IdeaFest 2024 "i" Berkontribusi dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Bangsa dan Ekonomi Kreatif!

Kawula Muda, pada dateng nggak ke acara iDEAFEST 2024?

Press Conference IdeaFest 2024 bersama speakers Nazira C Noer, Fellexandro Ruby, Dee Lestari. (IdeaFest 2024)
Fri, 27 Sep 2024

Selama 13 tahun terakhir, IdeaFest telah menjadi platform utama yang mendorong akselerasi industri kreatif di Indonesia.

Sebagai wadah inklusif dan transformatif, festival ini konsisten menyediakan ruang bagi para pelaku kreatif untuk berbagi ide, berdiskusi, dan menjalin kolaborasi.

Tahun ini, IdeaFest 2024 kembali hadir dengan tema "i" yang merepresentasikan individu dengan ide, inovasi, integritas, dan inspirasi yang menjadi penggerak pertumbuhan industri kreatif.

Acara ini diselenggarakan dari tanggal 27 hingga 29 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), festival ini menghadirkan lebih dari 160 sesi yang melibatkan lebih dari 400 pembicara nasional dan internasional.

Dengan 67% pembicara baru, acara ini menawarkan perspektif segar dan relevan bagi para pelaku industri kreatif.

Dalam tiga hari, pengunjung akan disuguhi berbagai diskusi, talkshow, hingga pameran yang menghadirkan berbagai karya inovatif dari berbagai subsektor kreatif.

Menurut Ben Soebiakto, Co-Chair IdeaFest 2024, festival kreatif seperti IdeaFest memiliki peran penting dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Dengan kolaborasi erat antara industri, pemerintah, dan masyarakat, ekonomi kreatif dapat terus berkembang dan memberi kontribusi yang signifikan bagi kesejahteraan nasional.

Hasil ini didukung oleh data dari Kemenparekraf yang mencatat nilai tambah ekonomi kreatif Indonesia mencapai Rp 1.414,77 triliun pada tahun 2023, meningkat dari tahun sebelumnya.

Press Conference IdeaFest 2024 bersama speakers Nazira C Noer, Fellexandro Ruby, Dee Lestari. (IdeaFest 2024)

Beberapa subsektor seperti fashion, seni, kuliner, film, musik, hingga teknologi menjadi pembahasan utama dalam acara ini.

Tahun ini, IdeaFest kembali menghadirkan berbagai program unggulan seperti IdeaTalks, IdeaFest X, Creative Market & Food Market, hingga IP & Content Expo.

IdeaFest 2024 juga berkolaborasi dengan “Semasa” dalam bazar yang menampilkan lebih dari 225 brand lokal, mulai dari produk seni, aksesori, fashion, hingga makanan.

Acara ini dirancang untuk memberi ruang bagi pelaku industri kreatif dalam memamerkan karya terbaik mereka sekaligus membuka peluang kolaborasi baru.

Selain itu, Nazira C. Noer, CEO & Co-Founder of POPLICIST dan Braintrust IdeaFest, menyatakan bahwa kurasi konten tahun ini sangat memperhatikan inovasi dan relevansi dengan tema "i".

Melalui tema tersebut, peserta dapat mengeksplorasi berbagai makna seperti inovasi, imajinasi, ide, hingga pengembangan diri.

Para pembicara internasional dan nasional diharapkan dapat memberikan wawasan baru yang membuka peluang lebih besar bagi industri kreatif Indonesia di kancah global.

Program kolaboratif seperti  “IdeaFest X” juga menjadi salah satu highlight acara tahun ini. 

Dengan menghadirkan aktivitas seperti workshop, live podcast, dan penampilan khusus, program ini memberikan pengalaman unik dan menyeluruh bagi para peserta.

Fellexandro Ruby, salah satu kolaborator IdeaFest X, menyebutkan bahwa IdeaFest adalah platform penting bagi pengembangan bakat dan kreativitas, memberikan kesempatan bagi para pelaku kreatif untuk mengasah kemampuan mereka dan menjangkau audiens yang lebih luas.

IdeaFest 2024 siap menjadi ajang kolaborasi dan inovasi bagi para pelaku kreatif, membuka jalan bagi pertumbuhan industri yang semakin kompetitif di pasar global.

Berita Lainnya