George R. R Martin Ungkap Novel Keenam akan Berbeda dari Serial Game of Thrones!

Jadi jangan heran kalau ada perbedaan 'keberuntungan' di karakter-karakternya, Kawula Muda!

Cuplikan Game of Thrones. (HBO)
Tue, 12 Jul 2022


Penulis George R. R Martin mengungkap akan terdapat perbedaan besar terkait cerita dari novel seri keenam A Song of Ice & Fire, dengan cerita di akhir serial Game of Thrones. 

“Iya, beberapa hal yang Anda lihat dalam Game of Thrones di HBO juga akan terlihat dalam The Winds of Winter,” tulis Martin mengutip EW pada Sabtu (09/07/2022). 

via GIPHY

Sebelumnya, pada 2011 lalu, novel A Dance with Dragons yang menjadi seri kelima dari serial tersebut diterbitkan. Kemudian, pada tahun yang sama, serial 'Game of Thrones' pertama kali tayang di HBO.

Martin pun mengungkap bahwa dalam semesta novel, kisah yang disuguhkan jauh lebih kompleks daripada serialnya. “Beberapa hal yang terjadi di HBO tidak akan ada di bukunya, begitu juga sebaliknya,” tambah Martin. 

Walau tidak memberi ‘bocoran’ terkait cerita pada novel keenamnya, Martin memastikan beberapa karakter yang bertahan dalam serial mungkin tidak akan seberuntung itu di versi novelnya. 

Lebih lanjut, novelis populer tersebut juga menuturkan bahwa dirinya adalah pribadi yang impulsif. Martin, secara pribadi, turut menjelaskan bahwa ia memiliki gaya penulisan layaknya tukang kebun. 

Maksudnya, ia menulis layaknya menggali lubang, menanam benih, kemudian menunggu bagaimana angin serta cuaca dapat memberi dampak terhadap tunas-tunasnya. 

“Saya bisa saja mengubah pikiran pekan depan, dengan bab terbaru yang akan segera saya tulis: itu seperti berkebun,” tambah Martin. 

Sementara itu, terkait perbedaan cerita, Martin juga meyakini akan adanya perdebatan besar terutama di kalangan para fans. 

“Akan ada perdebatan versi mana yang lebih baik. Beberapa mungkin akan menyukai novel, yang lain lebih suka serialnya. Semua baik-baik saja, kamu punya uang dan kamu membuat pilihan,” tuturnya. 

Berita Lainnya