5 Jenis Hewan Peliharaan yang Jadi Favorit Orang Indonesia!

Kalo lo pelihara apa nih di rumah?

Ilustrasi hewan peliharaan. (FREEPIK)
Sun, 01 Sep 2024

Punya hewan peliharaan di rumah di rumah itu emang seru, Kawula Muda.

Mereka bukan hanya untuk dirawat, tapi juga bisa jadi sahabat dan bagian dari keluarga. Ditambah lagi, banyak hewan peliharaan yang memiliki bulu yang lucu dan menggemaskan.

Kita juga dapat menciptakan ikatan emosional dengan hewan peliharaan kita. Beberapa hewan peliharaan yang setia bahkan senang membantu dan menemani kita dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, di Indonesia, kita kerap menemukan beberapa hewan yang sering jadi opsi buat dipelihara. Menurut laporan TGM Pet Care Survey 2024, sekitar 75% orang Indonesia paling tidak punya satu hewan peliharaan.

Berikut daftar hewan peliharaan yang jadi favorit buat dipelihara oleh orang-orang Indonesia menurut TGM Pet Care Survey 2024:

Kucing

Kucing Peliharaan ( Prambors/ Devani Amanda)

Hewan peliharaan favorit orang Indonesia di urutan pertama adalah kucing, Kawula Muda.

Menurut laporan dari TGM Pet Care Survey, sekitar 72% orang Indonesia yang punya hewan peliharaan lebih memilih memelihara kucing.

Banyak yang beranggapan kucing itu egois, tapi sebenarnya mereka bisa sangat setia pada pemiliknya. Kucing juga dikenal sebagai hewan yang posesif dan bisa merasa cemburu bila pemiliknya dekat dengan hewan lain. 

Biasanya, kucing tidak takut untuk menjelajah dan sering kali dengan berani menunjukkan kasih sayang mereka kepada pemiliknya.

Anjing

Ilustrasi seekor anjing (ISTOCKPHOTO)

Hewan peliharaan favorit orang Indonesia yang kedua ialah kucing, Kawula Muda.

Sekitar 15% orang Indonesia yang punya peliharaan memilih memelihara anjing.

Anjing memang dikenal sebagai hewan yang selalu setia menunggu pemiliknya untuk bermain dengan mereka. Bahkan, mereka bisa dengan cepat mengenali pemiliknya.

Apalagi, kalau kita merawatnya dengan baik, mereka juga bisa ikut merasakan emosi kita. Ketika sang pemilik sedang bersedih, hewan satu ini pasti akan menghampirinya.

Ikan

Ilustrasi ikan jadi salah satu hewan peliharaan favorit orang Indonesia (Unsplash)

 

Selanjutnya, pada urutan ketiga, ada ikan yang jadi hewan peliharaan favorit orang Indonesia.

Sekitar 8% orang Indonesia yang punya peliharaan memilih untuk memelihara ikan.

Ukurannya yang kecil membuat sebagian orang Indonesia memilih ikan sebagai hewan peliharaannya, karena tentunya dengan memelihara ikan tidak perlu banyak ruang, Kawula Muda.

Hamster

Ilustrasi Hamster (Unsplash/Ricky Kharawala)

Pada urutan keempat hewan peliharaan favorit orang Indonesia, ada binatang kecil nan menggemaskan, yakni hamster.

Sekitar 2% orang Indonesia yang punya peliharaan memilih untuk memelihara hamster, Kawula Muda.

Hamster tak hanya menggemaskan, hewan pengerat kecil ini juga menunjukkan kecerdasannya. Contohnya, ia dapat dengan cepat mengenali tangan pemiliknya. Untuk mempererat ikatan, penting bagi kita untuk secara rutin berinteraksi dan bermain dengannya.

Menariknya, hamster juga mampu mengenali nama yang kita berikan. Oleh karena itu, memanggilnya dengan namanya secara teratur akan membantu membangun komunikasi yang baik dengannya.

Kelinci

Ilustrasi kelinci jadi salah satu hewan peliharaan favorit orang Indonesia (Unsplash)

Terakhir, ada kelinci yang jadi hewan peliharaan favorit orang Indonesia, Kawula Muda.

Sekitar 1% orang Indonesia yang punya peliharaan memilih untuk memelihara hamster, Kawula Muda.

Selayaknya anjing dan kucing, banyak orang yang juga tertarik dalam menjadikan kelinci sebagai salah satu hewan peliharaan.

Kelinci cocok dipelihara buat Kawula Muda yang sudah punya anak kecil, ponakan, atau adik yang masih kecil, karena kelinci merupakan hewan peliharaan favorit anak-anak.

Sementara itu, 2% orang Indonesia yang memiliki hewan peliharaan memilih hewan lain selain yang telah disebutkan di atas, Kawula Muda.

Lo tertarik buat pelihara apa, Kawula Muda?

Berita Lainnya