Usai 16 Tahun Berhenti Bermusik, The Cure Siap Rilis Album Baru ‘Songs of a Lost World’

Kabar baik untuk para penggemar The Cure nih Kawula Muda!

Personel The Cure saat menghadiri jumpa pers pada acara 2019 Rock & Roll Hall of Fame Induction Ceremony di Barclays Center, New York, Amerika Serikat, 29 Maret 2019 (AFP/ Angela Weiss)
Wed, 02 Oct 2024

Band gothic rock asal Inggris, The Cure, siap kembali merilis album setelah 16 tahun absen dari dunia musik, Kawula Muda.

Album yang berjudul "Songs of A Lost World" tersebut dijadwalkan rilis pada 1 November 2024.

Menurut NME, vokalis Robert Smith menjelaskan bahwa album pertama mereka dalam 16 tahun ini menggambarkan sisi kelam dari perasaannya setelah kehilangan ibu, ayah, dan saudara laki-lakinya.

Robert Smith juga menyatakan bahwa lagu-lagu dalam album 'Songs of a Lost World' memiliki tema yang tanpa ampun dalam mengeksplorasi sisi gelap yang dialami vokalis selama bertahun-tahun. 

Konsep album ini dikatakan lebih gelap dibandingkan dengan album 'Pornography' yang dirilis pada tahun 1982.

Robert Smith menyatakan bahwa tidak ada satu pun lagu yang dapat menghibur suasana hatinya setelah ia kehilangan ibu, ayah, dan saudara laki-lakinya selamanya dalam beberapa tahun terakhir.

Vokalis The Cure Robert Smith (AFP Photo/Suzanne Cordeiro).

Nuansa indie-noir sangat terasa dalam lagu ini, di mana vokalis menyampaikan perasaan "dingin" dan "takut."

“Saya tidak berpikir ada semacam awal yang resmi untuk album ini karena album ini telah muncul dan menghilang dari hidup saya untuk waktu yang sangat lama. Maksud saya, jika saya memiliki satu penyesalan, adalah bahwa saya mengatakan sesuatu tentang album ini pada tahun 2019 karena saya seharusnya tidak melakukan itu.” ujar Robert Smith, seperti dikutip dari NME, Rabu (2/10/2024).

Sebelumnya, The Cure sudah lebih dulu merilis lagu yang berjudul "Alone", sebagai pembuka dari album yang berjudul "Songs of A Lost World".

The Cure akhirnya memenuhi ekspektasi para penggemarnya dengan merilis single terbaru "Alone" dalam bentuk lirik video di YouTube pada Kamis, 26 September.

Lagu "Alone" memiliki durasi hampir tujuh menit, menciptakan suasana 'menyeramkan' sebelum Robert Smith mulai menyanyikan lirik, “This is the end of every song that we sing,” di pertengahan lagu.

Smith juga menyebutkan bahwa 'Alone' adalah lagu yang paling pas untuk membuka album ini, karena mencerminkan nuansa emosional dari pengalaman hidupnya.

"Lagu itulah yang membuka album ini, segera setelah kami merekam bagian musik itu, saya tahu itu adalah lagu pembuka, dan saya merasa seluruh album menjadi fokus,” tambah Smith.

“Saya telah berjuang untuk menemukan baris pembuka yang tepat untuk lagu pembuka yang tepat selama beberapa waktu, bekerja dengan ide sederhana 'sendirian', selalu ada perasaan mengganggu di benak saya bahwa saya sudah tahu seperti apa baris pembuka itu.” tutup Smith di siaran persnya pada 26 September 2024.

Singel "Alone" ini menjadi comeback manis untuk The Cure dan para penggemar yang sudah belasan tahun menunggu karya terbaru dari mereka.

Berita Lainnya