10 Raja dan Ratu yang Diangkat di Usia Sangat Muda, Beda dari Raja Charles III

Salah satu fakta unik yang harus lo ketahui nih, Kawula Muda!

Tidak hanya King Charles III, deretan raja-raja di bawah ini diangkat di umur yang tidak biasa! (BBC)
Mon, 08 May 2023

Penobatan Raja Charles III pada Sabtu, (06/05/2023) memperlihatkan banyak fakta menarik. Salah satunya adalah usia Raja Charles III yang sudah tidak muda lagi. Diangkat menjadi Raja saat umur 74 tahun, Raja Charles III menjadi yang tertua dalam sejarah, Kawula Muda.

Faktanya, pengangkatan seorang Raja atau Ratu memang bisa dilakukan kapan saja, Kawula Muda. Sejarah mencatat seorang raja atau ratu bisa saja diangkat di usia yang beragam. Bahkan saat masih berada di dalam kandungan.

Untuk itu, simak deretan raja dan ratu di bawah ini yang diangkat di umur yang tidak biasa!

Shah Shapur II Jadi Raja Saat Masih dalam Kandungan

Ilustrasi Raja Shah Shapur II (WIKIPEDIA)

Shah Shapur II diangkat menjadi raja pada kekaisaran Sasani tahun 309-379 saat masih dalam kandungan. Hal ini dikarenakan ayahnya meninggal sebelum ia dilahirkan, Kawula Muda.

Beberapa sumber mengatakan jika pelantikan Raja Shah Shapur II dilakukan dengan meletakkan mahkota di atas perut ibunya.

Alfonso XIII saat Baru Dilahirkan

Raja Alfonso XIII (BRITANNICA)

Meski diambil alih sementara oleh ibunya hingga cukup umur, Raja Alfonso XIII dari Spanyol telah diangkat menjadi Raja sejak lahir, Kawula Muda. Secara resmi, Alfonso XIII sudah menjadi Raja sejak ia lahir ke dunia. Wow!

Mary I Diangkat Menjadi Ratu di Usia 6 Hari

Ratu Mary Skotlandia (WIKIPEDIA)

Ratu Skotlandia yang sangat terkenal ini diangkat menjadi ratu dalam usia yang dapat dikatakan sangat belia, yakni 6 hari setelah kelahirannya. Ratu Mary diangkat menjadi ratu pada 14 Desember 1542.

Henry VI, Raja Termuda dalam Sejarah Inggris

Pewaris tunggal Raja Henry V naik takhta saat dirinya masih berusia 9 bulan. Raja Henry VI lahir pada 6 Desember 1421 dan diangkat menjadi Raja Inggris pada tahun 1422.

Raja Sobhuza, Raja Dinasti Swaziland dengan Jabatan Terlama

Raja Sobhuza dinobatkan menjadi raja pada usia 1 tahun. Menariknya, Raja Sobhuza sangat dicintai rakyatnya karena gaya komando yang penuh empati dan perkembangan ekonomi yang pesat. Raja Sobhuza memimpin sejak 1899-1982.

Puyi, Menjadi Kaisar Cina Sejak Umur 2 Tahun

Puyi merupakan Kaisar Cina pada tahun 1908. Puyi memimpin Cina pada umur dua tahun. Sayangnya, setelah itu Dinasti Tiongkok runtuh, Kawula Muda.

Ratu Wilhelmina, Usia 10 Tahun

Ratu Wilhelmina lahir pada tahun 1880 dan menjadi Ratu Belanda sejak 1890. Ratu Wilhelmina menjadi salah satu ratu dengan masa kepemimpinan yang cukup lama, yakni 50 tahun.

Murad, 11 Tahun

Raja Murad menjadi penting dalam sejarah sebab masa jabatannya sebagai raja ditentukan oleh Perang Ottoman-Safawi yang menjadi asal mula perbatasan antara Turki, Iran, dan Irak. Murad dinobatkan menjadi raja ketika umur 11 tahun dan menjadi Sultan Kekaisaran Ottoman.

Raja Tutankhamun, Memulihkan agama Mesir Kuno

Raja Tutankhamun dinobatkan menjadi raja ketika berusia 9 tahun. Ia berhasil memulihkan agama Mesir Kuno yang dihancurkan oleh ayahnya.

Rukidi IV, Raja Tooro hingga Saat Ini

Rukidi IV dinobatkan menjadi raja ketika berusia tiga tahun. Rukidi IV memimpin sejak 1995 hingga sekarang, Kawula Muda. Kini, Rukidi IV sudah berusia 31 tahun dan menjadi raja termuda saat ini.

Kawula Muda, itulah deretan Raja dan Ratu yang diangkat di usia yang tidak biasa. 

Berita Lainnya