Musim Hujan Semakin Dekat, Yuk Persiapkan Diri Kita dengan Tips Penting Ini!

semoga bermanfaat tipsnya ya Kawula Muda!

Ilustrasi musim hujan. (Unsplash/Aditya Naka)
Sun, 15 Sep 2024

Kawula Muda, setelah kita melewati musim kemarau panjang yang mengeringkan lahan dan membuat persediaan air menipis, kedatangan musim hujan menjadi penantian yang dinantikan banyak orang.

BMKG memprediksikan hujan untuk 3 bulan ke depan yaitu periode Oktober hingga Desember 2024.

Menurut BMKG, pada bulan Oktober 2024, sejumlah 6,12 % wilayah Indonesia diperkirakan mengalami curah hujan kategori rendah (0-100 mm/bulan), 64,09% diperkirakan mengalami kategori menengah (100–300mm/bulan) dan 29,79 % diperkirakan mengalami curah hujan kategori tinggi hingga sangat tinggi (>300 mm/bulan). 

Pada bulan November 2024, sejumlah 0,19 % wilayah Indonesia diperkirakan mengalami curah hujan dikategori rendah, sekitar 51,51 % wilayah Indonesia diperkirakan mengalami hujan berkategori menengah dan 48,30 % wilayah Indonesia diperkirakan mengalami kategori tinggi hingga sangat tinggi.

Sedangkan pada bulan Desember 2024, sejumlah 0,29 % wilayah Indonesia diprakirakan mengalami curah hujan berkategori rendah, 52,67% diperkirakan mengalami curah hujan berkategori menengah dan 47,05% diperkirakan wilayah Indonesia mengalami kategori tinggi hingga sangat tinggi. 

Namun, perlu diingat bahwa meskipun musim hujan membawa kesejukan, ia juga dapat meningkatkan risiko bencana alam dan juga penyebaran penyakit.

Berikut merupakan tips yang dapat kita lakukan untuk mempersiapkan diri sebelum menyambut musim hujan:

1. Periksa Perkiraan Cuaca

Ilustrasi perkiraan cuaca. (iStock/grinvalds)

Saat memasuki musim hujan, pastikan sering ngecek perkiraan cuaca biar lo lebih prepare kalo mau keluar rumah ya, Kawula Muda?

Memantau ramalan cuaca merupakan langkah awal yang sangat penting saat memasuki musim hujan. Dengan mengetahui kondisi cuaca setiap hari, kamu bisa menyiapkan perlengkapan yang diperlukan, seperti payung atau jas hujan. 

Ini memungkinkan lo untuk menunda perjalanan jika diperlukan atau mempersiapkan perlengkapan yang tepat agar perjalanan berlangsung lebih aman dan nyaman.

2. Membawa Perlengkapan Pelindung dari Hujan

Ilustrasi payung salah satu perlengkapan persiapan hujan. (Unsplash)

Seperti kata pepatah "sedia payung sebelum hujan," bawa payung sebagai persiapan menghadapi musim hujan sangat lah penting, Kawula Muda.

Gak cuma payung, jas hujan, sepatu tahan air, sandal jepit, dan kantong plastik bisa lo siapkan dalam menghadapi musim hujan yang sebentar lagi tiba ini.

Tanpa perlindungan yang memadai, Kawula Muda mungkin akan sulit untuk menemukan tempat berteduh yang benar-benar kering, yang dapat mengganggu perjalanan dan menyebabkan keterlambatan atau masalah tak terduga lainnya.

Selanjutnya, menyiapkan Pakaian Hangat Selama musim hujan, suhu udara cenderung lebih rendah, sehingga memakai pakaian tebal dan hangat, seperti jaket atau sweater, akan membantu menjaga tubuh agar tetap hangat.

Pilihlah pakaian yang sederhana dan nyaman, dan hindari bahan yang rumit atau berumbai karena dapat dengan mudah terkena cipratan air.

Selain itu, perhatikan kembali warna pakaian, sebaiknya hindari warna putih atau warna cerah lainnya yang mudah kotor dan sulit dibersihkan.

Juga, siapkan pakaian ganti sebagai antisipasi. Jika kamu menggunakan sepatu, kenakan terlebih dahulu atau pakailah penutup sepatu tahan air saat berada di luar.

3. Menjaga Kekebalan Imunitas Tubuh

Ilustrasi vitamin. (Unsplash)

Awal musim hujan sering kali menyebabkan penyakit seperti flu, diare, leptospirosis, hingga penyakit kulit dan demam berdarah.

Melakukan olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan imun tubuh kita loh, Kawula Muda!

Selain itu, konsumsi makanan bergizi yang kaya vitamin C, D, dan zinc, seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan suplemen, akan memperkuat daya tahan tubuh.

4. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Ilustrasi menjaga kebersihan lingkungan. (Getty Images/South_agency)

Menjaga kebersihan lingkungan sangat lah penting, terlebih di musim hujan bisa sangat mudah menularkan penyakit.

Menjaga kebersihan lingkungan di musikm hujan bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menutup tempat penampungan air untuk mencegahnya menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Bisa juga melakukan kerja bakti untuk membersihkan selokan agar tidak terjadi banjir.

Dengan melakukan berbagai persiapan tersebut, lo bisa lebih siap menghadapi musim hujan dan tetap dapat menjalani aktivitas dengan baik. 

5. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Ilustrasi minum air putih. (Unsplash)

Meskipun udara lebih sejuk, tetap jaga hidrasi dengan minum air yang cukup ya, Kawula Muda.

Minum air putih yang cukup bisa bikin tubuh lo lebih fit dan tentu saja kebutuhan tubuh lo atas air putig tetap terpenuhi.

Berita Lainnya