Pengisi Suara SpongeBob SquarePants, Tom Kenny, Konfirmasi Bahwa SpongeBob Mengidap Autisme

Tetep ga ngilangin kelucuan dari SpongeBob sendiri ya, Kawula Muda

Tom Kenny dan SpongeBob (Wireimage/Jamie Mccarthy)
Fri, 26 Jul 2024

Tom Kenny, pengisi suara SpongeBob SquarePants, menyatakan bahwa karakter animasi tersebut memiliki spektrum autisme.

Kenny, yang telah mengisi suara karakter utama dalam serial animasi ini sejak debutnya pada tahun 1999 dan telah memenangkan dua Daytime Emmy Awards untuk karyanya, baru-baru ini mengonfirmasi bahwa karakternya memiliki autisme.

"SpongeBob juga termasuk dalam spektrum ini sebagai karakter," ujarnya dalam sesi tanya jawab di Motor City Comic Con di Detroit bulan Mei.

Selama sesi panel, Kenny mengingat pertanyaan yang diajukan kepadanya: "Seseorang yang tampaknya berada dalam spektrum itu mendekati saya dan bertanya, 'Saya ingin tahu, Tom Kenny, apakah SpongeBob autis?'"

Serial kartun SpongeBob SquarePants (IMDB)

Kenny telah berbicara tentang neurodiversitas SpongeBob di podcast "WTF" pada tahun 2012, menggambarkan karakter tersebut sebagai "sedikit autistik". Dia sangat terobsesi dengan pekerjaannya, pekerja keras, dan mendalami sesuatu dengan sangat dalam.

Para penggemar menunjukkan bahwa tingkah konyol SpongeBob, gak pekanya terhadap sarkasme, serta gak mampunya ia membaca isyarat sosial merupakan ciri khas dari suatu kondisi perkembangan saraf.

Kemungkinan besar, Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob yang meninggal pada tahun 2018, tidak sengaja menciptakan SpongeBob sebagai karakter yang memiliki autisme, menurut Kenny dalam wawancara dengan Bleeding Cool pada tahun 2017.

"Namun, ketika Anda memperkenalkan [karya kreatif] ke dunia, karya itu sering kali dilihat dengan cara yang berbeda," ujar Kenny.

"dan autisme sering kali menjadi topik yang muncul, sehingga saya berharap ada orang yang akan menulis makalah atau risalah mengenai hal tersebut," imbuhnya.

Berita Lainnya