Miley Cyrus Digugat Karena Lagu "Flowers" Dianggap Jiplak Lagu Bruno Mars

Kok baru sekarang ya digugatnya...

Lagu "Flowers" Miley Cyrus dianggap menjiplak lagu 'When I Was Your Man" Bruno Mars (Stefanie Keenan/Getty Images)
Wed, 18 Sep 2024

Miley Cyrus lagi jadi sorotan gara-gara digugat soal lagu "Flowers", yang dianggap mirip banget sama "When I Was Your Man" milik Bruno Mars, Kawula Muda.

Gugatan ini diajukan di pengadilan federal Los Angeles pada hari Senin oleh perusahaan bernama Tempo Music Investments. 

Mereka mengklaim bahwa Flowers sudah "eksploitasi" atau mencuri elemen dari lagu Bruno Mars tanpa izin. Yang nggak kalah menarik, selain Miley, dua rekan penulis lagu Flowers, Gregory Hein dan Michael Pollack, juga ikut dituntut. 

Bahkan, perusahaan besar seperti Sony Music Publishing, Apple, Target, Walmart, dan beberapa lainnya yang membantu mendistribusikan lagu tersebut juga diseret ke pengadilan. 

Kasus ini menarik perhatian banyak orang karena "Flowers" adalah salah satu lagu sukses Miley yang bahkan berhasil memenangkan Grammy, dan sekarang malah jadi bahan gugatan gara-gara dianggap terlalu mirip sama lagu klasiknya Bruno Mars. 

Tempo Music menegaskan bahwa kesamaan antara kedua lagu tersebut bukan kebetulan dan bahwa "Flowers" mengambil elemen-elemen penting dari "When I Was Your Man" secara sengaja. 

Lagu Flowers Miley Cyrus di dugat karena dianggap menjiplak lagu Bruno Mars (Fender/Mega)

Mereka mengklaim bahwa perpaduan melodi, beat, dan lirik yang ada di "Flowers" mencerminkan struktur dasar dari lagu Bruno Mars. 

Dalam gugatan itu, mereka menambahkan bahwa setiap penggemar "When I Was Your Man" bisa mengenali kemiripan lagu tersebut dengan "Flowers" begitu mendengarnya.

Menurut mereka, "Flowers" nggak akan pernah mencapai kesuksesan globalnya tanpa elemen dari "When I Was Your Man". 

Berikut reff lagu "When I Was Your Man" dari Bruno Mars yang dirilis tahun 2012:

“I should have bought you flowers. And held your hand. Should have gave you all my hours when I had the chance. Take you to every party ‘cause all you wanted to do was dance. Now my baby’s dancing. But she’s dancing with another man,” nyanyi Bruno Mars.

Sedangkan, ini reff dari lagu "Flowers" Miley Cyrus yang rilis tahun lalu dan punya lirik yang dianggap mirip dengan lagu Bruno Mars:

“I can buy myself flowers. Write my name in the sand. Talk to myself for hours. Say things you don’t understand. I can take myself dancing. I can hold my own hand. I can love me better than you can,” nyanyi Miley Cyrus.

Kalau dilihat, lirik keduanya memang punya vibe yang mirip, Bruno Mars nyesel nggak bisa kasih yang terbaik buat pasangannya, sementara Miley Cyrus justru bilang dia bisa mencintai dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain.

Intinya, Tempo Music bukan hanya menuntut ganti rugi, tapi juga meminta pengadilan melarang Miley untuk memainkan, mendistribusikan, atau memproduksi ulang lagu tersebut. 

Mereka merasa langkah ini penting untuk melindungi hak cipta "When I Was Your Man" dan memastikan bahwa kesuksesan "Flowers" tidak terus berlanjut di atas dasar karya orang lain.

Sebagai informasi, lagu Flowers berhasil bawa pulang Grammy pertamanya tahun ini untuk kategori Best Pop Solo Performance. 

Tahun lalu, lagu ini duduk di puncak chart Amerika selama delapan minggu, dan bertahan di posisi pertama di Inggris selama 10 minggu.

Berita Lainnya