Menjaga Kesehatan Selama Momen Lebaran: Tips dan Trik

Jangan sampai lo sakit saat Lebaran ya, Kawula Muda!

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Selama Momen Lebaran (THEASIANPARENT)
Tue, 11 Apr 2023

Menjaga kesehatan selama Lebaran merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan, Kawula Muda. Menghindari penyakit saat Lebaran akan membuat momen Lebaran lo menjadi maksimal.

Momen besar dalam satu tahun ini akan menjadi terganggu jika lo sakit ketika Lebaran. 

Setelah berpuasa, wajar jika banyak orang merayakan momen Idul Fitri dengan memakan berbagai macam makanan dan minuman.

Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan selama Lebaran dan memakan makanan sehat Lebaran untuk menghindari penyakit saat Lebaran.

Simak tips kesehatan Lebaran di bawah ini secara lengkap!

1. Hindari Makanan Tinggi Lemak

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Selama Momen Lebaran (SHUTTERSTOCK)

Makanan khas Lebaran antara lain gulai, gorengan, jeroan, dan makanan bersantan lainnya. Meski lezat dan cocok dimakan saat Lebaran, lo harus tetap bisa membatasi diri lo saat mengonsumsinya, Kawula Muda.

Makanan tinggi lemak bisa berdampak buruk bagi kesehatan lo, Kawula Muda. Untuk jangka pendek, makanan tinggi lemak bisa membuat lo pusing, membuat perut lo tidak nyaman, bahkan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dalam beberapa kasus, makanan tinggi lemak bisa membuat tekanan darah lo naik dengan cepat. Jadi, hindari dan batasi diri lo agar tetap sehat selama Lebaran.

2. Jangan Lupakan Air Putih

Meski minuman manis dan dingin saat Lebaran sangat nikmat disantap ketika berkumpul bersama orang tersayang, jangan lupakan konsumi air putih lo ya, Kawula Muda.

Tetap mengonsumsi air putih sesuai anjuran harian akan membuat diri lo tetap terhidrasi dan membantu membuang racun.

Sedikit tips, jangan lupa mengonsumsi air putih sebelum makan agar melancarkan peredaran darah serta membantu penyerapan nutrisi yang optimal.

3. Kurangi Minum Minuman Manis

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Selama Momen Lebaran (THEASIANPARENT)

Terlalu banyak mengonsumsi gula akan membuat diri lo lemas dan mudah mengantuk. Agar tetap menjaga kesehatan selama lebaran, pastikan lo membatasi asupan minuman manis yang lo konsumsi di hari Lebaran ya, Kawula Muda.

4. Hindari Memakan Kue Kering Saat Perut Kosong

Melansir Kompas, kue kering mengandung mentega yang mengandung lemak trans. Mengonsumsi kue kering saat perut kosong akan memengaruhi kenaikan asam lambung akibat lemak trans yang dikandung oleh kue kering.

Pada jangka panjang, lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam aliran darah, Kawula Muda.

Tidak hanya itu, kue kering yang tinggi tepung, gula, dan telur akan membuat perut lo tidak nyaman jika mengonsumsinya saat perut kosong dan berlebihan.

5. Tetap Perbanyak Nutrisi Sayur Buah

Meski menjadi momen satu tahun sekali, Lebaran bisa membuat pola makanan lo berantakan, Kawula Muda. Tetap perhatikan asupan 4 sehat 5 sempurna lo di hari Lebaran, ya. 

Sayur dan buah yang kaya akan vitamin, mineral, dan tinggi serat akan membuat tubuh lo tetap menjaga kesehatan selama Lebaran.

6. Lakukan Puasa Sunnah

Tips dan Trik Menjaga Kesehatan Selama Momen Lebaran (THEASIANPARENT)

Setelah Lebaran, jangan lupa untuk menjalankan ibadah puasa Syawal selama enam hari yang dianjurkan. Puasa Syawal merupakan ibadah sunnah yang bisa menjadi salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan selama momen lebaran.

Puasa Syawal merupakan salah satu solusi untuk menjaga sistem pencernaan saat kembali dengan keadaan setelah Ramadan. 

Puasa Syawal juga dianjurkan oleh banyak ahli medis loh, Kawula Muda!

Kawula Muda, itulah tips menjaga kesehatan selama Lebaran. Jangan sampai sakit ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya