Daftar Musisi yang Paling Dinantikan untuk Comeback, Ada Favorite Lo?

Soon semoga bakal tercapai ya, Kawula Muda!

Musisi yang dinantikan untuk comeback (Shutterstock)
Sun, 28 Jul 2024

Tahun 2024 ini, dunia musik dipenuhi dengan kejutan, terutama karena banyak musisi yang melakukan comeback. 

Salah satunya adalah kembalinya grup K-pop 2NE1, yang sebelumnya bubar pada tahun 2016. 

Grup naungan agensi YG Entertainment ini dikabarkan akan menggelar tur dunia untuk merayakan ulang tahun mereka yang ke-15.

Dengan adanya berita tersebut, para penggemar dan netizen mulai berharap agar grup band atau musisi lainnya juga mengikuti jejak 2NE1 dan kembali ke panggung musik. 

Mereka sangat menantikan kembalinya beberapa grup legendaris yang sudah bubar atau sedang tidak aktif di industri musik.

Berikut adalah daftar beberapa grup yang paling dinantikan comeback-nya:

BIGBANG

Grup Kpop BIGBANG (Getty Images)

BIGBANG adalah grup K-pop yang berada di bawah label YG Entertainment dan beranggotakan lima orang. BIGBANG memulai debutnya pada tahun 2006.

Mereka merupakan grup Kpop legendaris karena pengaruh mereka di Korea Selatan dan lagu-lagu mereka yang selalu hits seperti "Fantastic Baby" dan "Bang Bang Bang" sampai mendapat pengakuan sebagai "The King Of K-Pop" oleh beberapa kalangan.

Saat ini, grup ini dinyatakan sedang hiatus saat para anggotanya menjalani wajib militer dan salah satu anggotanya, Seungri, terlibat dalam kasus Burning Sun yang mengakibatkan pengunduran dirinya dari grup. Sejak itu, keempat anggota lainnya telah fokus pada karier solo mereka masing-masing.

Banyak yang menyebut mereka sebagai "saudara laki-laki" dari 2NE1, sehingga saat  tau kalau 2NE1 bisa comeback walaupun sudah bubar, para penggemar sangat berharap bahwa BIGBANG juga dapat berkesempatan untuk kembali lagi.

One Direction 

Boyband One Direction (IMDB)

Siapa yang tidak mengenal grup band ikonik ini? Pemilik lagu hit "What Makes You Beautiful" ini adalah salah satu band paling terkenal di kalangan remaja pada masa kejayaannya.

One Direction, atau sering disingkat 1D, adalah grup boy band pop yang terdiri dari anggota Inggris dan Irlandia. Mereka dibentuk di London pada tahun 2010 dan terdiri dari Niall Horan, Liam Payne, Harry Styles, Louis Tomlinson, serta Zayn Malik, yang bergabung dengan grup hingga 2015. 

Grup ini meraih popularitas yang sangat besar dan menjadi salah satu boy band terlaris sepanjang masa dengan berbagai hits dan album yang sukses di pasaran. Mereka dikenal karena penampilan mereka yang energik dan musik mereka yang catchy, yang berhasil menarik perhatian jutaan penggemar di seluruh dunia.

Namun pada tahun 2016, One Direction memutuskan untuk mengambil hiatus yang tidak ditentukan. 

Banda Neira

Grup Musik Banda Neira (Instagram/bandaneira_official)

Banda Neira adalah duo folk yang terdiri dari Ananda Badudu dan Rara Sekar. Awalnya, Banda Neira bermula dari proyek santai antara keduanya yang hanya berencana bermain musik bersama. 

Namun, dari eksperimen musik ini, mereka berhasil menciptakan empat lagu yang sangat dikenal, yakni "Di Atas Kapal Kertas", "Ke Entah Berantah", "Kau Keluhkan", dan "Rindu (yang merupakan musikalisasi puisi karya Subagio Sastrowardoyo)".

Meskipun Banda Neira telah meraih kesuksesan dengan lagu-lagu mereka, mereka sudah lama vakum sebelum akhirnya mengumumkan pembubaran. 

Salah satu momen penting sebelum pengumuman tersebut adalah pesta rilis album mereka yang berjudul "Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti" pada tahun 2016 silam. 

Acara tersebut tidak hanya menjadi ajang perayaan album, tetapi juga merupakan momen perpisahan bagi Rara Sekar dari Ananda Badudu dan penggemar setia Banda Neira.

Setelah periode vakum yang cukup lama, Banda Neira secara resmi mengumumkan pembubarannya pada Jumat, 23 Desember 2016 dini hari. Pengumuman ini menandai akhir dari perjalanan musik mereka sebagai grup.

My Chemical Romance (MCR)

Band My Chemical Romance (MCR) (exclaim magazine)

My Chemical Romance atau MCR adalah sebuah band emo rock yang berasal dari Newark, New Jersey, Amerika Serikat. 

Band ini dikenal dengan formasi saat ini yang terdiri dari Gerard Way sebagai vokalis utama, Ray Toro sebagai gitaris utama, Frank Iero sebagai gitaris ritme, dan Mikey Way sebagai bassist. 

Dianggap sebagai salah satu grup rock yang paling berpengaruh pada dekade 2000-an, My Chemical Romance dikenal dalam genre pop-punk dan emo, meskipun mereka sendiri menolak label emo. 

Band ini pertama kali meraih ketenaran dengan album-album seperti "Three Cheers for Sweet Revenge" dan "The Black Parade", yang membantu mendefinisikan suara dan estetika era tersebut. 

Namun, pada 22 Maret 2013, My Chemical Romance mengumumkan pembubaran mereka dan menandai akhir dari era produktif mereka sebagai grup.

Meskipun mereka secara resmi bubar, My Chemical Romance tetap memiliki pengaruh yang besar dalam musik rock. Bahkan hingga tahun 2023, band ini masih sering tampil di atas panggung, baik dalam konser reuni maupun festival musik.

Naif

Naif (Instagram/naifband)

Naif adalah grup musik asal Indonesia yang didirikan pada 22 Oktober 1995 di Jakarta. Anggota band ini terdiri dari Emil (Mohammad Amil Hussein, bass), David (David Bayu Danangjaya, vokal), Jarwo (Fajar Endra Taruna, gitar), dan Pepeng (Franki Indrasmoro Sumbodo, drum).

Band ini terbentuk karena seringnya beberapa mahasiswa dari IKJ berkumpul untuk mengerjakan tugas kuliah.

Naif dikenal dengan beberapa lagu hits seperti "Mobil Balap," "Benci untuk Mencinta," dan "Air dan Api."

Album terakhir mereka adalah “7 Bidadari” yang dirilis pada 2017.

Rumor bubarnya Naif sudah cukup kencang sejak tahun 2019 lalu, Kawula Muda.

Sebelum akhirnya Emil mengungkapkan bahwa ia sudah keluar dari Naif sejak September 2020, diikuti oleh Pepeng.

Pada 10 Mei 2021, David Bayu mengonfirmasi bahwa kepergian Emil dan Pepeng menandai akhir dari Naif sebagai sebuah band, dan menyatakan bahwa Naif bisa dianggap bubar.

So, kira-kira siapa lagi band atau musisi yang menurut lo wajib comeback nih, Kawula Muda?

Berita Lainnya