Bangga! Film 'Women From Rote Island' Terpilih Mewakili Film Indonesia di Piala Oscar 2025

Keren banget ya, Kawula Muda!

Women from Rote Island terpilih jadi perwakilan Indonesia untuk Oscar 2025 (Instagram/womenfromroteisland)
Wed, 25 Sep 2024

Indonesia semakin serius buat unjuk gigi di panggung hiburan dunia, Kawula Muda!

Kali ini, film "Women from Rote Island" terpilih jadi perwakilan Indonesia untuk Oscar 2025

Ajang prestisius ini tentunya jadi langkah besar buat perfilman Indonesia buat semakin dikenal dunia.

Keputusan ini diambil oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia, yang diumumkan pada Selasa, 17 September 2024. 

Komite ini dipimpin oleh aktor senior Deddy Mizwar, bersama anggota lainnya seperti Cesa David Lukmansyah, Garin Nugroho, Edwin Nazir, Ilham Bintang, Ratna Riantiarno, Slamet Rahardjo, Thoersi Argeswara, dan Widyawati, nama-nama besar yang udah nggak asing lagi di dunia perfilman Indonesia.

Film garapan sutradara Jeremias Nyangoen ini bakal maju di kategori Film Fitur Internasional, bersaing dengan film-film dari seluruh dunia. 

Keputusan Women from Rote Island diambil oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia (istimewa)

Sebelum resmi terpilih buat maju ke Oscar ke-97, Women From Rote Island harus melewati proses seleksi yang nggak mudah, bersaing dengan belasan film lainnya. 

Komite seleksi yang dibentuk oleh Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) dan udah terakreditasi oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), terlibat dalam menonton dan berdiskusi panjang untuk menentukan film mana yang layak mewakili Indonesia. 

Setelah melalui pertimbangan yang mendalam, mereka akhirnya memutuskan Women From Rote Island yang terpilih, dikutip dari Antara pada Selasa, (24/09/2024).

Deddy Mizwar, selaku ketua komite, juga mengungkapkan bahwa salah satu tantangan terbesar adalah promosi film di Oscar yang masih kurang kuat. 

“Hasil evaluasi kami, dukungan promosi film di Piala Oscars paling lemah. Sulit bagi panitia untuk menarik perhatian juri dan masyarakat di ajang itu,” kata Deddy seperti yang dikutip dari Antara. 

Meski begitu, mereka tetap optimis dan siap mendaftarkan Women From Rote Island di kategori Best International Feature Film di Academy Awards ke-97 atau Oscar 2025.

Film yang juga meraih penghargaan di FFI ini berhasil mengalahkan 16 judul film Indonesia lainnya. 

Keenam belas film tersebut diseleksi oleh Komite yang dibentuk oleh Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) dan telah diakreditasi oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS).

Women from Rote Island menjadi film Indonesia ke-26 yang dikirim ke Oscar sejak tahun 1987.

Film ini sudah dikenal secara internasional setelah tampil di Cannes Film Festival 2024 dan ditayangkan di Marche du Film, serta melakukan debut di Busan International Film Festival. 

Women from Rote Island, yang tayang di Indonesia pada 2023, juga berhasil meraih beberapa penghargaan di Festival Film Indonesia (FFI) 2023, termasuk Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, dan Film Cerita Panjang Terbaik.

Film ini mengisahkan tentang diskriminasi yang dialami seorang perempuan bernama Martha dari Pulau Rote, NTT. Dia bekerja di Malaysia, tetapi setelah mengalami kekerasan seksual, dia memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya. 

Sayangnya, setibanya di kampung, dia juga menghadapi perlakuan diskriminatif dari warga sekitar. Kisah Martha sangat kontras dengan keindahan alam Pulau Rote.

Semoga "Women from Rote Island" mendapatkan hasil terbaik, ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya