MTV EMA 2023 Batal Digelar Imbas Konflik Israel dan Palestina

Lekas membaik, dunia

Daftar Lengkap Nominasi MTV EMA 2023 (MTV EMA)
Sat, 28 Oct 2023

Kurang dari dua minggu sebelum MTV EMA 2023 dijadwalkan berlangsung pada hari Minggu, 5 November, di Paris, Paramount mengumumkan pembatalan acara tersebut pada hari Kamis (19/10/2023).

Pembatalan acara musik bergengsi ini karena konflik Israel dan Palestina yang memanas. Pihak MTV dan Paramount menggambarkan kondisi saat ini sebagai “peringatan ketidakstabilan peristiwa di dunia.” 

MTV EMA 2023 Ini menandakan pertama kalinya pertunjukan tersebut dibatalkan sejak diluncurkan pada tahun 1994.  Bahkan di masa pandemi Covid-19 lalu, acara penghargaan tersebut tetap berjalan sesuai jadwal.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip melalui Billboard, “Mengingat ketidakstabilan peristiwa dunia, kami telah memutuskan untuk tidak melanjutkan MTV EMA 2023 karena sangat berhati-hati terhadap ribuan karyawan, anggota kru, artis, penggemar, dan mitra yang bepergian dari seluruh penjuru dunia untuk menghidupkan pertunjukan ini. MTV EMA adalah perayaan tahunan musik global. 

Ketika kita menyaksikan peristiwa-peristiwa dahsyat yang terus terjadi di Israel dan Gaza, hal ini tidak terasa seperti sebuah momen untuk merayakannya secara global. Dengan ribuan nyawa yang hilang, ini adalah momen berkabung. Kami berharap dapat menjadi tuan rumah MTV EMA lagi pada bulan November 2024.”

Beberapa nama musisi papan atas seperti Jung Kook, The Kid LAROI, Sabrina Carpenter, Coi Leray dan Rema sudah dijadwalkan akan tampil secara langsung di acara tersebut dan akan disiarkan langsung di MTV di lebih dari 150 negara pada hari Minggu, 5 November, dari Paris Villepinte Utara.

Musisi lain yang akan tampil di acara itu adalah Anne-Marie, David Guetta, Manuel Turizo, Ozuna, Reneé Rapp dan Thirty Seconds to Mars.

Lirik lagu "Tega" milik Tiara Andini yang berkisah tentang cinta bertepuk sebelah tangan (INSTAGRAM/tiaraandini)

 

Selain itu, MTV EMA 2023 adalah kesempatan emas bagi pemusik di luar benua Eropa, termasuk Tiara Andini yang mewakili Indonesia dalam kategori Best Asia Act.

Semoga lekas kondisi dunia lekas membaik ya, Kawula Muda.

Berita Lainnya