Film Kiblat Bakal Ganti Judul dan Poster, Sesuai Imbauan MUI

Kedua pihak akhirnya menemukan jalan tengah nih, Kawula Muda!

Film Kiblat Bakal Ganti Judul dan Poster, Sesuai Imbauan MUI
Tue, 02 Apr 2024


Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis mengungkapkan pihak film Kiblat kini sudah meminta maaf dan berencana akan mengganti judul film dan poster promosi, Kawula Muda.

Langkah tersebut dilakukan usai film horor garapan Leo Pictures ini menuai kontroversi setelah judul dan posternya menggunakan simbol agama Islam.

Hal tersebut diungkapkan oleh Cholil Nafis lewat akun Instagram pribadinya. Unggahan itu memperlihatkan pertemuan antara pihak MUI dengan pihak film Kiblat pada Rabu (27/3/2024).

"Pada akhirnya tim film Kiblat ingin menyelesaikan polemik di masyarakat dan memohon maaf atas terjadinya kegaduhan," kata Cholil Nafis dalam unggahan di Instagram.

Sementara itu, Agung Saputra selaku produser film Kiblat menyampaikan hal senada, Agung bahkan menyebutkan bahwa MUI banyak memberikan saran-saran positif.

"Sesuai arahan dari MUI, kami akan segera mengganti judul dan poster dari film kami, agar kegaduhan ini tidak berkepanjangan dan mengganggu ibadah puasa kita," tutur Agung Saputra dalam pernyataannya, Rabu (27/3/2024).

"Pihak MUI dengan sangat rendah hati memberikan banyak saran positif kepada karya kami," imbuhnya.

Lebih lanjut, Agung mengakui bahwa judul dan poster film tersebut menuai kontroversi karena salah paham.

"Mengingat isi film ini sebenarnya merupakan syiar yang baik untuk masyarakat, namun poster dan judulnya menciptakan salah paham kepada berbagai pihak," katanya menyambung.

Sebelumnya, film Kiblat menuai beragam kritikan lantaran menggunakan simbol agama Islam. Cholil Nafis sebelumnya meminta agar film Kiblat yang diproduksi oleh rumah produksi Leo Pictures tersebut tidak tayang di bioskop, Kawula Muda.

Prambors News sekarang bisa didengerin di Spotify, Kawula Muda. Lo bisa search Prambors News di Spotify buat bisa dengerin berita dengan konsep yang beda.

Berita Lainnya