Swifties Berhasil Kumpulin Uang Rp 3 M untuk Dukung Kamala Harris

Keren banget Swifties!

Fans Taylor Swift alias Swifties mengumpulkan lebih dari Rp 3 miliar untuk kampanye Kamala Harris melalui penggalangan dana dua bulan. (AFP/Andre Dias Nobre)
Fri, 20 Sep 2024

Kawula Muda, siapa yang menyangka bahwa penggemar Taylor Swift, atau yang dikenal sebagai Swifties, bisa berpengaruh di dunia politik?

Swifties tidak hanya bersenang-senang di konser atau membuat topik trending di media sosial, tetapi juga berhasil mengumpulkan dana mencapai US$207 ribu atau setara dengan Rp 3,17 miliar untuk kampanye Kamala Harris.

Menurut laporan AFP pada Senin (16/9/2024), organisasi yang disebut Swifties for Kamala telah memulai gerakan penggalangan dana sekitar dua bulan yang lalu.

"Tim kami siap untuk memberikan ide tanggapan lirik dan cara untuk menghubungkan panggilan kami untuk donasi dan menjadi relawan," tuturnya seperti dikutip dari AFP, Jumat (20/9/2024).

Para penggemar menegaskan dukungan mereka untuk Kamala Harris dan menyatakan bahwa mereka tidak memiliki afiliasi resmi dengan Taylor Swift sebagai artis yang menginspirasi mereka.

Penggalangan dana yang berlangsung beberapa pekan lalu dihadiri oleh 27 ribu pemirsa dan menampilkan sejumlah bintang terkenal, seperti Carole King, Senator Elizabeth Warren, Kirsten Gillibrand, dan Ed Markey.

Taylor Swift menyampaikan dukungannya ke Kamala Harris dalam pemilihan calon Presiden Amerika Serikat (Deadline)

"Begitu kami melihat postingan tersebut, kami tahu ini adalah sebuah kesempatan," kata Carly Long, seorang anggota tim komunikasi kelompok tersebut dalam sebuah pernyataan.

Kegiatan ini diadakan segera setelah Donald Trump memposting pernyataan kebencian terhadap Taylor Swift di media sosial pada Minggu (15/6/2024).

Calon presiden dari Partai Republik itu menulis, "Saya membenci Taylor Swift!" di platform Truth Social.

Unggahan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh Swifties for Kamala untuk mengumpulkan dana bagi pesaing Donald Trump.

Pada Senin (16/9/2024) mereka juga mengumumkan telah meraup lebih dari U$40 ribu atau setara Rp 613 juta untuk kampanye Kamala Harris.

Dana tersebut berhasil terkumpul sekitar satu hari setelah Donald Trump mengumumkan kebenciannya terhadap Taylor Swift.

Taylor Swift sendiri sudah lebih dulu menyatakan dukungan kepada Kamala Harris dan pasangannya, Tim Walz, melalui media sosial Instagram pribadinya.

Ia menyebut Demokrat dan wakil presiden saat ini sebagai "pemimpin yang tangguh dan berbakat."

"Saya mendukung @kamalaharris karena dia memperjuangkan hak dan tujuan yang saya yakini memerlukan seorang pejuang untuk mencapainya," tulis Taylor Swift setelah debat antara Harris dan Trump minggu lalu.

Selain menggalang dana, kelompok Swifties for Kamala juga merencanakan upaya penjangkauan tambahan, terutama di negara bagian yang belum memiliki kepastian politik, serta pada tanggal-tanggal tersisa dari Eras Tour yang masih berlangsung.

Acara tersebut direncanakan akan diadakan di Miami pada 18 Oktober.

Berita Lainnya