Menteri Kesehatan Filipina Bakal Larang Konten Mukbang, Imbas Kematian Food Influencer!

Emang semua yang berlebihan itu enggak baik ya, Kawula Muda

Pemerintah Filipina akan melarang konten mukbang setelah influencer meninggal dunia (When In Manila)
Sat, 13 Jul 2024

Kementerian Kesehatan Filipina mempertimbangkan untuk melarang video "mukbang" setelah salah satu influencer meninggal dunia, Kawula Muda!

Mukbang berasal dari bahasa Korea "meokda" (makan) dan "bangsong" (menyiarkan), adalah video yang biasanya disiarkan secara langsung, di mana seseorang menyantap makanan dalam jumlah besar sambil berbicara dengan penonton.

Manoy Apatan, pembuat konten asal Filipina yang dikenal dengan nama "Dongz Four" di Facebook, baru-baru ini meninggal dunia secara tragis.

Dia terkenal atas video mukbang-nya yang melibatkan interaksi dengan 457 ribu pengikutnya.

Pada tanggal 13 Juni, pria berusia 38 tahun ini mengunggah sebuah video yang sedang menikmati ayam goreng dan nasi, namun keesokan harinya (14 Juni), saudara perempuannya, Leah Apatan, mengumumkan kematiannya yang mendadak.

Influencer Filipina meninggal dunia usai membuat konten mukbang (The Filipina Times)

Dia mengalami serangan jantung sekitar pukul 15.00, didiagnosis menderita stroke hemoragik yang disebabkan oleh pembekuan darah di otak.

Menteri Kesehatan Teddy Herbosa kemudian memperingatkan masyarakat tentang bahaya video mukbang setelah kematian vlogger Dongz Apatan.

Herbosa mengatakan bahwa mukbang, adalah kebiasaan buruk yang tidak sehat dan dapat menyebabkan obesitas. 

Menurutnya, pemerintah dapat mengambil langkah untuk melarang video mukbang jika terbukti terkait dengan penyebab kematian vlogger tersebut.

"Kita sedang mempromosikan perilaku tidak sehat kepada masyarakat Filipina.... Saya bisa melarangnya di tingkat lokal. Saya bisa mengusulkan larangan mukbang di tingkat lokal. Bahkan meminta DICT untuk menghentikan situs-situs tersebut. Ini mirip dengan pornografi makanan," ucap Herbosa dikutip dari Strait Times, Jumat (12/07/2024).

Dia mengatakan bahwa saat ini, dia akan mengeluarkan peringatan kesehatan kepada masyarakat dan berpotensi mengeluarkan perintah administratif untuk melarang konten mukbang.

So, makan sewajarnya aja ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya