Chris Martin Angkat Suara, Tentang Album Baru Sampai Alasan Coldplay Pensiun Setelah 12 Album!

Simak pembahasannya di bawah, Kawula Muda!

Chris Martin buka-bukaan tentang perjalanannya membuat lagu 'Moon Music'. (Reprodução)
Thu, 03 Oct 2024

Vokalis Coldplay, Chris Martin buka-bukaan tentang perjalanan emosionalnya bersama album 'Moon Music', Kawula Muda.

Album ke-10 ini bukan cuma sekadar proyek musik, tapi jadi pelampiasan pribadi yang membantu dia melewati masa-masa kelam. 

Chris juga berbicara soal kesadaran diri, gimana dia tetap rendah hati dan tahu posisinya di industri, plus kemungkinan besar kalau ini bakal jadi akhir dari Coldplay yang kita kenal selama ini.

"Jujur aja, saya malah makin nggak jago jelasin lagu-lagu saya dari tahun ke tahun. Mending biarin lagu-lagunya ngomong sendiri," ungkap Chris Martin saat wawancara bersama NME, pada 1 Oktober 2024.

Dengan 'Moon Music', Chris kayak nemuin jalannya sendiri buat tetap bertahan di dunia yang kadang terasa berat.

"Sejak 2008, kalau ada ide lagu yang terasa otentik, langsung kita jalanin aja," lanjut Chris.

Setelah Brian Eno membantu Coldplay menggarap album 'Viva la Vida', band ini didorong buat tetap tulus dan berpikiran terbuka. 

Dengan 'Moon Music', Chris kayak nemuin jalannya sendiri buat tetap bertahan di dunia yang kadang terasa berat (Meredith Cho)

Prinsip itu yang akhirnya melahirkan 'Moon Music', album yang dibuat buat nyari kebahagiaan dan dipenuhi cinta, mungkin ini album Coldplay yang paling "Coldplay".

Terakhir kali Chris Martin ngobrol sama NME pada 2023, dia bilang kalau Coldplay bakal rilis album terakhir mereka di tahun 2025, dan band ini bakal berhenti setelah 12 album. 

Nah, sekarang setahun sudah berlalu, dan ternyata rencananya masih tetap sama, Kawula Muda!

"Ya, 12 album sudah pasti, tapi kita bakal ngerjainnya dengan lebih santai. Album ke-11 sebenernya musikal, tapi mungkin baru rilis setelah album ke-12 karena butuh waktu lebih lama buat selesaiin."

"Single terakhir kita ada di album ini, judulnya 'All My Love'. Itu bakal jadi single beneran yang terakhir. Lalu nanti ada album 'Coldplay' yang bakal jadi album terakhir kita. Kayaknya rilisnya bakal mundur setahun dari jadwal." tambahnya.

Chris juga bilang kalau sekarang bukan soal pencapaian lagi, tapi lebih ke "apa yang harus kita lakukan". Dia janji, begitu semuanya selesai dan album ke-12 rilis, "semua bakal masuk akal."

Jadi, gimana sih kehidupan Coldplay dan Chris Martin setelah album terakhir mereka?

"Kita bakal tetap tur dan bikin proyek-proyek seru," ucap Chris. 

"Kita mungkin sampai di titik di mana lebih seru nggak rilis musik baru, tapi fokus menikmati karya lama dan bikin acara khusus untuk ngerayain momen itu. Nggak harus manggung di stadion, bisa juga bikin acara kecil dengan lagu-lagu unik. Ini bakal jadi pengalaman luar biasa, apalagi kalau bisa bantu artis muda menunjukkan bakat mereka." lanjutnya.

Setelah selesai dengan 'Moon Music', Chris merasa sangat bersyukur kepada semua orang yang terlibat dalam proses album ini dan untuk semua lagu yang udah mereka ciptakan. 

"Saya merasa beruntung bisa berkolaborasi dengan orang-orang yang berbagi visi dan semangat yang sama," tutupnya

Nah, gitu deh, Kawula Muda, rencana besar Coldplay ke depan. 

Chris sangat menantikan untuk menghabiskan tahun-tahun terakhirnya dari "kursi belakang", merayakan perjalanan karier yang udah luar biasa ini dan menciptakan momen baru tanpa tekanan untuk selalu merilis musik baru.

Coldplay sendiri bakal merilis 'Moon Music' pada tanggal 4 Oktober lewat Parlophone, dan mereka siap untuk mulai tur pada musim panas 2025. 

Jadi, siap-siap deh buat menikmati musik baru mereka dan siap menyaksikan apa yang bakal terjadi selanjutnya!

Berita Lainnya