Milenial Bakal Jadi Generasi Paling Kaya, Bagaimana Cara Menjadi Kaya?

Kawula Muda, lo juga bisa jadi kaya, tapi…

Ilustrasi milenial jadi generasi paling kaya (Unsplash)
Thu, 14 Mar 2024

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa generasi millenial akan menjadi generasi paling kaya sepanjang sejarah, Kawula Muda

Hal itu diungkapkan dalam laporan yang disusun konsultan real estat global, Knight Frank.

Laporan Knight Frank menemukan bahwa, selama 20 tahun ke depan, generasi baby boomer, atau mereka yang lahir antara tahun 1946 dan 1964 akan menyerahkan kendali kekayaan kepada mereka yang lahir antara tahun 1981 hingga 1996 atau generasi milenial.

"(Perpindah tersebut) menjadikan generasi milenial kaya sebagai generasi terkaya dalam sejarah,” ungkap konsultan tersebut.

Hal tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan bagi generasi selain milenial, atau milenial yang mungkin tidak mendapat peralihan aset seperti generasi milenail lainnya.

Kawula Muda, berikut tips menjadi kaya yang Prambors rangkum:

Mengharapkan Warisan Orang Tua

Ilustrasi tips menjadi kaya dengan mengaharapkan warisan orang tua (Freepik)

Faktor yang menjadikan milenial sebagai generasi paling kaya di masa yang akan datang adalah perpindahan aset antar generasi, yang mana orang tua generasi milenial yakni generasi baby boomer mewarisi asetnya.

Mengacu laporan dari Knight Frank, di Amerika Serikat peralihan ini akan menyebabkan perpindahan aset senilai USD 90 triliun antar generasi.

Oleh karenanya, salah satu tips mudah menjadi kaya adalah dengan mengharapkan warisan orang tua.

Cara tersebut tentu saja hanya berlaku bagi yang memiliki orang tua yang kaya, ya Kawula Muda.

Mengharapkan Warisan Dari Mertua yang Tajir

Ilustrasi tips menjadi kaya dengan mengaharapkan warisan mertua yang tajir (Unsplash)

Tips yang satu ini hampir mirip dengan tips sebelumnya, Kawula Muda, hanya saja tips ini bisa memungkinkan bagi orang yang tidak memiliki orang tua yang kaya.

Mempunyai mertua tajir, apalagi jika pasangan kita merupakan anak tunggal, bisa saja berpotensi membuat kita jadi kebagian warisan juga.

Tapi tetep diingat ya, Kawula Muda, yang boleh menerima harta warisan hanya pihak yang memiliki hubungan darah langsung, atau pihak-pihak yang disebutkan dalam surat wasiat.

Berinvestasi Sejak Awal

Ilustrasi tips menjadi kaya dengan berinvestasi (Unsplash)

Dilansir dari GO Banking Rates, Kamis (14/3/2024), salah satu cara untuk menjadi kaya adalah dengan cara berinvestasi sejak awal, Kawula Muda.

"Menurut Rule of 72, jika investasi Anda menghasilkan tingkat pengembalian 10%, jumlah pokok Anda diproyeksikan meningkat 2 kali lipat setiap 7,2 tahun. Ini mewakili akumulasi kekayaan yang besar dari waktu ke waktu," ujar June Jia, pemilik Canny Trading dan bankir investasi di GF Securities.

Jika lo memulai investasi sejak dini, maka lo dapat berinvestasi dengan jumlah yang kecil tetapi tetap dapat membangun portofolio yang besar di hari tua nanti, Kawula Muda.

Usahakan Menabung

Ilustrasi tips menjadi kaya dengan menabung (Unsplash)

Gak bisa dipungkiri, kemudahan di sektor hiburan bikin sebagian orang jadi impulsif, dan terus menerus menghabiskan uang untuk kebutuhan sekunder, Kawula Muda.

Akibatnya, sebagian orang jadi tidak bisa menabung lantaran terus menerus menghabiskan uang untuk kebutuhan non-esensial.

Padahal, menabung harus diutamakan jika lo ingin membangun kekayaan.

Kawula Muda, lo bisa kaya dari menabung dengan catatan tidak banyak memiliki tanggungan dan memiliki gaji yang layak tentunya.

Gaya Hidup Hemat

Ilustrasi tips menjadi kaya dengan menerapkan gaya hidup hemat (Unsplash)

Ajakan nongkrong dari teman yang cukup sering, kadang-kadang bikin pengeluaran jadi membengkak, Kawula Muda.

Belum lagi godaan konser musisi idola yang sayang buat dilewatin gitu aja, juga jadi salah satu penyebab pengeluaran membesar.

Maka tidak heran jika Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pernah menyayangkan banyak anak muda yang menggunakan pinjol untuk memperoleh utang konsumtif seperti memberi tiket konser Coldplay.

Hal tersebut rupanya bikin sebagian orang jadi sulit untuk menerapkan gaya hidup hemat.

Padahal, jika lo pengen kaya, lo mesti menerapkan gaya hidup hemat. Seperti pepatah lama mengatakan “Hemat pangkal kaya”.

Itulah tips menjadi kaya yang bisa lo terapkan, tapi ingat, tips tersebut tentu saja menyesuaikan dengan kebutuhan, keadaan, serta penghasilan lo, Kawula Muda.

    Berita Lainnya