Ubud Writers & Readers Festival 2024 Hadirkan Lebih Dari 200 Program!

Salah satu festival terbesar di Indonesia kembali hadir, Kawula Muda!

Ubud Writers & Readers Festival 2024
Thu, 10 Oct 2024

Ubud Writers & Readers Festival (UWRF), festival yang sangat dinantikan para pecinta sastra, akan kembali pada 23-27 Oktober 2024.

Ubud Writers & Readers Festival akan menghadirkan deretan figur nasional dan internasional untuk membahas tantangan-tantangan besar yang kita hadapi saat ini sambil mengeksplorasi tema, ‘Satyam Vada Dharmam Chara: Speak the Truth, Practice Kindness.’

Dengan kurang dari satu bulan tersisa, antusiasme terus meningkat bagi festival yang menjanjikan pengalaman transformatif bagi peserta ini, memperkuat reputasinya sebagai salah satu perhelatan sastra terkemuka di Asia Tenggara.

Para penulis pemenang penghargaan, jurnalis terkemuka, dan komentator politik akan berpartisipasi di lebih dari 200 program yang beragam untuk mendorong dialog, menginspirasi perubahan, dan memperkuat komunitas sastra, baik di tingkat lokal maupun global.

“Salah satu hal yg membuat UWRF lebih istimewa dibanding festival sastra lainnya adalah karena UWRF konsisten menghadirkan penulis kelas dunia. Misalnya saja, tahun ini ada Maria Ressa, jurnalis asal Filipina pemenang Nobel Peace Prize. Ada juga Amitav Ghosh penulis asal India yg baru saya dianugerahi Erasmus Prize 2024. Banyak penulis dunia dan penulis Indonesia yang akan hadir, dan dari merekalah kita akan berjejaring serta belajar melalui sesi di UWRF bulan Oktober ini”, ujar Ratih Kumala, novelis dan penulis buku ‘Gadis Kretek’ yang baru-baru ini diadaptasi oleh Netflix, dalam konferensi pers yang diselenggarakan di The Dharmawangsa Jakarta.

Penulis ternama Indonesia yang akan hadir termasuk Dee Lestari yang akan meluncurkan karya terbarunya yang sangat personal, Tanpa Rencana.

UWRF juga akan memberikan penghormatan 100 Tahun Pramoedya Ananta Toer dalam sebuah panel khusus yang menghadirkan adiknya yang juga seorang penulis, Soesilo Toer.

Tak kalah menarik, adaptasi Don Quixote karya Miguel de Cervantes oleh Goenawan Mohamad akan merayakan pemutaran perdana dunianya di festival ini, menghadirkan perspektif baru tentang novel klasik ini dengan memadukan wayang golek Indonesia dengan elemen artistik modern.

Dari deretan pembicara internasional, Atef Abu Saif, Mantan Menteri Kebudayaan Otoritas Palestina, akan turut hadir dan menawarkan perspektif yang langka dan jujur dari Gaza.

Aktivis dan pengacara hak asasi manusia Sara M. Saleh juga akan mengeksplorasi tantangan yang dihadapi perempuan di zona konflik, sementara penulis disiden dari Myanmar, Ma Thida, akan membahas perjuangan negaranya dan hubungan kompleks antara perbatasan, migrasi, dan hak asasi manusia.

“Setelah perayaan 20 tahun UWRF tahun lalu, kami ingin melanjutkan kesuksesan dengan menghadirkan program-program yang lebih ekletik lagi sambil menawarkan visi yang berani untuk masa depan kita,” kata Janet DeNeefe, Pendiri & Direktur UWRF.

“Kami juga bangga dapat menyorot penulis, seniman, pemikir, dan penampil dari Indonesia, dengan harapan bahwa suatu hari dunia juga akan mengakui bakat mereka seperti yang kami lakukan,” lanjutnya.

Novelis dan aktivis Indonesia Ayu Utami juga akan tampil di UWRF, bersama dengan penulis asal Korea Selatan dan Nomine Booker Prize 2022 Bora Chung, aktivis Papua Barat Esther Haluk, serta pakar geopolitik asal Inggris Ben Bland.

Dalam konferensi pers UWRF, ia menekankan relevansi dan dampak UWRF, terutama dalam lanskap sosial, politik, dan budaya Indonesia yang terus berkembang.

Ade Mulyono, seorang penulis muda dari Jawa Tengah, turut membagikan perspektifnya sebagai salah satu dari sepuluh penulis yang terpilih untuk Program Emerging Writers UWRF, menyoroti dampak program tersebut terhadap karier menulisnya.

Diadakan sejak tahun 2008, program ini telah menjadi tonggak dalam menemukan bakat sastra muda Indonesia dan memperkenalkan mereka ke kancah sastra regional dan internasional.

Selama beberapa minggu terakhir, para penulis terpilih telah mengikuti bimbingan dan lokakarya. Puncaknya, karya-karya mereka akan diterbitkan dalam antologi dwibahasa dan diterbitkan di UWRF bulan Oktober ini.

Di antara pembicara pada konferensi pers juga ada Agustinus Wibowo yang akan membahas karya terbarunya, Kita dan Mereka, serta memimpin masterclass eksklusif saat festival.

“UWRF bukan hanya pertemuan kaum intelektual, tetapi juga merupakan persinggungan spiritual. Jadi antara perjalanan fisik dan perjalanan ke dalam diri. Ini yang rasa rasa festival yang sangat lengkap, dan merupakan cara untuk penulis Indonesia menyampaikan suaranya ke kancah global,” ucap Agustinus Wibowo.

Penjualan tiket reguler untuk 4-Day Festival Pass dan 1-Day Festival Pass sekarang tersedia di ubudwritersfestival.com/ticket.

Berita Lainnya