15 Lagu Taylor Swift Tentang Mantan: Jake Gyllenhaal, Harry Styles, hingga Taylor Lautner!

Mana yang paling lo suka, Kawula Muda?

Musisi Taylor Swift kerap menulis lagu untuk mantan-mantannya (INSTAGRAM/TAYLOR SWIFT)
Mon, 10 Apr 2023

Taylor Swift, seorang penyanyi sekaligus penulis lagu populer, telah lama dikenal karena lagu-lagunya yang terinspirasi oleh pengalaman pribadi. Hal ini pun termasuk hubungan percintaan masa lalunya yang telah kandas. 

Sejak debutnya pada tahun 2006, Taylor telah menulis banyak lagu tentang mantan pacarnya, termasuk beberapa yang sangat terkenal. Berikut adalah daftar lagu Taylor Swift tentang mantan-mantannya, Kawula Muda!

“Picture To Burn”


Merupakan salah satu bagian dari album debut Taylor, Taylor Swift, lagu ini menceritakan tentang putus cinta di masa sekolah. Sosok mantan di lagu ini adalah Jordan Alford, pacar Taylor di masa sekolah yang malah berselingkuh dengan teman Taylor sendiri. 

“Our Song”


Merupakan lagu di awal kariernya sebagai musisi, Taylor menulis lagu ini untuk mantan pacar di masa sekolahnya juga. Kali ini, adalah sosok mantan Brandon Bordello yang menjadi inspirasi dari “Our Song”, Kawula Muda! 

"Forever & Always"


Lagu ini dirilis pada tahun 2008 dan merupakan lagu yang sangat emosional tentang putus cinta. “Forever & Always” pun menceritakan tentang hubungan yang gugur akibat sang mantan pacar (laki-laki) belum dewasa. Lagu ini diperkirakan merujuk pada kandasnya hubungan Taylor dengan Joe Jonas, seorang anggota dari Jonas Brothers.

“Better Than Revenge”


Sama seperti “Forever and Always”, “Better Than Revenge” menceritakan tentang hubungan sang musisi dengan Joe Jonas. Adapun kali ini, Taylor turut menceritakan tentang aktris Camilla Belle, sosok yang hadir pada kisah cintanya dengan Joe. 

“Last Kiss”


Masih sama seperti dua lagu sebelumnya, lagu ini juga dipersembahkan oleh Taylor untuk Joe Jonas. Sang musisi pun telah mengonfirmasi hal ini loh, Kawula Muda! Adapun lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mengira hubungannya tidak akan pernah berakhir. 

“Mine”


Merupakan salah satu lagu dari album Speak Now, lagu ini pun menceritakan tentang kisah dengan sang mantan, aktor Cory Monteith, yang seolah masih belum dikenal olehnya. Adapun dikabarkan keduanya hanya berpacaran selama satu bulan, Kawula Muda! 

"Back to December"

Lagu ini dirilis pada tahun 2010 dan merupakan lagu balada tentang penyesalan dan kesempatan kedua. Lagu ini terinspirasi dari hubungan Swift dengan Taylor Lautner, aktor yang terkenal dengan perannya di Twilight.

"Dear John"


Lagu ini dirilis pada tahun 2010 dan terinspirasi dari hubungan Swift dengan John Mayer, seorang penyanyi-penulis lagu terkenal. Lagu ini menggambarkan bagaimana Swift merasakan perbedaan usia dengan sang mantan pacar yang satu ini.

“Begin Again”


Salah satu mantan Taylor Swift dengan profil besar adalah Conor Kennedy, putra dari Robert F. Kennedy. Mereka pun sempat dirumorkan berkencan selama beberapa bulan (belum dikonfirmasi hingga saat ini) walau Taylor lebih tua empat tahun dari Conor. Dari lagu ini, Taylor menceritakan menjalankan hubungan yang buruk dan perlu ‘membersihkan diri’. 

“Gateway Car”


Taylor Swift rupanya sempat menjalin hubungan singkat dengan Tom Hiddleston pada 2016 lalu. Lagu ini pun menceritakan tentang hubungan singkat itu, tepatnya saat Taylor mencoba bangkit setelah putus dengan Calvin Harris dan malah menjadikan Tom sebagai ‘pelampiasan sementara’. 

"I Knew You Were Trouble"


Lagu ini dirilis pada tahun 2012 dan terinspirasi dari hubungan Swift dengan Harry Styles, anggota dari boy band One Direction. Bahkan, pada saat membawakan lagu ini di Grammy, Taylor menyatakan bahwa “tidaklah sulit untuk mengakses emosi tersebut (marah) ketika orang yang diceritakan di lagu ini berdiri di sisi panggung”, tepat ke arah Harry Styles.

“Style”


Sama seperti sebelumnya, lagu yang masuk pada album 1989 ini juga ditujukan untuk Harry Styles. Adapun “Style” menceritakan tentang hubungan Taylor dengan pria yang memiliki ‘rambut disisir ke belakang’.

"We Are Never Ever Getting Back Together”


Lagu ini masuk ke dalam album Red ini merupakan salah satu hit besar Taylor. Lagu ini pun jelas terinspirasi dari mantan pacar Swift yang terus-menerus bermain-main dengan perasaannya, Jake Gyllenhaal. Asumsi tersebut juga semakin kuat karena adanya salah satu syal yang digunakan Taylor saat berkencan dengan Jake.

"All Too Well"


“All Too Well” merupakan lagu dari album studio keempat Taylor Swift, Red. Lagu ini menceritakan tentang pengalaman Taylor Swift bersama mantannya yang bernama Jake Gyllenhaal dan mengandung detail-detail yang sangat spesifik. Misalnya saja lirik tentang ‘syal’, perbedaan umur, hingga ‘saudara Jake’. Ia bahkan menyebut Jake yang seolah berpacaran secara sembunyi-sembunyi dengan Taylor. 

“I Almost Do”


Masih tentang Gyllenhaal, lagu yang satu ini menceritakan tentang ‘godaan untuk berbaikan dengan mantan walau kamu tahu itu adalah hal yang buruk’. Hal ini pun menegaskan bahwa Taylor memang merasa tidak cocok dengan sang aktor tersebut, Kawula Muda!

Itu dia beberapa lagu Taylor Swift yang menceritakan tentang mantan-mantannya. Walau tidak secara langsung menyebutkan nama mantannya, banyak penggemar yang berhasil menebak siapa mantan yang dimaksud berdasarkan petunjuk dalam lagu tersebut. Keren banget ya bakat intelnya Swifties! 

Setelah memasuki fase patah hati, sebenarnya Taylor telah menjalani fase berbunga-bunga dengan Joe Alwyn. Ia pun menulis beberapa lagu cinta tentangnya seperti “Delicate” (Reputation), “Lover” (Lover), “Cornelia Street” (Lover), “Invisible String” (Folklore), serta “Mastermind” (Midnights). 

Sayangnya, kini muncul rumor bahwa hubungan yang sudah terjalin selama enam tahun tersebut kandas. Namun, belum ada konfirmasi lebih lanjut dari kedua pihak kekasih tersebut, Kawula Muda! 

Berita Lainnya