Bernadya Angkat Suara Usai Mengalami Pelecehan Seksual: Komentarnya Sudah Keterlaluan

Padahal konten nya ga aneh loh...

Bernadya buka suara tentang komentar negatif yang didapat dari TikTok. (Instagram/bernadyaribka)
Thu, 26 Sep 2024

Penyanyi Bernadya sedang ramai dibicarain gara-gara jadi korban komentar pelecehan seksual di media sosial, Kawula Muda

Belum lama ini, Bernadya mendapatkan pelecehan verbal dari netizen di salah satu video yang dia upload di TikTok pribadinya.

Video tersebut merupakan video sederhana yang diunggah Bernadya untuk berbagi momen pribadi dengan para penggemarnya.

Sayangnya, ada netizen malah meninggalkan komentar negatif yang isinya berbau pelecehan verbal pada unggahan tersebut. 

Bernadya akhirnya speak-up karena tidak tahan dengan situasi itu dan mengungkapkan perasaannya lewat Instagram Story di akun pribadinya, Rabu (25/9/2024).

Konten Bernadya di Tiktok dipenuhi dengan komentar pelecehan seksual (X/cimolpedes)

“Aku jarang banget speak-up soal ini, Cuma menurut aku ini sudah keterlaluan komentarnya, bahkan komentarnya sampai ke postingan yang bukan postingan aku,” ungkapnya. 

Bernadya mengungkap kalau sebenarnya video yang dia upload di TikTok itu nggak ada yang aneh, isinya cuma tentang dia yang lagi pulang kampung alias mudik. 

Karena banyaknya komentar yang bernada pelecehan, Bernadya sempat ambil langkah buat nonaktifin kolom komentar di unggahan TikTok-nya.

Tujuannya jelas, biar komentar-komentar negatif tidak terus bermunculan. Tapi sayangnya, usaha itu nggak sepenuhnya berhasil.

Alih-alih mereda, kontennya malah di-repost ulang di platform X oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan lagi-lagi dibanjiri komentar pelecehan yang sama.

“Aku sempat dinonaktifkan komentarnya, tapi malah di post di tempat lain dan komennya sama juga, aku nggak ngerti lagi, aku sedih jujur,” lanjut Bernadya.

Penyanyi "Satu Bulan" yang viral ini juga mengakui kalau dia sadar nggak bisa ngatur pikiran atau tanggapan orang lain soal dirinya. 

Tapi, menurut Bernadya, seharusnya orang bisa berpikir terlebih dahulu sebelum berkomentar, apalagi jika komentarnya itu bisa menyakiti hati orang lain. 

Pada Rabu malam (25/09/2025), Bernadya akhirnya memutuskan untuk menghapus video TikTok yang jadi sasaran komentar pelecehan itu dari akun resminya.

Kasus pelecehan verbal yang dialami Bernadya ini juga nambahin panjang daftar kasus serupa di media sosial. 

Terutama buat para figur publik, yang sering jadi sasaran komentar-komentar nggak pantas dari netizen yang tidak bertanggung jawab.

Semoga kejadian seperti ini nggak terulang lagi, dan kita bisa bareng-bareng bikin ruang yang aman dan nyaman buat perempuan di mana pun ya, Kawula Muda.

Berita Lainnya