Arti Kata "Kiyowo" Istilah Gaul Serapan dari Bahasa Korea dan Cara Penggunaannya

Kawula Muda udah tau belum apa arti dari "Kiyowo" ?

Ilustrasi bermain teka-teki seru bersama teman-teman (UNSPLASH/VITOLDA KLEIN)
Mon, 28 Aug 2023

Bahasa gaulkiyowo” sering kali terdengar, kata ini sering diucap oleh anak muda dan remaja di era sekarang ini. Kata kiyowo ini biasanya dipakai oleh pengguna di berbagai sosial media seperti Twitter X, Instagran dan juga TikTok. 

Kata kiyowo kerap dipakai oleh pengguna sosial media yang merupakan penggemar budaya populer Korea Selatan (K-popers). 

Kata ini biasa digunakan untuk mengomentari idol K-Pop yang disukai, pernak-pernik atau aksesori, dan hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengan idolanya tersebut. 

Bendera Korea Selatan (UNPLASH)

 

Istilah gaul ini termasuk dalam kosakata bahasa Korea. Sebenarnya, dalam bahasa Korea Selatan, ejaan kiyowo yang benar adalah “gwiyeowo”, “gwiyeopseumnida” dan “gwiyeowoyo” dengan arti kata yang sama. Namun kata gwiyeowo berubah penulisan jadi kiyowo karna pelafalannya.  

Sedangkan kata gwiyeopseumnida dipakai untuk acara formal, seperti presentasi, wawancara, atau memberikan pengumuman resmi yang berkaitan dengan sesuatu hal yang lucu, imut dan menggemaskan. 

Sementara itu, kata gwiyeowoyo termasuk dalam bahasa standar Korea Selatan yang dipakai untuk mengungkapkan sesuatu hal yang menggemaskan pada orang yang lebih tua atau orang yang tidak terlalu dekat.  

Di Indonesia sendiri, kiyowo bisa digunakan untuk menyebut sesuatu hal, benda dan orang yang imut atau lucu. Selain itu kalimat ini juga dapat juga menjadi kalimat pujian atau cara untuk mengekspresikan diri dalam mengungkapkan hal yang lucu. 

Berita Lainnya