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, tampaknya paham betul apa yang kerap dirasakan remaja-remaja seusianya.

Lewat lirik-lirik yang cukup relate buat gen Z, album “Berbunga” bisa jadi salah satu rilisan yang wajib didengarkan di tahun 2024 ini.

Album ini sendiri berisi 10 lagu, dan sudah bisa didengarkan di semua platform streaming musik.

Afgan - “Sonder”


Afgan kembali merilis karya terbarunya dalam bahasa Inggris.

Kali ini, karya tersebut dirilis dalam bentuk Extended Play atau EP yang diberi judul “Sonder.”

Lagu “Escape” yang berduet dengan rapper asal Korea Selatan, yakni Jessi, menjadi focus track di EP-nya kali ini.

“Sonder” adalah karya Afgan yang paling personal. Arti judul tersebut adalah sebuah perasaan atau kesadaran akan semua orang yang kita temui dalam hidup ini, kenal maupun tidak, bahkan hanya sebatas melewati kita saat sedang berjalan, punya kisahnya masing-masing.

Melalui “Sonder”, Afgan semakin berani membuka diri lewat lirik lagu-lagunya. Ia ingin mengubah citranya sebagai ‘nation’s darling’ demi mempererat hubungan dengan para penggemarnya, dan ini belum pernah ia lakukan sebelumnya.

EP “Sonder” sendiri terdiri dari lima lagu, di antaranya “Shallow Water,” “Escape (Feat. Jessi),” “Lonely Nights” “Criminal (With thủy)” dan “Missing the Old Days.”

slchld - “APOLOGY”


Artis internasional berdarah Korea dan Kanada, slchld (dibaca: seoul-child) hari ini merilis album terbarunya, berjudul “APOLOGY.”

Album “APOLOGY” dengan apik memadukan melodi-melodi bernuansa R&B dan pop untuk menyampaikan kisah-kisah hidupnya.

Sejak debut pada 2018, slchld telah membangun sebuah katalog musik yang sukses mengumpulkan jutaan stream di berbagai platform.

Album baru slchld turut menampilkan eaJ di lagu “IMAGINE”. Uniknya, pertemuan keduanya berawal dari dunia maya, tepatnya online game.

Keduanya saling menyukai musik satu sama lain selama bertahun-tahun dan perilisan single “IMAGINE” menjadi momen full circle bagi keduanya.

Album “APOLOGY” berisi sembilan lagu dan sudah bisa didengarkan di seluruh platform streaming musik.

Dengan berbagai genre dan gaya, rilisan musik minggu ini akan memperkaya pilihan playlist lo, Kawula Muda. Pastikan untuk menambahkan lagu-lagu di atas ke daftar putar lo dan nikmati musik terbaru yang menghibur.

Berita Lainnya