Chris Martin Umumkan Coldplay Akan Berhenti Bikin Musik Baru Untuk Pertahankan Kualitas Musik!

Sedih banget udah gabisa nungguin Coldplay rilis album terbaru lagi nanti.

Coldplay dikabarkan akan berhenti memproduksi musik baru (Wikipedia)
Tue, 01 Oct 2024


Chris Martin baru-baru ini mengatakan bahwa Coldplay akan berhenti membuat musik setelah album ke-12 nya nanti, Kawula Muda.

Hal itu disampaikan Chris Martin dalam sebuah wawancara dengan Zane Lowe, dari Apple Music, pada hari Senin (30/9/2024).

Dalam wawancara tersebut, Martin menegaskan bahwa Coldplay berencana untuk pensiun dari rekaman setelah merilis album ke-10 mereka yang berjudul "Moon Music" pada hari Jumat, 4 Oktober mendatang.

Pernyataan Chris Martin tersebut dikarenakan bahwa kualitas musik Coldplay harus sangat dikontrol agar mereka dapat mempertahankan jejak mereka di industri musik. 

"Kami hanya akan membuat 12 album resmi dan itu adalah keputusan final. Ya, aku janji," ucap Martin kepada Zane Lowe di akun YouTube-nya bersama Apple Music.

"Karena, semakin sedikit (karya) semakin berharga. Dan bagi beberapa kritikus kami, bahkan semakin sedikit (karya) akan semakin bagus! Batasan ini sangat penting bagi kami," lanjutnya.

Momen Wawancara saat Chris Martin dan Zane Lowe di akun Youtubenya bersama Apple Music pada 30 Oktober 2024 (Youtube/Coldplay)

Chris Martin kemudian membandingkan dengan Harry Potter hingga album The Beatles.

"Harry Potter hanya ada tujuh buku. The Beatles hanya punya 12 setengah album. Bob Marley pun serupa, begitu juga dengan seluruh tokoh legendaris kita," ungkapnya sembari memberikan persamaan dengan tokoh fiksi dan musisi legendaris lainnya. 

"Batasan ini juga membuat kualitas kita dapat sangat dikontrol saat ini, dan kami benar-benar mempertimbangkan sebuah lagu hingga dapat masuk dalam album kami, sehingga harus benar-benar bagus," tambahnya.

Meskipun Coldplay akan berhenti membuat album studio, Chris Martin mengungkapkan bahwa dia tetap akan terus berkarya dalam dunia musik setelahnya.

"(Bermusik) akan selalu berlanjut dengan cara tertentu, tapi ada sesuatu yang unik tentang Coldplay," kata Martin

"Aku tidak tahu dari mana datangnya lagu-lagu itu. Aku tidak tahu dari mana ide-ide itu muncul, tetapi semua itu seperti menghampiriku begitu saja selama sekitar empat atau lima tahun terakhir," ungkap Martin terkait lagu-lagu Coldplay. 

"Seperti terdapat bisikan, "Kamu harus menyelesaikan lagunya seperti ini",  dan selama ini aku mendengarkannya, sebagaimana aku mempercayai lagu-lagu tersebut."

Martin juga menyebut bahwa setelah album ke-12 Coldplay, kemungkinan akan ada proyek sampingan atau album kompilasi.

"Jadi, jika kami melakukan sesuatu bersama secara kreatif setelah itu, selain tur, maka itu akan menjadi hal yang berbeda, mungkin proyek sampingan, atau kompilasi dari karya yang belum sempat diselesaikan," tuturnya.

Chris Martin, vokalis Coldplay, menyatakan bahwa ia tidak ingin dirinya dan anggota band lainnya, Jonny Buckland, Guy Berryman, serta Will Champion, menghabiskan sisa hidup mereka hanya untuk membuat album Coldplay.

"Membuat album sebagai sebuah band butuh kerja keras dalam menyelaraskan semua anggota, dan aku ingin memberi kesempatan kepada anggota lainnya untuk menikmati hidup mereka sendiri," ungkap mantan suami Gwyneth Paltrow ini.

Kawula Muda, buat lo yang suka Coldplay, Prambors mau ngadain listening party untuk album baru "MOON MUSiC" nih, buat lo yang tertarik langsung aja klik link di bawah!

LISTENING PARTY COLDPLAY: MOON MUSiC

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya