Profil Giring Ganesha, dari Vokalis Nidji Hingga Wakil Menteri Kebudayaan

Portonya oke juga nih Mas Giring

Giring Ganesha, Wakil Menteri Kebudayaan (ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan)
Mon, 21 Oct 2024


Giring Ganesha ditunjuk Presiden Prabowo sebagai Wakil Menteri Kebudayaan. Pengumuman itu disampaikan Presiden Prabowo Subianto usai dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia pada Minggu (20/10/2024) malam di Istana Merdeka Jakarta.

Giring yang dahulu menjadi vokalis Nidji kini akan mendampingi Fadli Zon yang jadi Menteri Kebudayaan.

Sebelumnya, Giring jadi salah satu orang yang muncul di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada Selasa (15/10/2024).

Dia bergabung dengan politisi, profesional, akademisi, dan tokoh publik lain yang masuk kabinet Prabowo-Gibran.

Profil Giring Ganesha

Anggota Dewan Pembina PSI, Giring Ganesha (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Giring yang punya nama lengkap Giring Ganesha Djumaryo adalah politikus PSI kelahiran di Jakarta pada 14 Juli 1983

Sebelum menjadi seorang politikus, nama Giring lebih dulu dikenal publik sebagai vokalis grup band Nidji.

Bersama Nidji, Giring melahirkan lagu-lagu hits seperti “ Hapus Aku” hingga “Laskar Pelangi” yang menjadi soundtrack film dengan judul yang sama ‘Laskar Pelangi’ tahun 2008.

Gak cuma berkarier di Musik, kiprah Giring di industri hiburan melebar ke dunia akting. Ia pernah membintangi film ‘Sang Pencerah’ (2010), ‘Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea’ (2016). hingga beberapa kali menjadi pengisi suara film animasi.

Pada tahun 2017, Secara mengejutkan Giring memutuskan hengkang dari Nidji, band yang membesarkan namanya tersebut.

Giring yang semula keluar dengan alasan istirahat dan melanjutkan studi justru malah bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Perjalanan Giring di dunia politik diwarnai pencalonan anggota legislatif di Pileg 2019. Ia maju sebagai caleg PSI, tetapi kandas usai partainya dinyatakan tak lolos parliamentary threshold.

Karier politik Giring berlanjut ketika menjadi Plt Ketua Umum PSI per Agustus 2020 lalu. Ia bahkan sempat menjadi menjabat ketua PSI sebelum akhirnya posisi tersebut diambil Kaesang Pangarep, putra Jokowi sekaligus adik kandung Wakil Presiden Indonesia saat ini, Gibran Rakabuming Raka.

Giring kemudian menjabat sebagai Anggota Dewan Pembina PSI bersama Isyana Bagoes Oka.

Giring Ganesha kembali mencoba peruntungan dengan turut berlaga dalam Pileg 2024 di Dapil Jawa Barat I. Sayang, Giring hanya berhasil mendapat 44.061 suara dan kembali gagal melenggang ke Senayan imbas PSI tidak mencapai parliamentary treshold atau ambang batas parlemen.

Baru-baru ini Giring Ganesha kembali bermusik usai merilis sebuah EP berjudul “Serigala” pada September 2024. Giring juga kerap datang ke sejumlah acara musik sebagai penampil.

Selain dalam industri musik dan politik, Giring Ganesha juga diketahui pernah menjabat sebagai Presiden Indonesia Esport Primier League (IESPL).

Melansir Antara News, Giring turut memprakarsai pembentukan liga esports bersama PT Gajah Merah Terbang, bagian dari grup PT Merah Cipta Media.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya