Apa Itu Labubu? Monster Berkarakter Imut yang Jadi Incaran Para Kolektor Pop Mart di Seluruh Dunia!

Kawula Muda udah pada punya Labubu belom?

Labubu The Monsters Have A Seat Vinyl Plush (Instagram/popmartid)
Sat, 14 Sep 2024

Kawula Muda, Labubu si monster imut dari Pop Mart, menjadi incaran para kolektor mainan di seluruh dunia, Kawula Muda.

Labubu adalah hasil karya seni yang dirancang oleh seniman Hong Kong yang bernama Kasing Lung pada tahun 2015. 

Kasing Lung menciptakan Labubu karena terinspirasi oleh cerita rakyat dan imajinasi anak-anak yang tak terbatas, menciptakan karakter yang hidup dan dunia yang menyenangkan dengan nuansa misterius.

Karakter The monster memiliki ciri khas yang menjadi populer di kalangan pecinta seni dan kemudian menarik perhatian masyarakat luas dan menjadi mainan yang sangat dicari.

“The Monsters” adalah kumpulan boneka berkarakter baik dan jahat, termasuk Zimomo, Tycoco, Spooky dan yang paling terkenal, Labubu.

Boneka monster tersenyum dengan telinga tinggi runcing dan gigi bergerigi, memberikan kesan yang jahat.

Dalam cerita Kasing Lung, Labubu merupakan sosok baik hati yang selalu ingin membantu namun tak sengaja terus melakukan hal buruk. 

Pada tahun 2019, Kasing Lung menandatangani perjanjian lisensi eksklusif dengan Pop Mart atas rekor penjualan kategori mainan berbentuk blind box.

Blind box adalah set mainan yang penuh dengan teka-teki karena konsumen tidak dapat menebak figurin karakter labubu, dalam box tersebut terdapat edisi reguler dan satu edisi rahasia.

Sejak pertama kali diluncurkan, Labubu telah menjadi sorotan utama di komunitas art toy. Para kolektor rela menunggu dan mengantre lama dengan sangat antusias karena rilisan terbarunya The Monsters.

Berikut merupakan varian Labubu The Monster, karakter ikonik dari kolaborasi Pop Mart dan seniman Kasing Lung :

The Monsters Tasty Macarons Vinyl Face Blind Box

Koleksi yang sangat diminati adalah The Monsters “Tasty Macarons Vinyl Face Blind Box” merupakan versi pertama (V1) dirilis pada Oktober 2023 yang dijual dengan harga Rp239.000.

Labubu Macarons memiliki ukuran sekitar 8 cm x 17 cm x 7 cm yang berbahan material 45% polyester dan 55% PVC.

Labubu Macarons mempunyai 7 warna yaitu, Soymilk (Cream), Lychee Berry (Pink), Sea Saly Coconut (Biru), Toffe (Coklat), Green Grape (Hijau), Sesame Bean (Abu-abu) dan Chesnut Cocoa (Coklat Tua) sebagai warna secretnya.

The Monsters Have A Seat Vinyl Plush Blind Box

Pop Mart meluncurkan versi kedua (V2) dari Labubu, yang dikenal dengan nama “The Monsters Have A Seat Vinyl Plush Blind Box”, pada Juli 2024 yang dijual dengan harga Rp 239.000.

Bentuk visual Labubu versi kedua (V2) memiliki versi dalam posisi duduk, terbuat dari bahan yang lebih lembut serta memiliki berbagai ekspresi wajah seperti mata terbuka, berkedip, atau tertutup.

Labubu Have A Seat memiliki ukuran yang sama seperti Labubu macarons yaitu sekitar 8 cm x 7 cm x 15 cm dan berbahan 60% PVC dan 40% polyester.  

Labubu Have a Seat memiliki 7 warna yaitu Sisi (Kuning), Dada (Pink), Ququ (Tosca), Zizi (Ungu), Baba (Coklat Muda), Hehe (Abu-abu) dan Duoduo (Coklat Tua) sebagai warna secretnya.

Baik versi pertama (V1) maupun versi kedua (V2), Labubu tersedia dalam bentuk blind box, sehingga konsumen tidak mengetahui versi mana yang akan mereka terima.

Setiap whole set Labubu, baik Labubu macarons atau have a seat berisikan enam blind box, serta The Monster juga mengeluarkan varian yang tidak berbentuk blind box yang mempunyai ukuran yang kecil dan besar, varian tersebut yaitu :

  • The Monsters Time To Chill
  • The Monsters Flip With Me
  • The Monsters Jump For Joy
  • The Monsters Dress Be Latte
  • Mokoko
  • The Monsters Hide And Seek
  • Fall In Wild, Labubu x Pronounce-Be Fancy Now
  • The Monsters Catch Me If You Like Me
  • The Monsters I Found You Zimomo
  • The Monsters Best Of Luck

Sayangnya, cuma ada beberapa jenis varian Labubu The Monster yang tersedia di official store Pop Mart Indonesia, Kawula Muda.

Berikut varian Labubu The Monster yang ada di Indonesia, The Monsters Flip With Me, The Monsters Fall In Wild Doll, The Monster Fall In Wild Pendant, The Monster Have A Seat, The Monsters Tasty Macarons, The Monsters Lazy Yoga, The Monsters Catch Me If You Like Me, The Monster Time To Chill, I Found You Zimomo, dan The Monsters Let’s Have Fun Together.

Sebagai informasi, Pop Mart saat ini sedang mengeluarkan special drops khusus The Monsters yang diadakan pada tanggal 13-14 september 2024 di official store Pop Mart yang berlokasi di Gandaria City Mall.

Info lebih lanjut cek Instagram Pop Mart @popmartid, ya Kawula Muda.

Berita Lainnya