Studi: Minum Kopi Sambil Dengar Musik Bisa Tingkatkan Kinerja Otak

Kawula Muda ada yang gini juga enggak?

Studi ungkap minum kopi sambil mendengarkan musik bisa bikin oirang cerdas (ISTOCK)
Fri, 25 Aug 2023

Banyak hal yang dilakukan oleh setiap orang sambil menyantap minum kopi, mulai dari belajar, mengerjakan tugas, atau hanya mengobrol dengan orang lain.

Tak hanya itu, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa minum kopi sambil dengar musik ternyata bisa membuat otak semakin cerdas, loh Kawula Muda.

Menurut penelitian yang dikutip dari Neuro Science News, mendengarkan musik dan minum kopi adalah jenis kesenangan sehari-hari yang dapat memengaruhi aktivitas otak seseorang sehingga meningkatkan kinerja kognitif dari otak.

Studi ungkap minum kopi sambil mendengarkan musik bisa bikin oirang cerdas (ISTOCK)

 

Penelitian tersebut didapat dari NYU Tandon School of Engineering yang melibatkan Mindwatch, sebuah teknologi pemantauan otak yang inovatif.

Dikembangkan selama enam tahun terakhir oleh Rose Faghih, Associate Professor Teknik Biomedis NYU Tandon, Mindwatch adalah algoritme yang menganalisis aktivitas otak seseorang dari data yang dikumpulkan melalui perangkat apa pun untuk memantau aktivitas electrodermal (EDA).

Algoritma Mindwatch mengungkapkan, bahwa musik dan kopi secara terukur mengubah gairah otak subjek, yang pada dasarnya menempatkan mereka dalam “kondisi pikiran” fisiologis dan memodulasi kinerja mereka dalam tugas-tugas memori yang dilakukan.

Mindwatch menunjukkan adanya pemicu peningkatan aktivitas gelombang beta otak yang efeknya juga diciptakan oleh stimulan parfum, tetapi masih perlu studi lebih lanjut.

Musik energik yang familiar bisa menghasilkan kinerja kognitif yang lebih besar daripada musik santai. Eksperimen meminum kopi memang menghasilkan kinerja kognitif yang signifikan, tetapi masih kurang signifikan bila dibandingkan dengan minum kopi dengan mendengar musik.

Eksperimen yang sedang berlangsung oleh tim Mindwitch ini juga akan mengkonfirmasi kemanjuran kemampuan teknologi untuk memantau aktivitas otak secara konsisten, dan keberhasilan berbagai intervensi dalam penelitian.

Berita Lainnya