Wacana Anggaran Program Makan Siang Gratis Jadi Rp7.500 per Porsi, Bisa Buat Apa Saja?

Kalo di tempat lo Rp7.500 bisa dapet apa aja, Kawula Muda?

Ilustrasi wacana anggaran program makan siang gratis jadi Rp7.500 per porsi (Prambors/Adrian Pratama)
Tue, 23 Jul 2024

Beredar kabar anggaran program makan siang gratis untuk anak sekolah yang sebelumnya sebesar Rp15.000 dipangkas menjadi Rp7.500 per anak, Kawula Muda.

Kabar pemotongan anggaran tersebut mulanya disampaikan ekonom Verdhana Sekuritas, Heriyanto Irawan. Heriyanto mengklaim diajak berdiskusi dengan tim Prabowo mengenai makan bergizi gratis dan diizinkan membagikan hasil diskusinya itu ke publik.

"Mungkin 2-3 minggu lalu ada press conference di mana Bu Sri Mulyani dan Mas Tommy (Thomas Djiwandono) juga mengatakan tentang program makan siang itu biaya berapa. Yang mau saya sharing itu, angka itu memang dibahas dengan Pak Prabowo yang dikomunikasikan ke saya," ujar Heriyanto dalam forum Market Outlook 2024 disiarkan di YouTube, Rabu (17/7/2024).

Sementara itu, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming mengonfirmasi bahwa anggaran untuk program makan siang gratis masih berkisar Rp15.000 per porsi.

"Kata siapa, tunggu kepastiannya dulu," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, dilansir dari ANTARA, Jumat (19/7/2024).

Kendati demikian, kita boleh berandai-andai dulu, what if anggaran program makan siang gratis benar jadi Rp7.500 per porsi. Bisa dapat apa saja dengan nominal segitu?

Berikut coba Prambors rangkum apa saja yang bisa didapatkan dengan uang Rp7.500:

Kol Goreng Ayam Gepuk Pak Gembus

Kol Goreng Ayam Gepuk Pak Gembus (Shoppee/Ayam Gepuk Pak Gembus)

Buat Kawula Muda yang suka pesen Ayam Pak Gembus buat makan di kantor atau buat makan malam, pasti udah gak asing sama menu-menu di sana ya.

Ayam Gepuk Pak Gembus menjual berbagai macam makanan dengan ayam. Harga paket makanan di Ayam Gepuk Pak Gembus dijual dari mulai harga Rp32.000 sampai Rp50.000.

Jika anggaran makan siang gratis ditetapkan senilai Rp7.500 per porsi, tentu saja gak bisa dapat paket yang tersedia di Ayam Gepuk Pak Gembus.

Dengan nominal seperti itu, Kawula Muda cuma bisa dapat Kol Goreng, Sate Kulit, Sate Usus, Tahu, yang masing-masing dipatok dari Rp5.000 hingga Rp7.000.

Dua Mie Instan

Tangkapan layar harga Mie Instan di Tokopedia

Buat lo yang merasa gak kenyang kalau hanya mengkonsumsi Kol Goreng dengan budget Rp7.500, lo bisa coba alternatif lain, yakni Mie Instan, Kawula Muda.

Harga Mie Instan sendiri cukup beragam, Kawula Muda, dari pantauan Prambors, harga Mie Instan dijual mulai dari Rp2.890 - Rp4.200.

Jika harga Mie Instan diasumsikan memiliki harga Rp3.000, maka dengan budget Rp7.500 lo cuma bisa dapat dua Mie Instan, Kawula Muda. Tapi tenang, lo masih punya kembalian Rp500 yang bisa lo alokasikan buat nabung.

Empat Sampai Lima Porsi Nasi Tanpa Lauk

Ilustrasi nasi (Istockphoto/nortongo)

Katanya, orang Indonesia kalo belum makan nasi artinya belum makan, Kawula Muda.

Nah, buat lo yang gak mau makan Kol Goreng atau Mie Instan, lo masih bisa makan nasi dengan budget Rp7.500.

Dengan asumsi harga beras satu kilo paling murah senilai Rp10.832, jika budget yang dipunya hanya Rp7.500, maka beras yang bisa didapatkan cuma 692 gram.

Nah, jika satu porsi nasi membutuhkan 100-150 gram, maka dengan beras 692 gram, lo bisa dapat empat sampai lima porsi nasi, Kawula Muda.

Tentunya itu belum sama lauk ya.

Nasi Kangkung dan Nasi Perkedel

Nasi Kangkung (Istimewa)

Budget Rp7.500 masih bisa dipakai buat makan di warteg loh, Kawula Muda.

Menurut pantauan Prambors, di warteg sekitar Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan. Jika lo membeli makanan di warteg dengan budget Rp7.500 lo bisa dapet dua pilihan makanan di warteg.

Pertama, Nasi dan Kangkung. Nasi satu porsi di warteg dijual seharga Rp5.000, sedangkan satu porsi kangkung seharga Rp2.500.

Lalu, yang kedua, lo bisa dapat Nasi dan Perkedel dengan budget Rp7.500. Sama seperti Nasi Kangkung, Nasi Perkedel memiliki rincian harga, Nasi Rp5.000 dan Perkedel Rp2.500.

Naik KRL dari Cikarang ke Citayam

Ilustrasi KRL (SHUTTERSTOCK/SNAPSTORIA)

What if wacana anggaran makan siang gratis Rp7.500 bisa dicairkan dalam bentuk uang, dan bisa digunakan untuk hal lain selain makanan.

Tentunya lo bisa gunakan uang tersebut untuk banyak hal, Kawula Muda.

Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan uang Rp7.500 itu adalah dengan melakukan perjalanan menggunakan KRL dari Cikarang ke Citayam, Kawula Muda.

Menurut commuterline.id, ongkos KRL dari Cikarang ke Citayam sebesar Rp7.000.

Tentunya ini cuma berandai-andai ya, Kawula Muda. Pemerintah pastinya akan menyiapkan dengan matang program makan siang gratis ini.

Pemerintah sendiri cukup serius dengan program makan siang gratis ini, terlebih program tersebut telah dimasukkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2025.

Berita Lainnya