Salut! Hanni NewJeans Siap Jadi Saksi di Majelis Nasional tentang Perundungan di Industri Kerja

Keren banget cewek satu inii!

Hanni akan menjadi di Majelis Persidangan soal perudungan di Industri (ADOR)
Fri, 11 Oct 2024


Hanni, salah satu anggota girl grup K-pop NewJeans, telah dipilih sebagai saksi untuk memberikan keterangan terkait penyelidikan mengenai kekerasan dan intimidasi di tempat kerja dalam industri hiburan. 

Pemilihan Hanni sebagai saksi ini dilakukan oleh Komite Lingkungan dan Tenaga Kerja Majelis Nasional Korea Selatan, Kawula Muda!

Pada Rabu malam (09/10/2024), Hanni secara resmi mengumumkan bahwa dia akan memberikan kesaksian dalam audit Majelis Nasional yang akan datang pada 25 Oktober. 

Audit ini diadakan sebagai upaya menyelidiki masalah intimidasi di lingkungan kerja, termasuk di sektor hiburan.

Audit Majelis Nasional Korea Selatan sendiri akan melibatkan 17 komite parlemen yang bertugas mengaudit 802 institusi pemerintah selama periode 26 hari. 

Kesaksian Hanni diharapkan bisa memberikan wawasan tentang kondisi kerja di industri hiburan, serta mengangkat isu-isu penting terkait perlindungan hak-hak pekerja di dunia entertainment.

NewJeans Melakukan Siaran Lansung di Youtube tanpa sepengetahuan agensi (Soompi)

Pada 11 September lalu, lima anggota NewJeans yaitu Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein menggelar siaran langsung mendadak untuk membahas kondisi kerja mereka. 

Mereka juga menunjukkan dukungan kepada mantan CEO mereka, Min Hee-jin, yang dipecat pada bulan Agustus. 

Dalam siaran tersebut, mereka mengungkapkan perasaan dan pengalaman mereka sebagai idol, serta bagaimana mereka merasakan tekanan dalam industri hiburan.

Hanni juga menceritakan sebuah kejadian di mana ia mengklaim bahwa grup lain di bawah HYBE diminta untuk "mengabaikannya." 

"Lantai empat gedung HYBE adalah tempat kami untuk menata rambut dan makeup, jadi banyak artis dan staf lain yang lewat di sana. Suatu hari, saya menunggu sendirian di lorong ketika [grup HYBE lain] lewat. Kami menyapa satu sama lain, tetapi saat mereka keluar lagi beberapa saat kemudian, saya mendengar salah satu manajer mereka berkata 'Abaikan dia' tepat di depan saya. Saya bisa mendengar dan melihat semuanya dengan jelas. Sampai sekarang, saya masih bingung kenapa saya harus mengalami hal seperti itu." ucap Hanni di siaran langsung tersebut.

Walaupun Hanni tidak menyebutkan nama grup atau manajer yang dimaksud, pernyataan selanjutnya dari perusahaan induk HYBE dan sub-label Belift Lab mengungkapkan bahwa grup yang terlibat adalah Illit, yang sebelumnya dituduh oleh Min Hee-jin karena meniru gaya NewJeans. 

Insiden ini menunjukkan tantangan yang dihadapi para idol dalam industri K-pop dan semakin mempertegas pentingnya diskusi mengenai lingkungan kerja yang aman dan mendukung.

Hanni menjelaskan alasannya mau memberikan kesaksian dengan menulis di aplikasi perpesanan yaitu 'Bubble' NewJeans.

"Saya melakukan ini buat diri saya sendiri, anggota lainnya, dan juga buat Bunnies (fandom NewJeans)... Saya udah mikirin ini banyak banget, tapi saya percaya melangkah maju adalah keputusan yang tepat untuk dilakukan." ucap Hanni dikutip dari CNA lifestyle pada Jumat (11/10/2024)

Dia juga mengungkapkan rasa terima kasih yang mendalam buat para penggemar yang udah kasih dukungan. 

Menurut Hanni, dukung seseorang atau tetap ada di sampingnya itu nggak gampang, apalagi ketika kita nggak minta bantuan. 

Hanni merasa langkah ini penting, bukan cuma untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk komunitas mereka, agar bisa menciptakan lingkungan yang lebih baik di industri hiburan.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya