Momen Seru MTV VMA 2024: Taylor Swift Menang 7 Penghargaan hingga Style Nyentrik Megan Thee Stallion

Kawula Muda, seru banget kan keseruan acara di MTV VMA 2024 ini!

Taylor Swift Raih 7 Penghargaan di MTV Video Music Awards 2024 (Getty Image/ Kevin Mazur)
Mon, 16 Sep 2024

Kawulda Muda, udah pada tau belum kalau baru-baru ini MTV Video Music Awards (VMA) untuk pertama kalinya menggelar acaranya di UBS Arena secara live di New York pada hari Rabu (11/9/2024).

MTV Video Music Awards nggak pernah gagal bikin kita heboh! mulai dari penampilan guest star yang megah dan memukau, hingga momen keseruan acara semuanya ada di sini!

Kawula Muda, yuk kita bedah satu-satu momen-momen paling epic di malam penghargaan MTV VMA 2024 ini.

Taylor Swift Menangkan 7 Penghargaan

Momen Taylor Swift saat berpidato atas kemenangannya di MTV Music Video Awards 2024 (Getty Images/ Christoper Polk)

Taylor Swift jadi MVP malam itu, dengan memenangkan 7 penghargaan, termasuk video terbaik tahun ini yang berjudul  “Fortnight” bersama Post Malone. 

Taylor Swift dan Post Malone memenangkan penghargaan pertama pada malam itu sebagai kolaborasi terbaik “Fortnight”. 

Pada malam itu, Swift kembali memenangkan penghargaan sebagai Artist of the Year, Best Collaboration, Best Pop, Best Direction, dan Best Editing meningat pada tahun sebelumnya Swift juga telah meraih penghargaan tersebut untuk lagunya yang berjudul “Anti-Hero” dan “All Too Well: The Short Film”.

Mantan kekasih Harry Styles ini juga menjadi artis yang paling banyak mendapatkan penghargaan dalam sejarah VMA, mengalahkan Beyonce.

Eminem Tampil Nyentrik!

Momen Eminem membawakan lagu "Houdini" dan "Somebody Save Me" (Youtube/ MTV VMAs)

Eminem merupakan salah satu artis yang namanya tak terhapuskan dari sejarah MTV VMA. Tak terkecuali tahun ini.

Seperti balik ke tahun 2000. Eminem mengenakan kaus hitam dan rambut yang diputihkan, persis seperti penampilannya di MVA tahun 2000.

Tampil sebagai pembuka MTV Video Music Awards 2024, Eminem membawakan lagu “Houdini,” single utama dari album terbarunya “The Death of Slim Shady (Coup de Grâce).”

Eminem kemudian meninggalkan panggung dan muncul kembali untuk lagu emosional “Somebody Save Me” dengan rekaman dari Jelly Roll, yang saat ini sedang tur dan tidak dapat tampil secara langsung.

Taylor Swift dan Post Malone Saling Memuji

Momen Post Malone dan Taylor Swift berpidato kemenangannya diatas panggung (X/tswifterastour)

Taylor Swift dan Post Malone memenangkan penghargaan pertama malam itu untuk Kolaborasi Terbaiknya "Fortnight".

Swift dan Malone berjalan ke atas panggung bersama sebagai juara VMA yang berpengalaman. 

Setelah Swift memberikan penghormatan kepada para korban 9/11, ia bercanda tentang bagaimana Post Malone tidak bisa berhenti memanggilnya "nyonya" saat mereka bekerja sama. 

"Ada alasan yang sangat jelas mengapa Post Malone menjadi orang favorit semua orang di dunia musik untuk diajak berkolaborasi," kata Swift seperti dikutip dari AP News, Senin (16/9/2024). 

"Itu karena Post sangat berbakat. Post sangat serba bisa, dan Post orang yang paling rendah hati," ujar dia

Kemudian, ia menyerahkan mikrofon kepada Malone, yang harus diam sejenak saat ia mencari kata-kata untuk menggambarkan kerja samanya dengan Swift.

"Benar-benar kehilangan kata-kata. Salah satu orang paling baik dan berbakat yang pernah saya kenal," puji Malone.

Megan Thee Stallion Meniru Gaya Berbusana Britney Spears

Momen Megan Thee Stallion meniru gaya berpakaian Britney Spears di MTV VMAs 2024 (Billboard)

Dipandu oleh Megan Thee Stallion, VMA merayakan selebrasinya yang ke-40 dengan pertunjukan dan penampilan dari sederet selebritas.

Megan meniru penampilan tersebut dengan mengenakan kaus yang dilengkapi dengan bra hijau dan ular hidup berwarna kuning.

Meskipun begitu, ia tampak kurang nyaman dengan kehadiran ular dan meminta agar ular tersebut dilepaskan selama perkenalan.

Megan bukan satu-satunya yang terinspirasi oleh gaya Spears, gaun Roberto Cavalli yang dikenakan Tate McRae di atas lingerie Fleur du Mal mirip dengan gaun mini biru tua yang dikenakan Spears di karpet merah pada tahun 2001.

Momen Orlando Bloom dan Katy Perry Berciuman

Momen Orlando Bloom dan Katy Perry berciuman (Getty/Gilbert Flores)

Saat Katy Perry naik ke panggung untuk menerima penghargaan Video Vanguard tahun ini, ia meminta seseorang yang sangat spesial untuk memperkenalkannya kepada para penonton.

"Anda merasa bahwa saya jatuh cinta padanya sebagai Katy Perry. Tetapi, saya jatuh cinta padanya sebagai Katheryn Hudson," kata Orlando Bloom, dalam memulai pidatonya.

"Anda mengenalnya sebagai superstar global yang menghadirkan cinta, cahaya, dan selera humornya yang unik pada setiap lagu yang ia tulis dan video musik yang ia buat. Tetapi, saya mengenalnya sebagai seorang ibu, sebagai pasangan, yang membawa cinta dan kegembiraan yang sama kepada keluarga kami," tambah Orlando.

Britney Spears Tidak Hadir di Acara MTV VMAs 2024

Momen Britney Spears menyanyikan lagu "Baby One More Time" pada MTV VMAs tahun 1999 (Youtube/ MTV)

Mengingat semua yang telah dialaminya, kecil kemungkinan Britney Spears akan menghadiri VMA, bahkan untuk ulang tahun ke-40 acara tersebut.

Namun, hal itu tidak menghentikan banyak penyanyi untuk memberikan penghormatan kepada pakaian VMA-nya yang bersejarah di era Y2K.

Addison Rae, Tate McRae, dan pembawa acara Megan Thee Stallion sambil mengenakan ular dipundaknya dan membacakan nominasi tersebut.

Spears mungkin tidak akan pernah menghadiri acara penghargaan lainnya (seperti haknya; lindungi kesehatan mentalnya), tetapi penampilannya dalam "I'm A Slave 4 U" dan "Oops!...I Did It Again" akan selamanya hidup teriak Halsey.

Sabrina Carpenter Mencium Alien

Momen Sabrina Carpenter mencium Alien (X/Pop Crave)

Sabrina Carpenter tampil debut di VMA dengan gaya klasik penampilan medley dari lagu-lagu “Short n' Sweet”, “Please Please Please,” “Taste,” dan “Espresso". 

Carpenter seolah-olah melayang ke lautan penari yang berpakaian seperti astronot dan berciuman dengan seorang alien biru yang sangat beruntung.

Benson Boone Tampil Memukau dengan Dress Birunya yang Berkilau

Momen Benson Boone menyanyikan "Beatiful Things" di MTV VMAs 2024 (Youtube/ MTV)

Untuk penampilan perdananya di VMA, penyanyi berkumis berusia 22 tahun ini menampilkan vokal serta bakat bermain pianonya di panggung bergengsi tersebut.

Saat membawakan "Beautiful Things," Boone menampilkan kemewahan gaun berpayet tahun 70-an yang berwarna biru berkilau.

Chappell Roan Tampil Memukau dengan Tema Abad Pertengahan

Momen Chappell Roan berpidato diatas panggung MTV VMAs 2024 (Billboard/Christopher Polk)

Chappell Roan memberikan penampilan bertema Abad Pertengahan yang terinspirasi dari lagu hits-nya yang luar biasa "Good Luck, Babe!".

Penyanyi yang dinominasikan untuk Artis pendatang baru terbaik itu mengenakan baju zirah lengkap dan menari bersama sekelompok ksatria, mengingatkan kita pada film klasik Disney tahun 1971 Bedknobs And Broomsticks.

Roan kemudian memenangkan penghargaan Moon Person untuk Artis pendatang Baru Terbaik dan memberikan pidato penerimaan yang tulus dengan meneriakkan komunitas LGBTQIA+.

"Dan untuk semua anak-anak queer di Midwest yang menonton sekarang, saya melihat anda, saya memahami anda, karena saya salah satu dari anda." ujar Roan.

Tyla Dapatkan Penghargaan Paling Otentik Mengenai Keberagaman

Momen Tyla berpidato diatas panggung MTV VMAs 2024 (Youtube/E! News)

Ketika penyanyi Afrika Selatan Tyla memenangkan penghargaan Best Afrobeats Moon Person untuk lagunya yang berjudul "Water", ia mengingatkan penonton VMA bahwa genre ini bukan sekadar istilah umum untuk tujuan pemasaran musik.

"Hai, para pemenang Grammy, apakah Anda mencatat? Saya tahu ada kecenderungan untuk mengelompokkan semua artis Afrika di bawah Afrobeats," kata Tyla dalam pidato penerimaannya

“Itulah adanya, dan meskipun Afrobeats telah menjalankan banyak hal dan telah membuka begitu banyak pintu bagi kita, musik Afrika sangat beragam. Ini lebih dari sekadar Afrobeats." pungkasnya.

Ia kemudian menyebut banyak nama sesama nominasi, termasuk Tems, Ayra Starr, dan Burna Boy.

Halsey Bernyanyi di Garasi Dengan Nuansa 2000nya

Momen Halsey menyanyikan lagu "Ego" di MTV VMAs 2024 (Youtube/ MTV)

Halsey mengguncang VMA sama seperti pada tahun 2003, saat memulai debut lagu barunya "Ego,"

Halsey mengeluarkan gitar listriknya, dan menggunakan sepatu Chucksnya yang sangat tinggi, dan band pendukungnya.

Set panggung yang dibuat Halsey berkonsep seperti rumah dua lantai di pinggiran kota dengan garasi yang cukup untuk dua mobil.

Penampilan itu dilakukan hanya beberapa bulan setelah penyanyi itu mengatakan bahwa dia "beruntung masih hidup" sejak menyesuaikan dirinya dengan kehidupan penyakit lupus dan kelainan sel darah putih langka yang sedang dideritanya.

LL Cool J Menyanyikan Medley Nostalgia dari Hits Hip-Hop

LL Cool J saat nostalgia membawakan lagu hits Hip-Hop di panggung MTV VMas 2024 (Youtube/ MTV)

Tahun ini, LL Cool J membawakan medley bersama mantan rekan satu labelnya Public Enemy, membawakan lagu-lagu hits seperti "Mama Said Knock You Out" dan "Bring the Noise."

Ia menutup pertunjukan dengan "Doin' It," yang juga pernah dibawakan oleh pemenang VMA dua kali itu di panggung acara penghargaan tersebut pada tahun 1996.

LL juga hadir untuk mempromosikan album barunya, The Force, yang dirilis awal bulan ini.

Apa momen VMA 2024 yang menarik perhatian lo, Kawula Muda?

Berita Lainnya