Profil Reza Rahadian, Aktor yang Turun ke Jalan dan Melakukan Orasi di Depan Gedung DPR RI

Udah pada kenal dong, harusnya?

Profil Reza Rahadian saat melakukan orasi menuntut pembatalan RUU Pilkada di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta (Prambors/Ipan Fanani)
Sat, 24 Aug 2024

Baru-baru ini, aktor kenamaan, Reza Rahadian jadi sorotan di sosial media, Kawula Muda.

Nama Reza Rahadian dielu-elukan bukan karena aksinya dalam membintangi film, melainkan karena dirinya hadir dalam aksi demonstrasi menuntut pembatalan RUU Pilkada di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2024). Reza Rahadian gak hanya hadir dalam aksi tersebut, ia juga turut melakukan orasi.

"Selama ini saya selalu menjadikan dunia seni sebagai wilayah untuk menyampaikan keresahan hati dan kritik sosial. Namun, hari ini saya sudah tidak bisa lagi berhenti diam. Saya tidak bisa tidur tenang di rumah. Hari ini kita mendapatkan kenyataan bahwa itu coba dianulir oleh sebuah lembaga yang katanya adalah wakil-wakil kita semua. Lantas, anda-anda di dalam ini (Gedung DPR RI) wakil siapa? Saya hadir hari ini sebagai rakyat biasa bersama teman-teman dan mewakili suara orang-orang yang gelisah melihat demokrasi kita seperti ini. Negara ini bukan negara milik keluarga tertentu." ucap Reza Rahadian yang berapi-api saat orasi di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Lantas siapa Reza Rahadian? Berikut profil aktor Reza Rahadian

Profil Reza Rahadian (Instagram/gwirjawan)

Reza Rahadian yang lahir di Bogor merupakan aktor berzodiak Pisces karena lahir pada tanggal 5 Maret 1987.

Reza Rahadian tumbuh sebagai anak yatim setelah ayahnya meninggal dunia. Sejak usia 10 tahun, Reza mulai membantu ibunya dengan berkeliling kompleks untuk menawarkan jasa pemotongan rumput. Berbekal sepeda, ia berusaha keras dan mendapatkan upah sekitar Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu untuk setiap pekerjaannya.

Dengan kerja keras dan cita-cita yang tinggi, Reza memulai kariernya di Jakarta sebagai model. Di usia 17 tahun, ia sudah meraih penghargaan sebagai Favorite Top Guest dari majalah remaja Aneka Yess.

Tentu saja, penghargaan itu telah membawanya ke jalur karier yang lebih gemilang. Berbagai tawaran peran pun mulai berdatangan. Setahun berikutnya, Reza diundang untuk berakting dalam sinetron "Culunnya Pacarku" yang ditayangkan pada tahun 2005.

Reza tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Ia mengerahkan seluruh kemampuan aktingnya, yang mengantarkannya untuk kembali dipercaya oleh Rapi Films bermain dalam sinetron "Inikah Rasanya", "Mutiara Hati", "Cinta SMU 2", "ABG", dan "Aku Hamil".

Reza menjadi terkenal saat ia memerankan Samsuddin dalam film "Wanita Berkalung Sorban". Untuk pertama kalinya, ia meraih pengakuan di industri film dan terpilih sebagai Pemenang Pemeran Pendukung Pria Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 2009.

Di tahun 2012, Reza kembali berakting dalam film layar lebar termasuk "Perahu Kertas" baik sekuel pertama maupun kedua yang diadaptasi dari novel karya Dee Lestari, serta film "Habibie & Ainun" yang berdasarkan novel yang ditulis oleh Presiden RI ke-3, B.J. Habibie.

Dalam film "Habibie & Ainun," Reza Rahadian mendapat kepercayaan untuk memerankan B.J. Habibie. Berkat perannya ini, ia berhasil meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di Festival Film Indonesia tahun 2013.

Kesuksesan terus mengikuti anak dari Rahim dan Pratiwi Widantini Matulessy di tahun-tahun berikutnya. Tawaran untuk bermain film terus berdatangan tanpa henti.

Reza Rahadian juga beberapa kali beradu akting dengan Bunga Citra Lestari dalam film komedi "My Stupid Boss," "Rudy Habibie," dan "3 Srikandi" yang dirilis pada tahun 2016. Dalam peran-peran tersebut, Reza menunjukkan kemampuan akting yang memukau sehingga namanya melambung sebagai salah satu artis terkemuka.

Berita Lainnya