Kampanye Calon Presiden Amerika, Kamala Harris, Mengusung Tema "Brat" Album Charli XCX

Kira-kira siapa yang bakalan jadi presiden AS selanjutnya, Kawula Muda?

Kampanye Kamala Harris dalam tema brat (X/KamalaHQ)
Tue, 23 Jul 2024

Kamala Harris telah memperbarui tampilan kampanyenya dengan mengadopsi tren media sosial yang terinspirasi oleh sampul album "Brat" dari penyanyi pop Charli XCX.

Calon presiden dari Partai Demokrat ini telah mempromosikan album tersebut melalui semua akun kampanyenya dan telah mengubah nama profilnya menjadi Kamala HQ.

Penggantian nama ini terjadi ketika Charli menunjukkan dukungannya dengan mengirim cuitan "kamala is brat", tak lama setelah Presiden Joe Biden mengumumkan pengunduran dirinya dari pencalonan presiden dan memberikan dukungan kepada wakil presidennya.

Pada Senin (22/7/2024), Ms. Harris mendapat dukungan dari Charli, yang akunnya menampilkan foto baru berwarna hijau limau dengan gaya sampul album "Brat".

"Brat" merupakan album studio keenam dari Charli, dan tweetnya tentang Wakil Presiden Harris telah meraih hampir sembilan juta tayangan hanya dalam waktu empat jam.

Desain sampul album ini adalah persegi berwarna hijau limau dengan kata 'brat' di tengah menggunakan font Arial resolusi rendah.

Dikutip dari podcast Sidetracked BBC, Selasa (23/7/2024) "Brat" adalah konsep yang menggambarkan seseorang yang mungkin membawa "sebungkus rokok, korek api Bic, dan atasan putih bertali tanpa bra".

Konsep ini dilihat oleh sejumlah kritikus pop sebagai penentangan terhadap estetika "clean girl" yang menjadi tren di TikTok, yang menolak ideal femininitas yang terpolakan, dan menggantinya dengan sikap yang lebih hedonistik dan pemberontakan.

"Anda mirip dengan gadis yang agak berantakan, gemar berpesta, dan mungkin sesekali mengucapkan hal-hal yang tidak bijak," ungkap Charli di media sosial.

Akun X Kamala HQ mulai mengunggah kembali meme (seringkali berisi gambar atau klip video yang dikenal luas, disertai dengan keterangan atau frasa humoris) serta kata-kata kasar.

Dengan kata lain, Ms. Harris menjadi sangat menarik bagi pemilih muda, yang kini, sebagian besar karena pengaruh Charli XCX, menganggapnya sebagai pilihan "gadis yang keren".

Hanya beberapa jam setelah Joe Biden mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden 2024 dan dukungannya terhadap Harris, kampanye tersebut resmi mengajukan perubahan nama. 

Sebagai cerminan dari perubahan ini, laman kampanye Biden-Harris di X telah menerapkan branding baru. 

Sebelumnya, laman ini dikenal sebagai Biden-Harris HQ dan terkenal dengan meme internet mengenai Presiden Joe Biden.

Dokumen yang baru diajukan ke Komisi Pemilihan Umum Federal mengungkapkan bahwa kampanye ini akan berlabel 'Harris for President', dan Harris akan mencalonkan diri sebagai presiden, bukan sebagai wakil presiden.

Berita Lainnya