Hippindo Gelar Inabuyer B2B2G Expo 2024 Award

Ketua Umum Hippindo, menyebutkankan bahwa Inabuyer B2B2G Expo merupakan puncak award.

Hippindo gelar Inabuyer B2B2G Expo 2024 Award
Thu, 23 May 2024

Pada hari ini Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki; Sekretaris Utama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Iwan Herniwan; dan Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Budihardjo Iduansjah sukses menyelenggarakan Inabuyer Kemenkop Award 2024 dan Inabuyer LKPP Award.  

Ketua Umum Hippindo, Budihardjo Iduansjah menyebutkan bahwa Inabuyer B2B2G Expo merupakan puncak award.

"Inabuyer B2B2G Expo merupakan puncak memberikan award. Saat penutupan acara, terdapat penghargaan yang lebih ringan untuk para exhibitor. Kegiatan kali ini terbilang sukses, dengan transaksi yang terjadi hingga hari ini sekitar RP950 miliar dalam dua hari. Nilainya diperkirakan mencapai RP1 Triliun lebih," ujarnya.

"Supplier memiliki produk lokal dan Produk UKM. Kita juga akan mengkampanyekan bangga beli buatan Indonesia, menjadi satu program. Program Beli Buatan Indonesia sudah diumumkan Pak Teten Masduki tahun lalu. Perlu konsisten dijalankan, tidak hanya bangga tapi beli dan pakai produk UMKM," sambungnya.

Dia juga menjelaskan, bahwa ekonomi di luar sedang tidak baik-baik saja. Jadi, perlu memperkuat dalam negeri, dari Sabang sampai Merauke. Dengan cara ini, uang berputar di dalam saja, baik online maupun offline.

"Kita akan memastikan sebagai off taker (buyer) untuk belanja di Indonesia saja. Jadi, uang berputar di dalam negeri. Konsumen harus belanja di dalam negeri, untuk beli oleh-oleh  misalnya, saat berwisata." 

Selain dengan Kemenkop dan UKM dan Kemenperin, Hippindo juga berkolaborasi dengan Kemendikbudristek untuk mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri, melalui pelatihan dan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, program ini akan membantu menciptakan tenaga kerja yang siap terjun ke industri ritel dan bersaing di pasar global.

Langkah tersebut juga dilakukan demi menunjang Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap.

Kerjasama berbagai pihak juga perlu dilakukan, termasuk dengan Kemendikbudristek hingga Dirjen Vokasi.

Hal ini bisa membuka kesempatan untuk anak sekolah masuk ke industri sektor ritel atau bagi Kementerian dan BUMN. Khusus untuk ritel adalah padat karya, dari kantor pusat hingga lapangan, dan akan dilatih.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam sambutannya menyebutkan, Inabuyer B2B2G Expo merupakan sebuah langkah yang sangat penting untuk mendukung perluasan produk UMKM dan koperasi.

"Inabuyer B2B2G Expo tahun 2024 ini sangat penting untuk mendukung perluasan produk UMKM dan koperasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah serta rantai pasok BUMN dan swasta," ujar Teten Masduki.

"Saya senang mendapatkan laporan bahwa cukup tinggi penjualannya. Indonesia dari sisi konsumsi domestik kuat sekali, meskipun ekonomi global melemah tapi konsumsi dalam negeri masih merupakan pondasi dari pertumbuhan nasional yang menjadi keunggulan bagi Usaha Mikro, Kecil dan menengah. Banyak konsumen membentuk pasar internal yang sangat kuat," imbuhnya.

"Sinergitas UMKM adalah kunci utama kemandirian ekonomi meski kita memiliki pasar supply dan demand yang kuat masih banyak potensi rantai pasok yang masih belum terisi oleh UMKM Indonesia, hal ini penting dari sisi produksi. Pihaknya membawa 15 startup untuk mencari pembiayaan hingga dipertemukan dengan investor. Sementara, di Kemenkop ada lebih  dari 300 startup yang ada di program inkubasi kami," kata Teten. 

Ia juga menjelaskan, ekonomi global sedang tidak baik-baik saja, jadi dibelanjakan di dalam negeri. Sementara, pengadaan barang dan jasa di pemerintah itu 40 persen harus menyerap produk dalam negeri, apalagi saat ekonomi tidak sedang baik-baik saja.

“Meskipun Indonesia cukup kuat di 5% tapi kita harus memiliki kesepakatan apakah belanja pemerintah BUMN apakah termasuk Masyarakat beli produk dalam negeri, belanja dalam negeri, ini untuk memperkuat ekonomi kita," sambung Teten.

Sekretaris Utama LKPP, Irwan Herniwan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi untuk menyukseskan Inabuyer  B2B2G Expo 2024. Ia menyebutkan dampaknya yang luar biasa, memiliki peran yang sangat strategis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

LKPP berharap agar upaya ini tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan barang dan jasa yang diperlukan, namun juga dapat meningkatkan usaha nasional khususnya usaha Mikro, Kecil dan Koperasi.

Selain itu, hal ini dilakukan untuk mendorong perkembangan inflasi dan kreativitas dari industri lokal. 

"Inabuyer B2B2G Expo 2024 diharapkan bisa percepatan penggunaan produk dalam negeri, dan produk UMKM untuk menggerakan Bangga Buatan Indonesia dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah. Pemerintah terus mendorong agar seluruh kemungkinan lembaga pemerintah daerah untuk menyebarkan pelaku usaha kecil, mikro dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah dengan cara mengungkapkan pencadangan serta realisasi belanja terhadap produk dalam negeri dan Usaha Mikro," ungkapnya.

Hippindo gelar Inabuyer B2B2G Expo 2024 Award

Instruksi presiden menjadi pedoman yang penting dalam meningkatkan partisipasi produk dalam negeri di berbagai sektor pengadaan.

Implementasi kebijakan tersebut diharapkan untuk menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pertumbuhan segala sektor.

"Produk-produk dalam negeri memiliki kesempatan yang lebih besar untuk berperan dalam proyek yang disematkan oleh pemerintah. Harapannya seluruh Lembaga Kementerian dan pemerintah dapat terus berupaya dalam meningkatkan pencapaian pencadangan serta realisasi  terhadap produk-produk dalam negeri," sambungnya. 

Melalui semangat inovasi, dapat menciptakan pasar yang kuat dan kompetitif. Dengan adanya kolaborasi yang solid antara instansi pemerintah yang dapat berperan sebagai fasilitator serta pelaku usaha yang terus berinovasi serta melakukan penemuan baru untuk terus berkembang.

"Kita dapat membawa pasar pengadaan pemerintah naik kelas, ke produk-produk yang memiliki nilai yang tinggi sehingga akan turut memberikan dampak signifikan terhadap pertumbuhan produk domestik bruto. Tidak hanya dapat berkontribusi dalam jangka waktu  pendek tapi juga dapat memberikan kontribusi dalam jangka waktu menengah dan panjang  melalui peningkatan kapasitas industri lokal dan daya saing nasional," ujarnya.

Sementara itu, momen pemberian penghargaan Inabuyer LKPP Award tahun 2024 memiliki makna yang sangat penting baik untuk para pelaku usaha maupun pemerintah sebagai penggunaan barang jasa/pembeli.

Pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas komitmen pembeli terhadap dukungan pembelian produk lokal yang tercermin dari Upaya  peningkatan pencadangan dan realisasi belanja instansinya terhadap produk dalam negeri, sehingga diharapkan untuk memotivasi instansi lainnya agar dapat lebih aktif untuk  menggunakan produk dalam negeri.

"Melalui penghargaan yang akan diserahkan hari ini semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan bangsa. Mari jadikan ini sebagai momentum untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas dan memperluas pasar dalam negeri," pungkasnya.

Berikut daftar pemenang Inabuyer Kemenkop Award 2024: 

Nilai Transaksi Belanja Produk UMKM Terbesar Tahun 2023 Kategori BUMN 

Peringkat 1 : PT Pertamina (Persero)  

Peringkat 2 : PT Pupuk Indonesia (Persero)  

Peringkat 3 : PT Wijaya Karya (Persero)  

Inabuyer LKPP Award 2024

Persentase Transaksi Belanja Produk UMK & Koperasi Terbesar Tahun 2023 Kategori Lembaga 

Peringkat 1: Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang 

Persentase Transaksi Belanja Produk UMK & Koperasi Terbesar Tahun 2023 Kategori Kementerian 

Peringkat 1: Kementerian Pertahanan 

Peringkat 2: Kementerian Hukum dan HAM 

Persentase Transaksi Belanja Produk UMK & Koperasi Terbesar Tahun 2023 Kategori Pemerintah Provinsi  

Peringkat 1: Prov. Jambi 

Peringkat 2: D.I Yogyakarta 

Peringkat 3: Maluku Utara 

Persentase Transaksi Belanja Produk UMK & Koperasi Terbesar Tahun 2023 Kategori Kabupaten/Kota

Peringkat 1: Kota Singkawang 

Peringkat 2: Kota Sorong 

Peringkat 3: Kabupaten Pulau Pisau 

Pemberian Penghargaan Kepada 

Accor Group, atas dukungan kemitraan dan pemberdayaan UMKM Indonesia

Budihardjo Iduansjah, Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia atas Dukungan kemitraan dan pemberdayaan UMKM Indonesia

Arif Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional, Atas Dukungan dan Keterlibatan dalam Pengembangan UMKM Pangan pada tanggal 16 Mei 2024.

Inabuyer B2B2G Expo 2024 hari ke-2 menghadirkan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo sebagai narasumber pada acara talkshow dengan tema Hak Kekayaan Intelektual dalam Pengembangan Usaha yang  dilanjutkan dengan peninjauan booth.

Turut hadir dalam acara pameran di hari ke-2 ini Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan  Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Hendra Prihadi.

Berita Lainnya