Damon Albarn Suarakan Dukungan kepada Palestina di Panggung Glastonbury

Free Palestine!

Damon Albarn suarakan dukungan kepada Palestina di panggung Glastonbury (Ki Price/Wireimage)
Mon, 01 Jul 2024

Vokalis band Blur, Damon Albarn suarakan dukungannya kepada Palestina saat berada di panggung Glastonbury, Jumat (28/6/2024), Kawula Muda.

Momen tersebut terjadi saat Albarn diajak naik ke atas panggung bersama Bombay Bicycle Club (BBC).

Albarn berbicara kepada penonton tentang isu Palestina yang ia anggap sebagai sebuah perang yang tidak adil.

"Apakah Anda pro-Palestina?" tanyanya, disambut sorak sorai. "Apakah Anda merasa itu perang yang tidak adil?," tanya Albarn kepada penonton.

Pentolan band Gorillaz ini juga mengungkapkan “pentingnya pemungutan suara” dalam pemilihan umum Inggris minggu depan.

“Pentingnya pemungutan suara minggu depan… Sekarang, saya tidak menyalahkan Anda karena bersikap ambivalen mengenai hal tersebut, namun hal ini tetap sangat penting,” lanjut Albarn seperti dikutip dari NME, Senin (1/7/2024).

Aksi Damon Albarn bersama Bombay Bicycle Club di Festival Glastonbury (Rolling Stone UK/Aaron Parsons Photography)

Hadirnya Albarn di atas panggung bersama Bombay Bicycle Club merupakan sebuah kejutan yang sudah dinantikan para penggemar, Kawula Muda.

Band indie yang bakal tampil di Joyland Fest November nanti ini sebelumnya sudah mengonfirmasi akan menghadirkan tamu kejutan.

Albarn rupanya bukan satu-satunya penampil Festival Glastonbury yang membahas genosida yang terjadi di Palestina pada hari Jumat.

Solois Aurora juga mendedikasikan penampilannya untuk anak-anak di Palestina.

“Ini benar-benar mengganggu saya, saya merasa para pemimpin dunia mencoba menipu kita lagi dan lagi… Ini untuk semua anak-anak di Palestina. Saya tidak percaya orang-orang menyebalkan ini yang merusak masa depan kita,” ujar Aurora.

Sebelumnya, Israel melakukan aksi brutal dengan memberikan serangan udara kepada masyarakat Palestina di kamp pengungsian Rafah, Gaza, pada Minggu (26/5/2024).

Atas serangan tersebut, setidaknya 45 warga Palestina yang tak berdosa tewas dan 200 orang luka-luka akibat kebakaran hebat yang disebabkan serangan udara Zionis.

Aksi keji tersebut dengan cepat menyebar di seluruh sosial media, dengan menampilkan gambar dan video korban, yang kemudian menguatkan tagar #AllEyesOnRafah.

Sontak saja, seruan “All Eyes on Rafah” disuarakan oleh orang-orang di seluruh dunia, tak terkecuali para musisi dan artis internasional, seperti Dua Lipa, Aurora, Paramore dan masih banyak lagi.

Berita Lainnya