Aneh Tapi Nyata! Inilah Beberapa Hobi Unik nan Aneh di Dunia

Kok bisa ada ya, Kawula Muda...

Ilustrasi hobi unik di seluruh dunia (iStockPhoto)
Fri, 16 Aug 2024

Hobi adalah cara buat manusia menghilangkan rasa jenuh dan membantu pikiran lebih rileks. 

Biasanya sih, hobi jadi pelarian pas udah capek sama rutinitas kerjaan kantor atau tugas sekolah yang numpuk. 

Pilihan hobi juga banyak banget, dari yang mainstream kayak menari, bernyanyi, membaca, sampai berbagai kegiatan lain yang bisa disesuain sama passion dan kesukaan kita masing-masing. 

Tapi, di dunia ini banyak loh hobi-hobi yang terbilang aneh dan terkadang bikin orang lain mikir, "Serius, ada yang ngelakuin itu buat seru-seruan?"

Ternyata, hobi-hobi aneh ini beneran ada dan tersebar di berbagai belahan dunia, Kawula Muda.

Berikut ini adalah beberapa hobi yang tergolong unik bahkan aneh:

Toilet Paper Origami

Hobi membuat origami dari tisu toilet (Youtube/Origami Creations)

Biasanya, origami identik dengan kertas, tapi ada juga yang kreatif banget sampai bikin origami dari tisu toilet! 

Bentuk-bentuk yang sering dibuat meliputi bunga, burung, kipas-kipas mini, atau bahkan hewan-hewan kecil yang lucu. Hobi ini nggak cuma bikin kamar mandi jadi lebih eye-catching, tapi juga nunjukin betapa kreatifnya seseorang dalam memanfaatkan barang sehari-hari.

Muncul di Lokasi Laporan Berita 

Hobi Muncul di Berita Live Televisi (Kaskus/Danubi)

Seorang pria asal Inggris bernama Paul Yarrow hobinya benar-benar nggak biasa, Kawula Muda.

Yarrow punya kesenangan aneh, yaitu muncul di belakang reporter saat mereka lagi siaran langsung di TV. Dia seakan punya misi rahasia untuk selalu ada di layar, tidak peduli stasiun TV apa yang lagi siaran.

Paul sering banget terlihat di berbagai program berita besar di Inggris seperti BBC1, ITV, Channel 4, Sky News, dan bahkan Al Jazeera, yang basisnya di Qatar. 

Setiap kali ada siaran live di tempat umum, dia selalu hadir di belakang reporter dengan ekspresi datar, seolah-olah menjadi bagian dari liputan. Aksi ‘photobombing’-nya ini udah sering banget sampai orang-orang di Inggris mulai notice sama kemunculannya di televisi. 

Mengirim Mainan Berkeliling Dunia

Hobi mengirim mainan keliling dunia (Toys Photographer)

Untuk beberapa orang yang tidak memiliki budget untuk berpergian, mereka memilih mainan kesayangannya untuk traveling. Ada sebuah website bernama ToyVoyagers yang memungkinkan mainanmu buat "jalan-jalan" ke berbagai negara.

Caranya juga simpel banget. Pertama, kamu tinggal daftar di situsnya, terus buat semacam "log wisata" atau catatan perjalanan buat mainan lo. Dari situ, lo bisa lihat mereka memulai perjalanan keliling dunia dengan bantuan traveler yang gabung di ToyVoyagers. 

Mereka akan foto-fotoin mainan di tempat-tempat ikonik dan ngelaporin perjalanannya di log yang lo buat. Tertarik nggak, Kawula Muda?

Extreme Ironing

Hobi menyetrika di tempat extreme (X/ Wonderhood Studios)

Menyetrika baju di rumah mungkin hal yang udah biasa banget buat kita, tapi bayangin kalau setrika baju sambil bungee jumping atau nyelam di bawah air.

Yup, hobi ini disebut extreme ironing, di mana orang-orang ngegabungin pekerjaan rumah yang simpel dengan petualangan penuh adrenalin. 

Jadi, buat mereka yang suka tantangan, bawa setrikaan ke tempat-tempat ekstrem seperti puncak gunung, tengah hutan, bahkan dasar laut itu jadi hal yang seru. Mereka gak cuma asal setrika, tapi juga difoto atau divideo pas lagi ngegosok baju di lokasi-lokasi yang nggak biasa ini. Hasilnya? Foto-foto epic yang bisa bikin siapa pun takjub.

Menuntut di Pengadilan

Hobi Menuntut Apapun ke persidangan (X/harri_onuoha)

Hobi yang dimiliki Jonathan Lee Riches ini  bikin geleng-geleng kepala. Bayangin saja, dia punya kebiasaan aneh yaitu sering nuntut orang-orang ke pengadilan dengan berbagai macam alasan hukum. 

Namanya sampai tercatat di berbagai kantor pengacara, dan berkat seringnya dia nuntut, Jonathan bahkan berhasil masuk Guinness World Records sebagai orang yang paling sering mengajukan tuntutan di dunia.

Jonathan bukan cuma menuntut orang-orang biasa, dia juga pernah membawa nama-nama besar ke pengadilan. Mulai dari tokoh-tokoh terkenal seperti pelatih sepak bola Bill Belichick, presiden George Bush, sampai artis papan atas Britney Spears dan Martha Stewart. 

Gak berhenti di situ, yang paling absurd, Jonathan bahkan pernah menuntut menara Eiffel! Jadi, buat dia, siapa aja atau apa aja bisa jadi target tuntutannya, tanpa pandang bulu.

Mengumpulkan kantong mabuk udara (in-flight sick bags)

Hobi koleksi kantong muntah pesawat (The Wall Street Journal)

Waktu naik pesawat, pasti tahu kantong yang disediain buat jaga-jaga kalau penumpang mabuk kan? Nah, ternyata ada lho, seorang pria asal Singapura yang punya hobi unik banget, yaitu ngoleksi kantong mabuk pesawat alias in-flight sick bags

Tidak main-main, dia udah punya sekitar 388 kantong yang beda-beda, hasil dari penerbangan dengan berbagai maskapai. Serunya lagi, sekarang ada website khusus buat para penggemar hobi ini, di mana mereka bisa ngobrol dan tukar-tukaran kantong mabuk pesawat dari seluruh dunia.

Menghitung Biji Kopi

Hobi Menghitung Biji Kopi (Nescafe)

Banyak orang zaman sekarang yang cinta banget sama kopi, tapi obsesi Beethoven, komposer klasik terkenal, soal kopi sih susah untuk ditandingi. Setiap pagi dia memiliki kebiasaan unik yaitu selalu menghitung 60 biji kopi pas buat dirinya sendiri sebelum diseduh. Gak lebih, gak kurang, selalu 60 biji.

Kebiasaan ini jadi salah satu hobi unik yang dilakukannya sepanjang hidup. Bisa dibilang, Beethoven itu perfeksionis dalam segala hal, bahkan soal secangkir kopi! 

Nah, itu tadi beberapa hobi yang dimiliki orang-orang dari berbagai penjuru dunia. Kalau lo sendiri, punya nggak hobi yang unik atau nyeleneh?

Berita Lainnya