4 Jenis Bunyi Sirine Ambulans, Tiap Suara Menjelaskan Kondisi Berbeda

Perhatikan ya, Kawula Muda!

Mobil Ambulans (UNSPLASH/yanghong yu)
Mon, 11 Sep 2023


Kawula Muda, pasti lo sudah tidak asing lagi dengan sirine ambulans, di mana saat sirine dinyalakan, secara langsung pengendara harus meminggirkan kendaraan mereka dengan segera.

Ambulans tidak hanya selalu membawa pasien untuk ke rumah sakit dan mempunyai berbagai model bunyi untuk membedakan dan menandakan kondisi yang berbeda-beda loh, Kawula Muda!

Sebelumnya dilansir dari Times Indonesia, Mobil ambulans merupakan jenis kendaraan khusus yang digunakan untuk mengakses prioritas dalam berlalu lintas, sehingga kendaraan lain diharuskan mempersilahkan mobil ambulans untuk melintas terlebih dahulu dalam keadaan darurat.

Maka dari itu, untuk memudahkannya berlalu lintas dalam keadaan darurat, mobil ambulans dilengkapi alat bantu berupa sirine dan lampu khusus.

Antrean ambulans di depan RSD Wisma Atlet Jakarta, Selasa (15/9/2020). (TWITTER)

 

Dilansir dari Kompas Otomotif, sirine ambulans setidaknya memiliki empat bunyi yang berbeda dan menandakan kondisi yang berbeda juga. Simak perbedaan empat bunyi pada sirine ambulans di bawah ini.

1. Bunyi Tempo Palang Kereta Api (Hi Lo)

Kawula Muda, jika lo mendengar sirine ambulans seperti bunyi dengan tempo serupa di palang kereta api, maka artinya ambulans tersebut sedang berada dalam perjalanan menuju rumah pasien.

2. Bunyi Tempo Tidak Terlalu Cepat (Yelp)

Jika Kawula Muda mendengar bunyi sirine dengan jeda lambat, maka artinya ambulans sedang membawa pasien dalam keadaan yang tidak darurat.

3. Bunyi Tempo Cepat (Wail 2)

Bunyi ini dinamai dengan Wail 2 yang biasanya berbunyi "Wiw.. wiw.. wiw...". Bunyi ini memiliki tempo yang lebih cepat dengan menandakan ambulans sedang membawa pasien darurat atau emergency yang harus segera ditangani.

4. Bunyi Tempo Panjang

Jika lo mendengar bunyi sirine dengan tempo yang panjang seperti "Wuu-oww... wuu-oow" maka artinya mobil ambulans sedang membawa jenazah.


Itulah, Kawula Muda empat jenis bunyi sirine yang masing-masing menandakan kondisi yang berbeda, sehingga pengendara bisa paham dan mengenali kondisi yang dibawa oleh mobil ambulans dan memberikan jalan prioritas kepada ambulans.

Ikut Kuis Ensiklopediyo, Dapatkan Merchandise Menarik dari Prambors

Kali ini Prambors mau menguji pengetahuan lo. Bagi yang beruntung dan bisa menjawab bakal dapat hadiah Merchandise Prambors! 

Ini contoh merch-nya, Kawula Muda!

Merchandise Prambors Kuis Ensiklopediyo di Mangkal Pagi Ryo

Untuk dapatkan Merchandise Prambors di atas, yuk, jawab pertanyaan di bawah ini!

Mengapa tulisan di mobil ambulans dicetak terbalik?

A. Agar mudah dibaca dari spion kendaraan lain

B. Agar mudah dibaca oleh pasien

Jawab pertanyaannya dalam link berikut ya QUIZ MANGKAL PAGI RYO.

Pemenang beruntung dengan jawaban benar bakal dihubungi oleh tim Prambors. Good luck, Kawula Muda!

Berita Lainnya