Beauty Blindness, Istilah Buat Makeup yang Tidak Sesuai Standar?

Katanya setiap orang pernah ngalamin ini seenggaknya sekali, Kawula Muda

“Makeup Blindness” istilah yang sedang viral di media sosial (Freepik)
Fri, 12 Jul 2024

Akhir-Akhir ini istilah Beauty Blindness lagi nge-tren banget di media sosial khususnya TikTok, tapi apa sih maksud dari istilah itu, Kawula Muda?

Beauty Blindness atau bisa juga disebut Makeup Blindness adalah istilah untuk orang-orang yang memakai makeup yang tidak sesuai standar sosial. Bisa orang yang dikategorikan makeup blindness ini seakan “buta” dalam cara pakai makeup.

Biasanya, orang yang melakukan ini merasa bahwa produk yang mereka gunakan belum memberikan hasil yang cukup terlihat, sehingga mereka melanjutkannya hingga terlihat berlebihan bagi orang lain.

Berikut adalah Beauty Blindness yang sedang ramai dibahas, Kawula Muda!

Blush Blindness

Sabrina Carpenter disebut sebagai pencetus “Blush Blindness” (Instagram / @Sabrinacarpenter)

Sekarang, blush on atau perona pipi sangat penting dalam dunia makeup. Beberapa orang menjadi terobsesi dengan blush on, karena memberikan efek wajah merona alami.

Blush Blindness adalah konsep yang mengacu pada seseorang yang tidak dapat melihat seberapa banyak perona pipi yang mereka pakai, jadi mereka terus menggunakan perona pipi sampai efek nya terlalu mencolok untuk orang lain.

Tetapi, dengan adanya selebriti papan atas  seperti Sabrina Carpenter yang selalu pamerkan pipi merona nya di media sosial, banyak orang yang embraceblush blindness” ini jadi summer makeup 2024.

Eyebrow Blindness

Pengguna tiktok berikan pengalaman “Eyebrow Blindness” di media sosial (Tiktok / @maddiescott2)

Menurut Cassandra Bankson, seorang ahli kecantikan medis dan figur perawatan kulit di YouTube, Eyebrow Blindness bukan lah ketidakmampuan untuk melihat secara bagaimana alis terlihat di wajah. 

Ini lebih kepada mengejar tren terbaru tanpa mempertimbangkan apa yang cocok dengan bentuk wajah itu sendiri.

"Alih-alih menetapkan standar kecantikan yang sesuai dengan diri kita sendiri atau menghargai keragaman, kita seringkali cenderung untuk mengejar citra kecantikan yang sudah ada." ucap Cassandra Bankson dalam akun blog resmi nya. 

Di TikTok, para pengguna mulai membagikan selfie dan foto lama yang menunjukkan “Eyebrow Blindness” mereka, yang menunjukkan bahwa mereka tidak menyadari seberapa buruknya penampilan alis mereka karena terlalu sering mengikuti tren.

Contour Blindness 

Contour Blindness yang dialami para pengguna tiktok (Tiktok / @liluzihurtxoxo)

Contour atau Kontur adalah trik makeup yang di mana kita bisa membuat bayangan sehingga membuat sorotan agar bentuk wajah yang kita kontur terlihat ramping, Kawula Muda.

Trik ini selalu dipakai oleh para makeup artist dan beauty influencer di media sosial.

Teknik Kontur yang paling sering digunakan yaitu Nose Contour.

Tagar TikTok #nosecontour bahkan sudah ditonton jutaan kali dan masih terus bertambah.

Hastag tersebut menampilakan para influencer yang memakai bedak, concealer, dan krim bronzer buat bikin hidung mereka kelihatan lebih kecil dan mancung.

Meskipun bisa works, Kawula Muda mesti hati-hati ya, karena jika terlalu berlebihan bisa bikin kontur bisa tidak terlihat natural.

Menurut Vincent Oquendo, yang sering merias Bella Hadid dan Soo Joo Park, sebaiknya jangan terlalu berlebihan bikin kontur di hidung, dagu, atau pipi untuk penampilan sehari-hari.

Berdasarkan pemaparan tadi, beberapa orang mungkin menganggap penggunaan makeup seperti Eyebrow atau Blush On yang dianggap berlebihan sebagai "Beauty Blindness" atau "Makeup Blindness".

Namun, pada dasarnya, makeup adalah seni di mana tidak ada aturan pasti dalam penggunaan produk-produk tersebut.

Jadi enggak usah khawatir, Kawula Muda bebas kok untuk berekspresi dan berkreasi sesuai dengan selera dan preferensi pribadi masing-masing.

Berita Lainnya