Joki Strava, Jasa Nyeleneh yang Viral di Media Sosial X, Demi Validasi?

Padahal sehat itu murah, ada-ada aja nih ulah gen-Z.

Joki Strava yang ditawarkan oleh akun @hahahiheho pada Platform X (x/@hahahiheho)
Thu, 04 Jul 2024


Fenomena joki Strava telah menarik perhatian banyak orang di media sosial khususnya platform X atau Twitter.

Strava, yang pada dasarnya adalah aplikasi untuk mencatat kebugaran dan aktivitas olahraga, sering digunakan untuk merekam data aktivitas fisik seperti rute, kecepatan, dan durasi dalam olahraga lari, Kawula Muda.

Banyak pengguna media sosial yang terobsesi dengan memamerkan hasil pencatatan Strava yang menunjukkan rute, kecepatan, dan durasi tinggi untuk mendapatkan validasi sosial.

Akibatnya, joki Strava berkembang sebagai layanan untuk memuaskan ego mereka yang mendambakan validasi tersebut. Para joki ini menyebar di media sosial, menawarkan jasa mereka.

"btw aku buka joki strava yahh! tapi yang lari sodaraku yang jago larii, price menyesuaikan pace, km dan dl yahh!! bisa dm akyuu" ujar akun @hahahiheho yang menawarkan joki Strava di platform X, Sabtu (29/6/2024).

Salah satu bentuk unik yang terbentuk dari route lari aplikasi Strava (STRAVA/Lenny Maughan)

Secara mengejutkan, ternyata banyak yang tertarik dengan jasa joki Strava tersebut, Kawula Muda.

Bukan hanya meminta detail spesifik tentang catatan kebugaran, pengguna jasa Strava juga dapat meminta untuk membuat gambar pada peta.

Namun, beberapa netizen mengkritik joki Strava ini karena dianggap merusak tren olahraga lari yang saat ini sedang populer.

Bagi sebagian Kawula Muda yang mungkin belum mengenal aplikasi ini, Strava adalah aplikasi dan platform yang populer untuk mencatat ataupun melacak kebugaran dan aktivitas olahraga, digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Strava pertama kali diluncurkan pada tahun 2009, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melacak berbagai jenis aktivitas fisik, seperti lari, bersepeda, berenang, hiking, dan olahraga lain.

Strava, yang berarti "berjuang atau berusaha" dalam bahasa Swedia (meskipun dieja "sträva" dalam bahasa Swedia dengan huruf "ä"), merupakan komunitas untuk para atlet. Walaupun jumlah pengguna Strava lebih sedikit dibandingkan dengan jejaring sosial besar lainnya, Strava tetap bersaing dengan platform olahraga lain.

Strava berfokus penuh pada atlet, menyediakan analisis kinerja dan pelacakan latihan yang rinci. Platform ini juga dapat digunakan oleh semua perangkat atlet, tidak ada pengecualian perangkat apa yang mereka gunakan untuk merekam data olahraganya.

Strava sangat terkenal di kalangan pelari dan pesepeda, meskipun pengguna juga dapat merekam berbagai aktivitas lain seperti hiking dan yoga. Strava unggul dalam menganalisis kinerja dan menyediakan perbandingan yang menarik untuk rute yang ditempuh, memberikan manfaat besar bagi pelari dan pesepeda.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya