COOLYEAH BEM UI 2024 Sukses Gelar Grand Closing X Talkshow, Dukung Perkembangan Skills Mahasiswa

Enhance Your Abilities: Embracing the Times through Maximizing the Utilization of Soft and Hard Skills

COOLYEAH BEM UI 2024 Sukses Gelar Grand Closing X Talkshow, dukung perkembangan skills mahasiswa (BEM UI)
Wed, 09 Oct 2024

Pada 20 September 2024, COOLYEAH UI berhasil melangsungkan acara puncaknya, Grand Closing X Talkshow, di Balai Sidang Universitas Indonesia.

Acara ini dimeriahkan oleh narasumber-narasumber inspiratif seperti Emilia Maura dan Ahmad Dekatama (Pasming Based), Jehian Sijabat, dan Sabrina Chairunnisa.

COOLYEAH UI sendiri merupakan salah satu acara yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan berfokus pada pelatihan soft skill serta hard skill bagi para siswa dan mahasiswa untuk membekali mereka dengan keterampilan yang diperlukan di dunia kerja.

Rangkaian kegiatan acara COOLYEAH UI ini terdiri dari Coolyeah Class yang berfokus pada pelatihan soft skill, Coolyeah Class Pro dan Coolyeah Class Expert yang berfokus pada pengembangan hard skill, dan diakhiri dengan acara Grand Closing x Talkshow.

Grand Closing X Talkshow tahun ini memilih tema “Enhance Your Abilities: Embracing the Times through Maximizing the Utilization of Soft and Hard Skills”, dengan harapan dapat memicu semangat mahasiswa dalam pengembangan skills sehingga mereka mampu beradaptasi dan berkarya yang kini telah memasuki era society 5.0.

Sesi pertama talk show dimulai oleh Ahmad Dekatama atau yang kerap disapa dengan Pasming Based dan Emilia Maura.

COOLYEAH BEM UI 2024 dimeriahkan oleh Emilia Maura dan Ahmad Dekatama (Pasming Based), Jehian Sijabat, dan Sabrina Chairunnisa. (BEM UI)

Sesi ini diisi dengan perbincangan tentang perjalanan Emil dan Deka selama menempuh pendidikan di dunia perkuliahan yang mana Deka merupakan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia tahun 2015, sedangkan Emil merupakan Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia tahun 2018.

Selama menempuh pendidikan di UI, mereka berdua aktif mengikuti berbagai kegiatan organisasi kepanitiaan di Universitas Indonesia sewaktu menjadi mahasiswa.

Di sesi talk show ini mereka menceritakan bagaimana cara mereka berdua beradaptasi di dunia perkuliahan, time management, membangun rasa percaya diri dan personal branding yang baik.

Deka dan Emil juga menceritakan perjalanan karir mereka masuk ke dalam dunia content creator yang berawal dari ketidaksengajaan.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Jehian Sijabat yang membahas mengenai tantangan selama menjadi CEO of Mantappu Corp.

Menurut Jehian Sijabat, tantangan terbesar bagi content creator dalam dunia entertainment adalah perubahan tren yang terjadi begitu cepat sehingga para creator harus lebih cermat dan adaptif.

Jehian juga memberi beberapa tips untuk membangun bisnis dengan baik. Kunci diferensiasi bisnis yang baik adalah bagaimana kita membuat inovasi, mengeksekusi tren, serta mempertahankan ciri khas.

Kemudian, tiga kata yang Jehian Sijabat pilih sebagai motivasi adalah “Never Stop Trying” yang berarti bahwa kita tidak boleh berhenti dalam mencoba berbagai hal. 

Sesi terakhir diisi oleh Sabrina Chairunnisa, content creator dan founder dari Adelinee.id.

Tahun ini, Sabrina sedang menempuh pendidikan S-3 di Universitas Indonesia dengan Program Studi Ilmu Komunikasi.

Dalam sesi talk show, Sabrina menekankan bahwa mahasiswa harus keluar dari zona nyaman.

Salah satu caranya yaitu dengan bergabung di komunitas atau organisasi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi dan bersosialisasi.

“Jangan pernah takut akan rasa gagal, tersakiti, dan kecewa. You need to feel all the emotion. Privilege yang dimiliki anak generasi muda adalah kita masih punya waktu, kita masih punya banyak waktu buat explore segala hal,” ujar Sabrina.

Dengan ditutupnya rangkaian acara COOLYEAH UI, diharapkan talk show ini dapat memberikan dampak nyata dalam peningkatan keterampilan menuju kesempatan jenjang karir yang lebih luas.

Berita Lainnya