Ed Sheeran Umumkan Hiatus: Fokus pada Pendidikan Musik Inggris

Apakah Ed Sheeran akan merilis album baru setelah hiatus, Kawula Muda?

Musisi Ed Sheeran mengumumkan hiatus dari dunia musik (instagram/teddysphotos)
Thu, 11 Jul 2024

Penyanyi Inggris, Ed Sheeran, resmi mengumhmkan akan mengambil jeda atau hiatus dari dunia musik, Kawula Muda.

Menurut laporan Daily Jang, Sheeran mengambil hiatus untuk mendukung pendidikan musik di sekolah-sekolah.

Sheeran, penyanyi asal Inggris tersebut, memilih untuk fokus pada peluncuran program musik baru untuk anak-anak muda dan pendanaan musik di sekolah-sekolah.

Dia juga menyumbangkan uang sejumlah 170 ribu Euro, yang setara dengan 3,54 miliar Rupiah, ke sekolah lamanya, Thomas Mills High School di Suffolk.

Ed Sheeran melakukan donasi tersebut karena terinspirasi oleh gurunya yang menginformasikan tentang pemotongan dana untuk program musik di tahun 2018.

"Awalnya saya lakukan di daerah saya, tapi sekarang kami ubah menjadi program nasional. Saya mengunjungi banyak sekolah menengah yang membutuhkan pendanaan musik dan melihat perubahan besarnya," kata Sheeran, dikutip dari Daily Jang pada Kamis (11/07/2024) 

Musisi Ed Sheeran (popbase.com)

Sheeran menyatakan bahwa ia bukanlah orang yang menonjol dalam bidang akademik. Namun, penyanyi "Shape of You" ini memiliki keahlian dalam musik dan banyak yang mengakui bakatnya di bidang tersebut.

"Saya sangat bersyukur mendapat pendidikan di sekolah negeri yang mendukung bakat musik. Dana untuk program musik di Inggris sedang dipotong, jadi saya lakukan apa yang saya bisa untuk menggalang dana," ucap Sheeran.

Ed Sheeran telah menyumbangkan 20.000 Euro, yang setara dengan Rp 417 juta, kepada Aldeburgh Hospital League of Friends.

Sumbangan tersebut dialokasikan untuk proyek taman sensorik yang memanfaatkan instrumen musik dalam proses penyembuhan pasien.

Yayasan Musik Suffolk milik Ed Sheeran telah menyumbangkan kamera, MacBook, dan peralatan ruang gelap fotografi ke departemen seni dan IT di sekolahnya. 

Selain itu, Ed Sheeran juga telah menyumbangkan £1 juta atau sekitar Rp 20,8 miliar ke sekolah lamanya di Suffolk, yang akan digunakan untuk menyediakan sumber daya pembelajaran baru bagi siswa dan memulai program Seni Ekspresif baru untuk Kelas 8 tahun ini.

Baru-baru ini, Ed Sheeran juga telah dinobatkan sebagai artis dengan pemutaran musik terbanyak di Inggris untuk yang ketujuh kalinya.

Penyanyi dan penulis lagu asal Suffolk ini telah berada di puncak daftar pemutaran musik terbanyak di radio, televisi, dan berbagai tempat umum di Inggris.

Ed Sheeran telah tujuh kali berada di puncak daftar ini dan telah menjual lebih dari 150 juta rekaman di seluruh dunia sejak debutnya dengan album "+" pada tahun 2011.

Berita Lainnya