Daftar Aturan Agensi K-pop untuk Para Idol, Salah Satunya Dilarang Pacaran!

Berat juga ya ternyata jadi K-Pop Idol, Kawula Muda

Aturan dari agensi K-pop untuk para artisnya yang wajib dipatuhi (allkpop)
Sat, 13 Jul 2024

Salah satu personil BLACKPINK dan penyanyi solo, Jennie, beberapa hari yang lalu sempat mendapat kecaman karena diduga menghisap rokok elektrik berjenis vape, Kawula Muda!

Kejadian ini terjadi dalam vlog berjudul "A Moment in Capri with Jennie," yang diunggah di kanal YouTube pribadinya, Jennierubyjane Official, pada Selasa (02/07/2024). 

Dalam rekaman itu, Jennie terlihat menghembuskan asap vape sementara tim penata rambut dan penata rias sedang bekerja di wajahnya.

Jennie dianggap melanggar aturan sebagai idol K-pop, terlebih aksi nge-vape Jennie dilakukannya di depan penata rias yang sedang bekerja di wajahnya.

Secara umum, agensi K-Pop menerapkan banyak aturan untuk para idol atau artis mereka. Jika melanggar aturan tersebut, artis bisa mendapat masalah karena agensi selalu mengawasi mereka dengan ketat melalui manajernya masing-masing.

Tujuan utamanya adalah membentuk karakter dan citra yang akan mereka perlihatkan saat menjadi idola.

Peraturannya pun begitu beragam, berikut beberapa aturan yang harus dipatuhi idol K-Pop:

Tidak Boleh Pacaran

Idol Kpop dilarang berkencan (TVN)

Sejumlah agensi menetapkan aturan yang ketat terkait pacaran atau kencan. Contohnya seperti JYP Entertainment yang menaungi Twice dan Got7, yang dikenal menerapkan aturan ketat terkait kencan. 

Mereka membatasi idola untuk tidak berpacaran selama tiga tahun setelah debut di mata publik. Setelah itu, baru mereka diperbolehkan menjalin hubungan tanpa kendala.

Beberapa agensi bahkan mewajibkan manajer untuk mengawasi para idol agar tidak terlibat dalam hubungan asmara. Aturan serupa juga diterapkan pada grup lain dari agensi yang berbeda, seperti STAYC, Apink, Rocket Punch, U-KISS, dan CIIPHER.

Tidak Boleh Menggunakan Ponsel

Ilustrasi beberapa Idol K-pop yang dilarang menggunakan handphone oleh agensinya (Unsplash)

Sudah umum diketahui bahwa pengaruh penggunaan ponsel yang berlebihan karena bisa mengganggu kinerja seseorang, tak terkecuali para idol K-pop.

Para idol K-Pop seringkali hanya diperbolehkan menggunakan handphone pribadi setelah mereka memenangkan pertunjukan musik tertentu. 

Tiffany Young dari SNSD pernah mengungkapkan bahwa awal karirnya, anggota grupnya tidak memiliki handphone pribadi dan harus menggunakan telepon umum untuk menghubungi keluarga di Amerika.

Pola Makan yang Diatur

Ilustrasi Idol K-pop yang dituntuk untuk menjaga pola makan (Unsplash)

Calon idola K-pop umumnya menjalani rencana diet ketat sepanjang waktu. Ada beberapa daftar makanan yang memuat makanan tinggi kalori dan dilarang untuk dikonsumsi para trainee, termasuk tteok-bokki, jajangmyeon, es krim, dan hamburger.

Aturan ketat ini menyebabkan manajer mengawasi idol mereka secara ketat. Bahkan, anggota LOVELYZ mengakui bahwa mereka bisa dimarahi dan dihukum jika melanggar aturan tersebut. 

Grup seperti T-ARA dan Apink juga mengakui bahwa kadang-kadang mereka harus memesan makanan secara diam-diam dan menyantapnya di kamar mandi untuk menghindari hukuman.

Harus Selalu Menjaga Sikap

Idol Kpop membungkuk kepada idol lain (hellokpop)

Sebagian dari citra yang baik dan pantas adalah menunjukkan rasa hormat, termasuk cara yang tepat untuk membungkuk secara sempurna. 

Sebagai contoh, YouTuber dan artis Grazy Grace menceritakan pengalamannya ketika ia ditegur karena membungkuk dengan tangan di saku mantel musim dinginnya, yang dianggap kurang sopan.

Irene dari Red Velvet juga pernah mendapat kritik karena sikap kasarnya terhadap seorang penata baju, tetapi kemudian ia meminta maaf melalui platform media sosial.

Pergi ke Night Club

Ilustrasi para Idol K-pop yang dilarang agensinya pergi ke night club (Unsplash)

Beberapa agensi tidak mengizinkan idola mereka untuk pergi ke night club atau bar, Kawula Muda.

BLACKPINK sebelumnya mengungkapkan bahwa para trainee di YG Entertainment tidak diizinkan pergi ke klub.

Park Jin Young juga telah menyatakan bahwa semua staf di JYP Entertainment tidak diizinkan masuk ke bar yang hanya memiliki pelayan wanita, yang umumnya melayani pelanggan pria. Park Jin Young bahkan siap untuk memberhentikan staf yang melanggar peraturan tersebut.

Ternyata selama ini, kehidupan para idol sangat terbatas sehingga mereka jarang merasa bebas walaupun sudah berjuang keras meraih impiannya untuk menjadi idol.

Bagaimana pendapat lo, Kawula Muda?

Berita Lainnya