5 Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia Versi Forbes, Ada Satu dari Indonesia

Hai Kawula Muda, jadi pengin kenal dekat sama mereka enggak sih?

Aliko Dangote, Azim Premzi, Chairul Tanjung muslim terkaya di dunia versi FORBES. (INSTAGRAM)
Sun, 07 Aug 2022

Baru-baru ini Forbes merilis setidaknya ada 22 miliarder asal Timur Tengah yang masuk jajaran orang terkaya di dunia. 

Menariknya, dari 5 posisi teratas pengusaha muslim terkaya di dunia tersebut, ada satu yang berasal dari Indonesia. 

Berikut daftar 5 pengusaha muslim terkaya di dunia dilansir dari Forbes Real-Time Billionaires, yang dirilis Selasa (26/4/2022):

1. Aliko Dangote (Rp 210 triliun)

Kendati lahir di salah satu negara miskin di Afrika yaitu Nigeria, Aliko Dangote berhasil menjadi salah satu muslim terkaya di dunia. 

Forbes Real-Time Billionaires menyebutkan CEO Dangote Group ini memiliki kekayaan 14,5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 210 triliun dan menjadikannya orang terkaya ke-130 di dunia. 

Kekayaan Dangote berasal dari bisnis semen terbesar di Afrika yang dia miliki yakni Dangote Cement. Penguasaan pasar dari bisnis ini mencapai 85 persen dengan produksi 48,6 juta ton semen per tahun. Selain itu Dangote juga mengembangkan bisnis di bidang pupuk dan kilang minyak. 

2. Azim Premji (Rp 137 triliun)

Azim Premji, seorang muslim asal Gujarat, India adalah pendiri perusahaan software Wipro. Dari sana dia bisa memperoleh kekayaan 9,5 miliar dolar AS atau setara Rp 137 triliun. Dia adalah orang terkaya ke-206 di dunia dan ke-18 di India. Pria yang drop out dari Stanford University ini juga memiliki innovation centre di Silicon Valley dan fokus pada pengembangan teknologi baru. 

3. Chairul Tanjung (Rp 123 triliun) 

Orang yang dijuluki Si Anak Singkong ini ternyata masuk dalam jajaran muslim terkaya di dunia. Chairul Tanjung memiliki kekayaan 8,5 miliar dolar AS atau setara Rp 123 triliun. 

Chairul menjadi orang terkaya ke-263 di dunia dan orang terkaya ke-3 di Indonesia. Ia sukses lantaran memiliki CT Corp, holding company yang menaungi bisnis ritel, kuliner, properti, perhotelan, hingga media. 

4. Shahid Khan (Rp 109 triliun)

Shahid Khan merupakan orang ke-313 terkaya di dunia dengan mengantongi kekayaan 7,6 miliar dolar AS atau sekitar Rp 109 triliun. Muslim keturunan Amerika-Pakistan ini merupakan insinyur yang kini memiliki pabrik bumper truk dengan total 26.000 pekerja. 

Di samping lini bisnis tersebut, Khan juga memiliki klub American Football, Jacksonville Jaguars NFL yang ia beli pada 2012 silam. Setahun kemudian Khan juga membeli klub Liga Inggris Fulham F.C.

5. Abdulsamad Rabiu (Rp 95 triliun) 

Abdulsamad Rabiu mencatatkan kekayaan 6,6 miliar dolar AS atau setara Rp 95 triliun lewat bisnis pemurnian gula, semen, hingga real estate. Pria asal Nigeria ini menjadi salah satu muslim terkaya di dunia sekaligus orang terkaya ke-361 di dunia.

Berita Lainnya